Mohon tunggu...
Lukmanul Hakim
Lukmanul Hakim Mohon Tunggu... Jurnalis Warga (JW) cbmnews.net, Divisi OSDM Panwascam Larangan, Koord. JW Belik Kab. Pemalang -
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Menulis untuk Perubahan - Jangan Pernah Berhenti untuk Belajar - Selalu Semangat dan Berkarya melalui ide dan gagasan yang dituangkan dalam tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Salam, Senyum, Sapa, Pentingkah diterapkan bagi Pelayan Kesehatan?

26 Agustus 2018   23:23 Diperbarui: 26 Agustus 2018   23:31 1943
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dmenc-fizikr.blogspot.com

"Pembeli adalah Raja",begitulah ungkapan yang sering kita dengar .  Mempunyai makna bahwa seorang pembeli harus diperlakukan seperti raja. Salah satunya yaitu seorang Raja harus dilayani dengan sebaik-baiknya, jangan sampai mengecewakan.

Hal tersebut merupakan ungkapan yang bisa dianalogikan dengan sistem pelayanan di berbagai bidang. Salah satunya adalah pelayanan kesehatan di berbagai lini dari mulai Praktek Perawat, Praktek dokter, Praktek Bidan,Balai Pengobatan , Rumah Bersalin, sampai Rumah Sakit Umum Negeri maupun swasta.

Ada pemahaman yang berkembang di kalangan masyarakat mengenai sistem pelayanan medis. Mereka membandingkan antara  pelayanan Kesehatan milik Pemerintah dengan milik Swasta. Ada ketimpangan atau ketidak seimbangan antara keduanya. Tentu mereka memberikan komentar seperti itu karena mereka merasakan atas kenyataan tersebut. Entah apa yang menyebabkan hal itu bisa terjadi ?

Jadikanlah hanya mitos antara Pelayanan Kesehatan Negeri dengan Swasta itu lebih baik swasta

Sering kita mendengar orang lebih memilih mendatangi Balai Pengobatan atau Rumah Sakit Swasta karena pelayanannya sangat bagus. Tenaga medisnya pun ramah-ramah dan sangat sabar dalam menghadapi pasien.

Sedangkan di Rumah Sakit milik Pemerintah itu pelayanannya sangat mengecewakan dan tenaga medisnya tidak ramah. Tentu hal tersebut merupakan cambuk bagi pihak manajemen Rumah Sakit tersebut untuk menata kembali sistem pelayanannya.

Acapkali usaha yang sudah maksimal dilakukan untuk memperbaiki pelayanan di Rumah Sakit tersebut sudah "kadung" di mata masyarakat pandangannya negatif. Sehingga turun temurun isu tersebut sulit untuk diperbaiki. Namun segala sesuatu kalau diusahakan dengan baik, maka akan mendapatkan hasil yang baik pula. Jadi tidak ada yang sia-sia kalau dikerjakan dengan baik dan maksimal.

Yang perlu diubah adalah cara pandang masyarakat terhadap Tenaga Medis agar mereka tidak memandang negatif terhadap Pelayanan Kesehatan milik Pemerintah. Tentu dengan merubah diri agar memiliki pelayanan yang terbaik. Karena masyarakat yang akan menilai sejauh mana kesigapan dan ketangkasan dalam melayani pasien disertai dengan keramahan dan senyuman serta kesabaran.

Harapannya tentu agar masyarakat memandang sama antara pelayanan kesehatan milik pemerintah maupun swasta. Sehingga pola pikir yang menyatakan adanya perbedaan diantara dua instansi tersebut hanyalah mitos yang tidak perlu dipercayai.

Contoh nyata keramahan Security RSUD Brebes

Keramahan dalam pelayanan perlu digerakkan di masing-masing bagian. Jadi ketika pasien masuk gerbang Balai Pengobatan atau Rumah Sakit sudah mendapatkan kesan yang baik dengan sambutan yang ramah dari tukang parkir, security/satpam, perawat, dan lains ebagainya. Dengan sistem demikian maka akan memperbaiki pandangan masyarakat yang terlanjur berasumsi negatif terhadap instansi tersebut.

Salah satunya yang penulis saksikan adalah pelayanan yang ramah dari Security di Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Brebes. Setiap kali menghadapi keluarga pasien atau orang yang hendak menjenguk selalu disapa dengan senyumannya.

Satu langkah yang bagus untuk menunjukkan citra terbaik dalam pelayanan dimulai dari hal yang kecil, namun bisa berdampak global. Dengan memasang tanda pin senyum bertuliskan SALAM, SENYUM, SAPA di seragam security tersebut menunjukkan usaha yang maksimal dari pihak RSUD Brebes untuk menunjukkan keramahannya.

Usaha untuk meningkatkan keramahan dalam Pelayanan

Beberapa hal yang perlu diperhatikan di dalam menyongsong Pelayanan Kesehatan yang ramah, antara lain :

  • Wujudkan budaya S3 ( Salam, Senyum, Sapa ) di dalam menemui pasien. Ini berlaku untuk semua bagian di instansi tersebut.
  • Tidak ada ruginya dalam menerapkan budaya yang sangat baik tersebut. Hal ini berdampak bagi diri sendiri dan juga orang lain. Dengan keikhlasan di dalam memberikan salam senyum dan menyapa akan meningkatkan kualitas kinerja di instansi tersebut. Karena segala hal selalu dihadapi dengan senyuman. Bahkan secara otomatis berdampak pada pasien dan penikmat layanan tersebut.
  • Sabar dalam menghadapi pasien yang arogan dan ingin cepat ditangani. 
  • Kadangkala tenaga medis menghadapi keluarga pasien yang marah-marah dan tidak tahu menahu mengenai prosedur dalam penannganan pasien yang datang. Maka pihak tenaga medis perlu ekstra kesabaran dalam menghadapinya. Jangan mudah terbawa emosi sehingga menjadikan permasalahan semakin melebar dan menimbulkan kesan yang tidak baik. Jelaskan dengan tenang dan berikan pemahaman kepada keluarga pasien bahwa tenaga medis akan berusaha semaksimal mungkin didalam menanganinya.
  • Ciptakan suasana nyaman dengan keramahan dari tenaga kesehatan
  • Adanya media sosial seperti facebook ternyata sangat berpengaruh besar atas perkembangan kualitas dan pelayanan di bidang kesehatan. Kadangkala unek-unek bisa dimunculkan di status Facebook tersebut. Misalnya ada keluarga pasien tidak nyaman dengan pelayanan di Rumah Sakit A atau B, lalu dia mengeluh di media sosial dan menampakkkan bukti ketidaknyamanan tersebut. Sehingga kabar tersebut berkembang luas dan akhirnya hanya karena satu orang yang kurang ramah menjadikan kekurang percayaan masyarakat terhadap pelayanan di instansi kesehatan tersebut.
  • Maka dengan menciptakan suasana yang nyaman dan kondusif dengan keramahan menyebabkan citra di masyarakat akan baik dan masyarakat semakin percaya dengan pelayanannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun