Marketing management atau yang biasa disebut dengan manajemen pemasaran adalah salah satu jenis dari manajemen yang diperlukan oleh seluruh kegiatan bisnis. Di dalamnya terdiri atas jasa maupun produk untuk lebih dikenal konsumen secara luas. Maka dari itu, perusahaan memiliki peran khusus untuk harus lebih mengerti mengenai marketing management.Â
Pengertian Manajemen Pemasaran
Pengertian dari manajemen pemasaran yakni analisis perencanaan, pengendalian dan implementasi dari beberapa program yang telah didesain guna membangun serta menjaga pertukaran yang menguntungkan bersama pembeli sasaran untuk mencapai berbagai tujuan organisasional. Manajemen pemasaran terdiri atas dua kata yakni manajemen dan pemasaran.Â
Manajemen yaitu suatu proses perencanaa, penggerakan, pengawasan dan pengarahan sedangkan pemasaran yaitu perencanaan, implementasi, analisis dan pengendalian diri. Sehingga manajemen pemasaran yakni suatu usaha guna merencanakan dan menerapkan yang terdiri atas beberapa kegiatan mengorganisasikan, mengarahkan dan mengawasi maupun mengendalikan suatu kegiatan pemasaran pada perusahaan guna tercapainya tujuan perusahaan. Munculnya manajemen dikarenakan pemasaran pada suatu brand adalah suatu hal yang sangat penting dalam perusahaan. Maka dari itu, seluruh keputusan yang diambil haruslah dirancangkan.Â
Tujuan Manajemen Pemasaran
Terdapat beberapa tujuan adanya manajemen pemasaran, diantaranya :Â
Meningkatkan keuntunganÂ
Dalam suatu perusahaan, tim pemasaran termasuk dalam satu – satunya tim dengan pendapatan atau keuntungan paling besar dalam suatu perusahaan. Keuntungan yang cukup tersebut merupakan hasil dari penjualan jasa maupun barang yang mampu terjual. Jilka suatu perusahaan tidak mendapat keuntungan, tentu perusahaan tersebut tidak akan dapat bertahan. Di sisi lain, keuntungan juga menjadi salah satu aspek yang penting dalam pertumbuhan dan perkembangan suatu perusahaan baik besar maupun kecil.Â
Menciptakan permintaanÂ
Salah satu tujuan dari manajemen pemasaran yakni menciptakan adanya demand atau permintaan dengan berbagai cara. Suatu perusahaan dapat melakukan berbagai cara untuk mendapatkan keuntungan dari konsumen. Membuat suatu cara bagaimana mengetahui preferensi dan selera dari konsumen terhadap jasa maupun barang yang ditawarkan. Selain itu, barang maupun jasa yang diberikan kepada konsumen haruslah sesuai dengan kebutuhan dari konsumen.Â