Mohon tunggu...
Abi Callysta
Abi Callysta Mohon Tunggu... karyawan swasta -

Seorang Pemula Yang Ingin Belajar Menulis

Selanjutnya

Tutup

Money

Viso adalah Produk Gagalnya Unilever??? atau Bagian dari Strategi???

17 November 2012   16:06 Diperbarui: 24 Juni 2015   21:09 4278
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
1353168328455591118

Tulisan ini bukan bermaksud untuk menjatuhkan reputasi perusahaan segede Unilver Indonesia(ULI) , namun  hanya  sebagai pembelajaran saya dalam menulis dikompasiana.

Masih ingat di benak Anda sekitar satu tahun yang lalu Unilever Indonesia gencar memasarkan produk detergennya "Viso". Kalo tidak salah produk ini diluncurkan sekitar pertengahan 2010 lalu. Namun baru sekitar satu tahun produk ini dipasarkan, ULI sudah menarik produknya dari pasaran.

[caption id="attachment_216835" align="aligncenter" width="404" caption="Illustrasi Rinso VS So Klin dan Viso Gambar Pribadi Di Olah"][/caption]

ADA APA DENGAN VISO???

Tentunya para pemikir marketingnya tim ULI mempunyai strategi tersendiri, kenapa menarik VISO. Menurut opini penulis, adalah  sebuah keputusan yang tepat ketika ULI harus menarik VISO di pasar.

Why???

Unilever sebagai Market Leader produk detergen bubuk mempunyai RINSO sebagai senjata andalanya. RINSO sebagai Market leader di produk detergent, Mau tidak mau harus konsentrasi penuh dan fokus mempertahankan produk "Rinsonya". Karena Wings Group sudah memposisikan sebagai market folower (pengikut pasar) di bidang detergen berlabel "So Klin", Kalau tidak, maka lambat laun wings group dengan SO KLIN  sedikit demi sedikit akan menggerogoti posisi "RINSO".

Sesuai dengan kaidah art of warnya sun tzu (strategi berperang ala sun tzu) ada sebuah kata bijak:

Ketika kamu fokus di depan maka yang lemah adalah di belakang

Ketika kamu fokus di samping kiri maka yang lemah adalah disamping kanan

Ketika kamu fokus di samping kanan maka yang lemah adalah di samping kiri

Ketika kamu fokus di semua sisi, maka kelemahan kamu akan ada dimana mana

So sesuai dengan nasehat bijak Sun Tzu di atas adalah unilever harus fokus di RINSOnya,

Memang Unilever mempunyai produk lapis kedua yaitu "SURF", namun kenyataan dilapangan produk SURF penjualanya tidak seindah RINSO. Bahkan surf sendiri harus berjuang untuk suvive melawan saudara kandungnya sendiri yaitu RINSO.

Ketika terjadi Pertempuran SURF melawan RINSO Siapa yang Diuntungkan???

Tentu saja So Klin dan pemain-pemain produk lain di bidang detergent seperti KAO dengan Attack Plus Softenernya, Indomarco Adi Prima dengan produk TOTALnya.

Bagaiman Menurut Anda Para Pembaca Kompasianer???

SALAM…..

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun