Pembelajaran sejarah merupakan perpaduan antara aktivitas mengajar dan belajar yang mana akan mempelajari tentang peristiwa yang berhubungan dengan manusia di masa lalu yang mempunyai kaitannya dengan masa kini. Namun dalam pembelajaran sejarah siswa banyak yang merasa bosan, hal tersebut dikarenakan pembelajaran sejarah yang masih menggunakan metode ceramah dan juga menghafal sehingga hal tersebut dianggap membosankan bagi siswa singga mengakibatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah menurun. Untuk mengatasi hal tersebut guru harus menerapkan sebuah teknik pembelajaran yang baru dengan menerapkan sebuah media pembelajaran di kelas. media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan. dalam menyalurkan pesan (bahan pembelajaran) yang nantinya bisa merangsang perhatian, minat, pikiran serta perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang mana di dalamnya mengandung informasi yang mungkin bisa didapatkan dari internet, buku, film, televisi dan lain-lain. Media pembelajaran memiliki fungsi untuk membantu guru dalam kegiatan pembelajaran yang mana diyakini dengan menggunakan sebuah media dalam pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa pada saat proses pembelajaran di kelas berlangsung. Seiringnya waktu yang disertai dengan perkembangan teknologi sudah banyak sekali jenis-jenis media pembelajaran yang digunakan oleh guru di kelas seperti salah satunya media pembelajaran digital.
Menurut Ron Rice, media digital merupakan sebuah media baru yang merupakan sebuah media teknologi komunikasi yang melibatkan komputer di dalamnya yang dapat memfasilitasi penggunanya untuk berinteraksi antar sesama pengguna ataupun dengan informasi yang diinginkan. Meida digital dapat menyajikan pembelajaran secara audio maupun visual secara menarik, apalagi dengan media digital yang sudah dikenal dan disukai oleh para siswa, dapat diyakini dengan menggunakannya sebagai media pembelajaran dapat menarik motivasi siswa dalam pembelajaran.
Berikut ini, terdapat media pembelajaran yang bisa digunakan untuk menunjang pembelajaran sejarah dikelas adalah CANVA
 Canva adalah salah satu softwere yangmenyediakan berbagai fitur seperti, berbagai bentuk macam desain, font, gift, desain link, barkot, danlain-lain. Canva dapat menguploud gambar, video, audio, tersedia berbagai fitur sepertai transisi, animation, hyperlink, dan masih banyak lagi. Fitur tersebut dapat disesuiakan oleh pengguna. Canva sangat mudah digunakan oleh siapa saja dan dimana saja sesuai dengan kebutuhan. Dengan tujuan membuat siswa lebihfokus memahami materi ajar dengan tampilan lebih menarik.
Aplikasi Canva ini memiliki tools atau alat desain yang mudah dipahami baik oleh penggunapemula sekalipun, karena di dalamnya sudah tersedia banyak template yang bisa diubah sesuai dengankebutuhan penggunanya. Dengan menggunakan aplikasi Canva, guru dapat lebih mudah dan cepat dalampembuatan bahan pembelajaran yang menarik. Selain itu,canva juga dapat memudahkan siswa dalammemahami pelajaran, karena dengan media menggunakan Canva dapat menampilkan teks, video, animasi, audio, gambar, grafik dan lain-lain sesuai dengan tampilan yang diinginkan dan dapat membuat siswalebih fokus dalam memperhatikan pembelajaran karena tampilannya yang menarik.
Canva dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang digunakan untuk mendesain materi pembelajaran yang lebih menarik, selain itu Canva juga bisa digunakan untuk mendesain LKPD yang lebih menarik dan membuat kuis interaktif.
DAFTAR PUSTAKA
Angela, v., F., & D. Triadi. 2022. Penggunaan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah pada Siswa SMA Isen Mulang Palangka Raya Kalimantan Tengah. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaaan. 10 (2) : 441-451.
Hapsari, M., R., S,. 2018. PENGARUH PENERAPAN MEDIA EDMODO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMAN 1 SRONO. Proposal Skripsi : Universitas Jember.
Jannah, F. N. M., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan aplikasi canva dalam media pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 138-146.
Kristanto, Andi. 2016. Media Pembelajaran. Surabaya : Penerbit Bintang Surabaya.
Wijaya, A., M., dkk. 2021. MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL SEBAGAI SARANA BELAJAR MANDIRI DI MASA PANDEMI DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH. Jurnal Sandhyakala. 2 (2) : 1-10.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H