Mohon tunggu...
Abdurrahman zaviier
Abdurrahman zaviier Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya adalah mahasiswa yang sedang meng explore banyak hal

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Implementasi Model Satu Tahap dan Dua Tahap Komunikasi Massa Saat Ini di Indonesia

5 Juli 2024   00:39 Diperbarui: 5 Juli 2024   00:45 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Implementasi model satu tahap dan dua tahap komunikasi massa saat ini di Indonesia
 
* Pendahuluan
Komunikasi massa atau mass communication  merupakan komunikasi yang ditujukan kepada khalayak luas atau masyarakat umum. Komunikasi massa dapat terjadi dengan menggunakan berbagai media sebagai saluran komunikasi tersebut. Medium yang digunakan pun beragam, mulai dari cetak, audio, visual, audio visual, dan media luar ruang.


Secara bahasa, komunikasi massa merupakan suatu proses penyampaian pesan yang dilakukan melalui media massa atau communicating with media. Istilah dari komunikasi massa adalah singkatan yang berasal dari komunikasi media massa. Media massa pun singkatan dari media komunikasi massa. Sedangkan secara harfiah media adalah kumpulan dari medium -- medium atau saluran komunikasi. Sehingga penggunaan kata media berarti menunjukkan berbagai medium yang digunakan.


Apabila dilihat secara lebih terperinci, maka pengertian komunikasi massa menurut bahasa adalah, komunikasi penyampaian pesan, media yaitu saluran atau sarana menyampaikan pesan dan massa ialah orang banyak atau publik .


Namun sejalan dengan perkembangannya, pengertian komunikasi massa pun mengalami banyak perubahan. Dalam literatur menyebutkan setidaknya dua kategori dalam memahami komunikasi massa, yakni: pengertian tradisional -- lama, dan makna baru.


Perbedaan dua pemaknaan tersebut dipengaruhi oleh saluran dan interaksi yang terjadi. Dalam pengertian lama, komunikasi massa bersifat satu arah, bertujuan untuk berbagi atau menciptakan pengetahuan umum publik melalui pesan dari orang -- organisasi yang mengirimkan pesan tersebut.


Peran publik sangat sedikit dalam pengertian ini, dimana mereka hanya sebagai penerima pesan -- pengumuman. Pengaruh kekuatan -- kekuasaan sangat dominan sebagai pengirim pesan. Karakteristik komunikasi ini sesuai dengan perkembangan komunikasi massa yang terjadi pada masa ketika komunikasi massa masih sangat terbatas (selengkapnya akan dibahas dalam sejarah perkembangan).
Dalam pengertian komunikasi massa baru, ada perbedaan mendasar dalam penyampaian pesan -- informasi, dimana komunikan dan komunikator ada pertukaran informasi baik melalui transmisi berupa isyarat, bahkan pembicaraan. Sistem pengiriman dan penerimaan pesan lebih fleksibel.
 
 
 
 
* Pengertian komunnikasi satu tahap
Model komunikasi satu tahap (one step flow communication)
Dimana pesan yang disampaikan disalurkan melalui media massa dan langsung ditujukan kepada komunikan tanpa melalui perantara, namun pesan tersebut tidak mencapai semua komunikan dan juga tidak menimbulkan efek yang sama pada setiap komunikan.


Contohnya adalah Ketika kita menonton televisi dan kita mendapatkan informasi langsung dari apa yang sedang kita aperhatikan
 

 
* Pengertian komunikasi dua arah
Komunikasi dua arah merupakan proses penyampaian pesan, ide, gagasan yang dilakukan oleh kedua belah pihak secara bergantian (adanya feedback yang diberikan oleh komunikan kepada komunikator). Contoh-contoh dari komunikasi dua arah, yakni: Panggilan lewat telepon. Pengiriman teks pesan.


Contohnya Ketika kita menelfon seseorang dan bertukar pesan setiap individu yang mengeluarkan dan mengabarkan informasi , disitu lah terjadinya komunikasi dua arah yang dimana dua invidu mendapatkan interaksi dan saling bertukar pesan beda dengan orang yang menerima pesan lewat radio di karenakan tidak terdapat interaksi yang bisa menguntungkan 2 belah pihak
 

 
 
* Studi kasus
Contoh studi kasus tentang Implementasi model satu tahap dan dua tahap komunikasi massa saat ini
Di Indonesia bisa kita ambil dari kegiatan sehari hari Masyarakat Indonesia :


* komunikasi model satu tahap
bisa kita liat karena kita mahluk social di era digital kita sangat amat membutuhkan yang Namanya informasi dan biasanya kita melihat informasi bisa melalui platform media massa seperti tv , radio , koran , majalah , dll bukan hanya itu kita juga bisa menerima informasi dari media social seperti Instagram , tiktok , twiter , dll tetapi sangat di sayangkan kalua kita melihat berita di media social kenapa begitu ??? , di karenakan masih sangat amat rawan hoax yang beredar disana.
 
* Komunikasi model dua tahap
Untuk komunikasi model dua tahap bisa kita liat di kehidupan kita sehari hari juga , kita pasti sebagai manusia butuh ber interaksi satu sama lain entah bertemu langsung atau melalui media yang mengsuport untuk berkomunikasi , biasanya sering terjadi di dunia pekerjaan Ketika atasan memberikan perintah kepada bawahan nya dan bawahan juga bisa memberikan pendapat atas apa yang telah di katakana oleh atasan , dan bisa juga Ketika kita menelfon orang terdekat kita dan mendiskusikan sesuatu lalu saling memberi pendapat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun