Dalam artikel ini saya akan menceritakan bagaimana pengalaman saya KKN selama masa pandemi covid 19.
Sejujurnya, di awal pelaksanaan KKN saya bingung, sudah pasti. Namun, jika terus saja bingung, tidak melakukan apa apa, tidak ada gunanya. Akhirnya saya beranjak, membaca buku panduan yang telah diberikan oleh instansi pendidikan saya, yaitu Universitas Pendidikan Indonesia lalu mulai merencakan hal-hal apa saja yang akan dikerjakan.Â
KKN UPI pada tahun 2021 dilakukan secara tematik, sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya saat KKN dilakukan secara langsung, mengunjungi desa yang menjadi sasaran target tempat KKN. KKN Tematik UPI 2021 menawarkan dua konsentrasi bidang KKN, yaitu ekonomi dan pendidikan. Saya pribadi, memilih pendidikan. Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan. Kemudian, memilih target lokasi KKN. Saya memilih adalah Jakarta Barat, kota saya tinggal. Terakhir adalah memilih tempat KKN, saya memilih TK Islam Nurul Fajri, Kapuk, Cengkareng.
Dalam pelaksanaan KKN terdapat beberapa program, yaitu:
1. Penguatan Pembelajaran Daring
Hal tersebut direalisasikan dengan membuat poster mengenai keputusan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi covid-19, metode pembelajaran jarak jauh, strategi pembelajaran jarak jauh, hal-hal tersebut bersumber dari panduan penyelenggaraan pembelajaran yang diedarkan pemerintah.
Pandemi Covid-19 ini merubah tatanan pendidikan, yang awalnya pembelajaran dilakukan tatap muka, kini harus dilakukan jarak jauh. Pendampingan siswa ini tidak seperti mendampingi siswa langsung di kelas fisik, namun mendampingi siswa selama pembelajaran dari zoom meeting atau aplikasi lainnya.
Awalnya saya bingung, harus mendampingi orang tua bagaimana ya? Akhirnya saya menemukan ide untuk memberikan video kepada orang tua yang berisikan tips mendampingi anak selama belajar dari rumah dan ilmu parenting tentang keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak.Â
4. Mendesain Dan Membuat Media Pembelajaran Daring Untuk Sasaran Program Dan Jenjang Pendidikan Yang Telah Ditentukan.
Untuk pembuatan media pembelajaran daring, karena saya memilih tempat KKN di TK Islam Nurul Fajri, saya diminta tolong oleh guru untuk membuat media pembelajaran berupa video mengenai "belajar mengenal huruf", "belajar mengenal bentuk", "belajar mengenal angka", dan "belajar mengenal warna". Media pembelajaran daring berbentuk video itu pun saya bagikan melalui grup WhatsApp guru, dan melalui YouTube "Nabilah Muthmainnah".
Dalam membantu administrasi sekolah, saya membantu dalam membuat daftar anggaran biaya dan melakukan pendampingan terhadap guru, seperti halnya membantu mengirim berkas penting dari kepala sekolah menuju guru yang bersangkutan.
Program ini direalisasikan dengan pembuatan video edukasi yang dibagikan melalui grup whatsApp dan youtube "Nabilah Muthmainnah", video ini memiliki konsep menceritakan perbedaan peran orang tua khususnya ibu saat mendampingi anak selama pembelajaran tatap muka dan pembelajaran jarak jauh, seperti saat pembelajaran tatap muka ibu akan mengantarkan anak ke sekolah, pada saat tatap muka ibu akan menyiapkan tempat belajar anak, menyiapkan meja, laptop, jaringan internet, dan lain sebagainya.
Artikel yang saya tuliskan ini juga merupakan pelaksanaan program KKN tematik. Hal ini bertujuan agar khalayak ramai mengetahui seperti apa dan hal apa saja yang dilakukan selama KKN di masa pandemi covid-19 ini.
Selain artikel berita, ada juga program membuat artikel bookchapter, maksudnya adalah membuat satu jurnal yang berisikan masalah yang ditemui selama penyelenggaraan KKN ini dan memberikan solusi terhadap masalah yang diangkat tersebut.
Dalam pelaksanaan KKN, terdapat dua pihak. Pihak kesatu adalah LPPM UPI sebagai pihak penyelenggara dan pihak kedua adalah  yang bersedia memfasilitasi terselenggaranya kegiatan KKN.
Sekian, semoga dapat mencerahkan kalian para pembaca yang sedang kebingungan yaa.
Salam, Nabilah.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H