Mohon tunggu...
MUHAMAD ABID
MUHAMAD ABID Mohon Tunggu... Dosen - Hidup Dalam perubahan itu Memang Sulit, Tetapi Hidup Tanpa Perubahan Akan lebih Sulit.

Saya adalah seorang dosen di UNIVERSITAS PAMULANG dan juga praktisi HR

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

6 Cara Efektif Komunikasi dalam Organisasi

27 April 2024   07:23 Diperbarui: 27 April 2024   07:26 122
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penulis: Muhamad ABid S.E., M.M.

Sebagai: Dosen Universitas Pamulang, Praktisi HR

Dalam berorganisasi komunikasi merupakan hal yang sangat penting dimana setiap individu dengan individu lainnya saling berinteraksi, interaksi yang adalah interaksi yang dilakukan menggunakan komunikasi yang baik, secara sederhana kita dapat mendefinisikan bahwa komunikasi adalah suatu proses menyampaikan pesan kepada pihak lain, berdasarkan pengertian tersebut kita bisa memahami bahwa komunikasi adalah proses karena selalu ada pembukaan, isi dari komunikasi dan penutup, kemudian ada pesan yang disampaikan dimana pesan ini berupa informasi yang terdiri bisa berupa data, kata, fakta, realita atau fenomena kemudian juga adanya pihak lain artinya komunikasi dilakukan oleh lebih dari satu pihak, pihak lain yang dimaksud bisa berupa individu, kelompok, organisasi atau bahkan makhluk lain selain dari manusia.

Kenapa komunikasi begitu penting dalam organisasi ? ternyata ada 4 hal yang membuat komunikasi sangat penting dalam organisasi diantaranya adalah :

1. Komunikasi dapat mengefektifkan organisasi artinya jika dalam organisasi tercipta komunikasi yang baik maka segala kegiatan dalam organisasi tersebut dapat dilakukan dengan efektif.

2. Komunikasi dapat meningkatkan motivasi kerja karyawan, seorang pemimpin dalam organisasi yang memiliki komunikasi yang baik maka dia akan mampu meningkatkan motivasi kerja karyawannya, karyawan akan merasa lebih diperhatikan dan diakui keberadaannya.

3. Komunikasi dapat membangun hubungan dan pengertian, kita mungkin pernah mendengar peribahasa tak kenal maka tak saya, nah seperti inilah yang dimaksud komunikasi dapat membangun hubungan dan pengertian dalam organisasi apabila dalam organisasi setiap anggota berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik maka mereka anak saling mengenal mengetahui kondisi satu dengan yang lainnya dimana hal tersebut akan membangun hubungan diantara mereka dan akan timbul rasa pengertian untuk bisa saling kompak dan saling support.

4. Komunikasi dapat meminimalisir masalah dalam organisasi, kita harus menyadari bahwa masalah dalam organisasi tidak bisa dihilangkan namun kita dapat meminimalisirnya dengan melakukan komunikasi yang baik antar bagian di dalam organisasi tersebut, komunikasi yang baik itu harus dilakukan dari awal pada saat pelaksanaan dan juga di akhir ketika pelaksanaan kegiatan telah dilakukan.

Komunikasi dalam organisasi juga mempunyai 4 fungsi diantaranya :

1. Fungsi control atau pengendalian, komunikasi yang dilakukan yang dibangun di dalam organisasi mempunyai fungsi control untuk memastikan suatu kegiatan berjalan dengan baik.

2. Fungsi motivasi, komunikasi yang dialkukan dapat meningkatkan motivasi anggota organisasi lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun