Mohon tunggu...
Abit Sabita
Abit Sabita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Alma Ata

Kadang suka menganalisis suatu objek yang dilihat oleh mata dan apa yang didengar oleh telinga

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Manajemen Pemasaran: Pengertian, Tujuan, dan Konsepnya

25 November 2021   19:10 Diperbarui: 25 November 2021   19:27 329
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Image peta manajemen pemasaran. Sumber: doc. Desain gambar Abid

Marketing management atau yang biasa disebut dengan manajemen pemasaran adalah salah satu jenis dari manajemen yang diperlukan oleh seluruh kegiatan bisnis. Di dalamnya terdiri atas jasa maupun produk untuk lebih dikenal konsumen secara luas. Maka dari itu, perusahaan memiliki peran khusus untuk harus lebih mengerti mengenai marketing management. 

Pengertian Manajemen Pemasaran

Pengertian dari manajemen pemasaran yakni analisis perencanaan, pengendalian dan implementasi dari beberapa program yang telah didesain guna membangun serta menjaga pertukaran yang menguntungkan bersama pembeli sasaran untuk mencapai berbagai tujuan organisasional. Manajemen pemasaran terdiri atas dua kata yakni manajemen dan pemasaran. 

Manajemen yaitu suatu proses perencanaa, penggerakan, pengawasan dan pengarahan sedangkan pemasaran yaitu perencanaan, implementasi, analisis dan pengendalian diri. Sehingga manajemen pemasaran yakni suatu usaha guna merencanakan dan menerapkan yang terdiri atas beberapa kegiatan mengorganisasikan, mengarahkan dan mengawasi maupun mengendalikan suatu kegiatan pemasaran pada perusahaan guna tercapainya tujuan perusahaan. Munculnya manajemen dikarenakan pemasaran pada suatu brand adalah suatu hal yang sangat penting dalam perusahaan. Maka dari itu, seluruh keputusan yang diambil haruslah dirancangkan. 

Tujuan Manajemen Pemasaran

Terdapat beberapa tujuan adanya manajemen pemasaran, diantaranya : 

Meningkatkan keuntungan 

Dalam suatu perusahaan, tim pemasaran termasuk dalam satu – satunya tim dengan pendapatan atau keuntungan paling besar dalam suatu perusahaan. Keuntungan yang cukup tersebut merupakan hasil dari penjualan jasa maupun barang yang mampu terjual. Jilka suatu perusahaan tidak mendapat keuntungan, tentu perusahaan tersebut tidak akan dapat bertahan. Di sisi lain, keuntungan juga menjadi salah satu aspek yang penting dalam pertumbuhan dan perkembangan suatu perusahaan baik besar maupun kecil. 

Menciptakan permintaan 

Salah satu tujuan dari manajemen pemasaran yakni menciptakan adanya demand atau permintaan dengan berbagai cara. Suatu perusahaan dapat melakukan berbagai cara untuk mendapatkan keuntungan dari konsumen. Membuat suatu cara bagaimana mengetahui preferensi dan selera dari konsumen terhadap jasa maupun barang yang ditawarkan. Selain itu, barang maupun jasa yang diberikan kepada konsumen haruslah sesuai dengan kebutuhan dari konsumen. 

Menciptakan pelanggan baru

Konsumen merupakan dasar berdirinya suatu bisnis perusahaan. Penjualan barang ataupun jasa diberikan kepada konsumen dan untuk memuaskan konsumen sesuai dengan kebutuhan. Dalam hal ini, konsumen yang akan memberikan pendapatnya kepada perusahaan serta menentukan apa saja yang baiknya dijual oleh suatu perusahaan. Perusahaan harus mampu mengeksplorasi serta mengidentifikasi apa saja yang menjadi kebutuhan pelanggan secara luas. 

Konsep Manajemen Pemasaran

Dalam manajemen pemasaran, terdapat lima konsep yang dapat diterapkan diantaranya : 

Konsep produk 

Setiap konsumen tentu akan menyukai produk yang memiliki mutu terbaik serta sifat y ang paling inovatif bawasanya perusahaan harus mampu mencurahkan energinya untuk terus melakukan perbaikan kualitas produk. 

Konsep produksi 

Setiap pelanggan akan menyukai produk yang diberikan serta dengan harga yang terjangkau. Maka dari itu konsep produksi ini membuat perusahaan harus mampu bekerja keras untuk memperbaiki proses produksi serta distribusi yang lebih efisien. Konsep produksi ini berlaku dalam kondisi apapun.

Dalam sebuah perusahaan besar maupun kecil harus memperhatikan manajemen pemasaran tersebut demi kelancaran dari proses pemasaran produk. Tugas dari marketing management yakni menganalisis strategi dalam proses pemasaran suatu perusahaan. 

Disamping itu, marketing management memiliki peran yang sangat penting dikarenakan suatu perusahaan mampu meraih target pasar yang diinginkan serta mendapatkan konsumen dengan jumlah besar. Semoga dengan definisi, tujuan, dan konsep yang penulis sampaikan bisa memberi motivasi kepada pembaca yang ingin mengembangkan bisnisnya

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun