Semenjak munculnya pemikiran politik KH Wahab Hasbullah membedakan watak alam sosial dengan alam fisik lebih Nahdiyin masa lalu. Teori politik telah menarik perhatian pemikir-pemikir dari segala zaman termasuk pemikiran politik kebangsaan berbasis religiusme di Indonesia. Hal ini memiliki relevansi konstruksi pembangunan peradaban Indonesia kontemporer pada abad 21.
Pemikiran politik KH Wahab Hasbullah menunjukkan hasil untuk nasionalisme dan patriotnisme berdasarkan agama dalam melakukan penggabungan nasionalisme dan patriotnisme berdasarkan agama. Sedangkan  kue ekonomi yang dimaksud berupa kesempatan kerja, kesempatan berusaha, pendapatan, dan penyediaan multi produk halal berbasis keuntungan dan jasa keuangan di Indonesia.Â
Agama, patriotnisme  dan nasionalisme menjadi politik Islam nusantara dalam hubungan nasionalisme dengan keyakinan, dogma, atau afiliasi agama tertentu sebagai landasan fundamental kalangan santri dan kiyai dilihat berkontribusi pada rasa persatuan nasional, ikatan bersama di antara warga negara sampai berbagi rezeki kue ekonomi syariah.
Dalam aspek pertama, KH Wahab Hasbullah tak hanya fokus pada agama saja atau nasionalisme dan patriotnisme saja, melainkan memadukan antara keduanya. Relevansi pemikiran pada hari ini yakni segelintir orang ini merupakan orang kaya yang menikmati kue pertumbuhan ekonomi sementara sisanya gigit jari.Â
Menurut KH Wahab Hasbullah disebut penyelenggaraan negara karena adanya harapan keberkahan, penyucian jiwa dan pertumbuhannya dengan kebaikan; karena istilah ini diambil dari kata siyasah 'aliyah samiyah atau high politic dalam penyelenggaraan negara. Artinya setiap anggota masyarakat mempunyai akses terhadap berbagai jasa dan produk keuangan syariah.
Kedaulatan santri dan kiyai dengan segala daya tariknya kadang menjadikan beberapa orang sebagai tujuan bukan sarana padahal menurut KH Wahab Hasbullah kalangan santri dan kiyai memiliki secara penuh sangat mendominasi kedaulatan negara Indonesia dalam keberagamaan terutama kedaulatan berpikir dan berpendapat dalam musyawarah kebangsaan.
Landasan utama KH Wahab Hasbullah dalam mengelola negara Indonesia yang ideal sesuai musyawarah kebangsaan dengan mengajukan pemikiran pesantren yakni khususnya dalam kajian Islam, seperti kajian Al-Quran Tafsir, Hadits, Bahasa Arab, dan Tasawuf. Sumber hukum atau landasan hukum yang digunakan oleh ekonomi syariah sangatlah lengkap dan tidak perlu diragukan lagi keabsahannya.Â
Pada masa kontemporer tradisi ini memiliki relevansi pada demokrasi Pancasila di Indonesia penentuan hasil dilakukan dengan cara musyawarah mufakat. Tradisi KH Wahab Hasbullah yang merupakan dasar dari gagasan demokrasi dalam Islam adalah musyawarah diterapkan di Indonesia. Termasuk kehadiran konsepsi RUU perekonomian syariah mendapat musyawarah di DPR RI.
Dukungan masyarakat agar bisa masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas. Musyawarah menjadi konsep obyektif yang secara bebas dapat ditafsirkan Pancasila. Terlihat dari Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan" adalah bunyi sila keempat Pancasila.
Indonesia yang penduduk muslim terbesar tidak punya fasilitas itu dalam sektor perekonomian sehingga terjadi kebiasaan kalangan santri dan kiyai KH Abdul Wahid Hasyim tumbuh menjadi orang sukses yang berperan besar dalam kemajuan dengan musyawarah dan pembahasan perekonomian syariah di gedung DPR RI.
Warisan kental di gedung DPR RI pemikiran KH Abdul Wahab Hasbullah dan Pesantren Tebuireng Jombang di bawah asuhan Hadratusy Syaikh KH Hasbullah Said. dengan cakrawala pemikiran yang luas dan luwes perjuangan kemerdekaan perekonomian imperium kerajaan protestan Belanda dan Kaisar Matahari Jepang.Â
Perjuangan kemerdekaan menjadi Panglima Laskar Mujahidin (Hizbullah) ketika melawan penjajah untuk mencapai kedaulatan ekonomi di tanah Jawa. Relevansi pemikiran KH Wahab Hasbullah membangun kedaulatan perekonomian sesuai kebutuhan umat beragama Islam. Untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan dasar warga negara Negara harus menjamin kedaulatan ekonomi melalui UU Perekonomian Syariah.
Menurut KH Wahab Hasbullah aksi untuk melindungi diri dari serangan, dan aksi menyerang juga dapat dikategorikan sebagai aksi untuk melindungi diri dari serangan pihak lain tidak diberikan Allah. Tapi melalui usaha pertahanan teritorial disusun dalam konsep bela membela diri, agama, harta, bangsa dan kehormatan.
Alhasil, banyak orang yang mati-matian dan seolah berlomba-lomba dalam mencari membela diri, agama, harta, bangsa dan kehormatan disebut jihad. Sementara itu jihad merupakan kondisi dan fungsi dimana ancaman dari pihak lain dapat diatasi dengan menciptakan pertahanan. Relevansi pemikiran KH Wahab Hasbullah pada era krisis ini adalah membela harta agar tidak jatuh ke jurang depresi perekonomian nasional.
Politik KH Abdul Wahab Hasbullah secara historis politik Islam terbilang timbul akibat terpaan badai politik perubahan. Identitas agama kaum kiyai dan santri dalam ikatan bersama di antara warga negara yang semakin menonjol. KH Maruf Amin merefleksikan perjuangan KH Abdul Wahab Hasbullah dalam membangun perekonomian syariah di Indonesia.
Alih-alih nasionalisme sekuler hanya menggantikan identitas dan kesetiaan agama, identitas agama dan nasional hidup berdampingan dan bahkan saling memperkuat perekonomian di Indonesia. Sistem ekonomi Islam dan perkembangannya di tengah masyarakat, maka untuk dapat mencapai keseimbangan pembangunan dan  pemulihan perekonomian nasional.
Nilai-nilai nasionalisme, patriotnisme dan religiusme semacam itu menjadi kekuatan yang kuat dalam menopang pemulihan nasional, memberdayakan UMKM dalam mempengaruhi kebijakan di berbagai domain, dan membentuk pola keseimbangan antar kebutuhan umat Islam dan dalam negara.Â
Penyelenggara negara KH Maruf Amin dan umat islam bersinergi. Dua implikasi dari temuan ini adalah bahwa kita harus berinvestasi dalam langkah-langkah yang lebih baik dan operasionalisasi nasionalisme religius dan mempertimbangkan kembali logika pembangunan negara dan bangsa. Uang bisa diputar dengan mudah karena sudah berubah menjadi barang dagangan halal yang laku di iklim usaha digital.Â
 Menurut KH Wahab Hasbullah Islam pun merupakan agama yang menyeimbangkan permintaan dan penawaran. Dalam perekonomian Islam, penawaran dan permintaan merupakan dua hal yang sama-sama memiliki peranan penting di Indonesia. Relevansi ada bidang pengetahuan dan peradaban manusia menghadapi krisis perekonomian berbasis digitalisasi.
Dunia politik menampakkan wajah yang terlalu mementingkan kekuasaan pribadi, kelompok dan golongan. Universalitas kepentingan masyarakat menjadi tercabik-cabik dan terabaikan, dan masyarakat menjadi terkotak-kotak. Ini tidak sesuai nilai KH Wahab Hasbullah.
Relevan halnya dengan Pancasila yang secara ontologis memandang manusia secara holistik dan universal kemudian secara epistemologis bersumber pada Wahyu Tuhan Kuasa dalam nilai ketuhanan Yang Maha Esa. Berdasarkan kedua paradigma politik tersebut di atas, maka yang menjadi persoalan adalah bagaimanakah pergumulan politik pada era kontemporer dan adakah urgensi perekonomian syariah dalam era globalisasi dewasa ini.Â
Selain itu, Kue pertumbuhan ekonomi tidak merata di seluruh wilayah di Indonesia. Namun pada tahun 2021 kue ekonomi syariah menjadi sumber pertumbuhan baru dalam pertumbuhan ekonomi global masuk dalam tren konsolidasi. Â Seluruh informasi yang terkandung kue ekonomi syariah pada dokumen ini tidak bisa disajikan dengan benar dengan pemerataan sebelum RUU Ekonomi Syariah dibahas DPR RI.Â
Walaupun tanpa RUU, orang Islam bisa menjadi investor disarankan untuk meminta pendapat profesional sebelum mengambil keputusan berinvestasi. Informasi menarik bahwa Jokowi mengeluarkan PERPRES No. 28 Tahun 2020 tentang Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah. Pengaruh KH Maruf Amin terhadap kepemimpinan Jokowi signifikan perlu menetapkan Peraturan Presiden tentang Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah.
Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) merupakan lembaga yang berfungsi sebagai katalisator perkembangan ekonomi dan keuangan syariah dalam skala nasional maupun internasional. Â Sementara itu, Saham alokasi investasinya ditempatkan pada saham perusahaan syariah yang terdaftar di Bursa Efek. Kue ekonomi syariah dari dana yang investasinya ditempatkan 100% pada instrumen Pasar Uang, antara lain, obligasi yang jatuh tempo kurang dari satu tahun, deposito bank, dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI).Â
Kinerja masa lalu tidak serta merta menjadi petunjuk untuk kinerja di masa mendatang, dan bukan juga merupakan perkiraan yang dibuat untuk memberikan indikasi mengenai kinerja atau kecenderungannya di masa mendatang. Pada tahun 2021 terdapat pembebasan tanah, penyiapan lahan, pembelian material dan peralatan, manufaktur, pembangunan fasilitas produksi dan lain-lain untuk perekonomian syariah.Â
Kue ekonomi syariah menjadi sumber pertumbuhan baru dengan pahala dan pertumbuhan himpunan perusahaan syariah dalam  suatu bentuk penawaran untuk membeli atau permintaan untuk menjual. Investasi syariah baik Real Estate, dan produk lainnya sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh OJK.
Informasi mengenai analisa pasar-pasar yang syariah Indonesia selama bulan Desember 2020 naik sebesar +0,10%, lebih rendah dibandingkan Time Deposit Sharia sebesar +0,30%. Alokasi aset saat ini sebesar 64,67% pada Sukuk atau istilah dalam bahasa Arab yang digunakan untuk obligasi yang berdasarkan prinsip syariah dengan jangka waktu kurang dari 1 tahun dan 35,33% pada deposito syariah dan kas untuk menjaga likuiditas.
Sepanjang bulan Desember 2020, pasar Obligasi menghasilkan kinerja positif dimana harga Surat Utang Negara (SUN) yang mengacu kepada Bloomberg Indonesia Local Sovereign Index (BINDO) mengalami kenaikan sebesar +1,79%.  Saatnya Ambil peluang investasi di saham Syariah.Â
Perkembangan ekonomi di masa pandemi menjadi tantangan bagi prospek investasi syariah di 2021. Pasar saham syariah akan lebih menantang dibanding pasar obligasi syariah. Pilihlah instrumen investasi yang sesuai dengan karakter pembaca. Oleh sebab itu, bisa diartikan kalau tingkatan risiko pada investasi jauh lebih tinggi daripada menabung yang memiliki risiko rendah dengan perekonomian syariah.
Dimana saat ini volatilitas saham syariah cukup tinggi namun bisa menjadi peluang bagi investor jangka panjang untuk masuk ke saham syariah saat harganya tengah mengalami koreksi. Program prioritas untuk tahun 2021 meliputi pembangunan kawasan industri, pengembangan food estate, dukungan pariwisata, pembangunan infrastruktur dan program padat karya sehingga seperti apa potensi investasi syariah?
Saya lebih suka proyek kapital dari berbagai badan usaha pemerintah dan swasta memiliki kriteria tertentu untuk proyek kapital. Hal ini berkaitan dengan penggunaan dana. Saat ini, pemerintah Indonesia berfokus pada meningkatkan investasi, baik investasi publik maupun swasta, untuk menaikkan ekspansi ekonomi syariah di Indonesia.Â
Seperti apa tantangan dan potensi investasi syariah? Investasi syariah yang memiliki korelasi dengan pembangunan pemerintahan Jokowi dan KH Maruf Amin. Katalis positif lainnya yaitu ekspektasi perbaikan pada current account deficit yang didorong kenaikan harga komoditas seperti batubara dan sawit serta perekonomian halal lainnya.
Kemampuan sudah mempersiapkan fasilitas produksinya di Bio Farma, dengan kapasitas produksi maksimal di 250 juta dosis vaksin Sinovac. Â Strategi investasi dana segar dengan mengoptimalkan imbal hasil melalui alokasi pada vaksin dengan jangka waktu lebih dari 1 tahun, dan menjaga porsi pada kue ekonomi syariah untuk kebutuhan likuiditas dan kesehatan Indonesia.
Pemikiran KH Wahab Hasbullah dijaga oleh KH Maruf Amin agar masyarakat menggunakan perekonomian syariah muda mempunyai mobil punya rumah sendiri liburan ke Island S2 diambil gampang kok asal ada duitnya. Ya iyalah masa belinya nggak pakai duit masalahnya tabungan kita bakal cukup nggak oke kita menabung tiap bulan bahkan sampai hemat.
Ketika kita melakukan hemat demi masa depan tapi apa 5 sampai 10 tahun lagi harga barang-barang masih sama. Di Indonesia, penetapan barang dan jasa dalam keranjang indeks harga konsumen (IHK). Inflasi terjadi karena ada peningkatan harga dari suatu barang dan jasa dalam tahun ke tahun.
Coba deh ingat-ingat waktu kita kecil dulu harga mie instan sebungkus Berapa harga minuman botol berapa dulu gope doang kita udah bisa dapat mie instan sebungkus 10 tahun kemudian sekarang Rp. 2500- Rp. 3500 padahal barangnya masih sama loh kok bisa ini yang namanya inflasi harga barang terus naik.
Inflasi meningkat karena negara mencetak uang berlebih dan menaikkan pajak sehingga nilai uang makin menurun efeknya apa sih ke tabungan misalnya kita menabung dengan bunga 5% per tahun tapi dalam 10 tahun terakhir rata-rata inflasinya 6,1% jadi uang kita malah ke potong 1,1% rugi dong. Berdasarkan pemikiran KH Wahab Hasbullah kita tidak boleh rugi sehingga KH Maruf Amin menyarankan uang diputar kembali untuk usaha halal dan investasi.
Saya setuju dengan pemikiran penting uang bergerak daripada uang diam di Bank karena apabila kita punya pendapatan tetap tetapi masih mengandalkan tabungan inflasi akan jadi bencana jumlah yang diterima dan ditabung akan relatif tetap sedangkan harga barang terus melambung tinggi mau menabung sebanyak apapun bunga tabungan nggak bakal bisa ngejar nggak bakal cukup dong.
Investor memang enak bisa buat beli mobil beli rumah apa lagi liburan keaslian dan S2/S3 di Jerman. Penabung akan sedih kan satu-satunya solusi untuk melawan inflasi jangka panjang sedangkan cara terbaik melawan inflasi adalah dengan investasi agar mengelola dana supaya menghasilkan keuntungan jangka panjang. Faktanya pemerintah kita memilih menaikkan pajak, itu akan berimbas pada kenaikan harga barang atau komoditas tertentu sehingga inflasi akan terus terjadi.
Oleh karena itu mengapa penting investasi  bentuknya bisa bermacam-macam seperti mendirikan usaha membeli properti menyimpan emas termasuk yang sederhana. Namun beberapa orang mendekati investasi syariah sesuai ketentuan OJK. Ini mampu menjaga inflasi di tingkat yang sehat dan stabil, peningkatan upah, profitabilitas, hingga arus modal yang mengalir juga turut bertumbuh UMKM di Indonesia.Â
Dengan demikian pemikiran politik KH Wahab Hasbullah terhadap kue perekonomian syariah berpengaruh dalam memulihkan perekonomian nasional. Pemulihan ekonomi nasional dilakukan dengan mengambil kebijakan fiskal dan moneter yang komprehensif. Di samping itu, Pemerintah juga mengalokasikan dana APBN untuk pemulihan ekonomi sebesar Rp 695,2 triliun pada tahun 2021.
Abdurrofi Abdullah Azzam
Salam Excellent
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H