Mohon tunggu...
Abdul Rozak
Abdul Rozak Mohon Tunggu... Guru - Operator

Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penerapan TPACK Melalui Pembelajaran Konten Menjadi Daya Dukung Peningkatan Minat Belajar Siswa

19 Agustus 2023   22:53 Diperbarui: 19 Agustus 2023   22:56 274
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 5 Siswa Menyusun Konten/Dokpri

PENERAPAN TEKNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KENOWLADGE (TPACK) MELALUI PEMBELAJARAN KONTEN ATAU APLIKASI CANVA  MENJADI DAYA DUKUNG PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN INOVATIF BERDASARKAN KARAKTERISTIK SISWA

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah ? 

Kondisi Latar Belakang PPL1 yang menjadi latar belakang masalah, proses pembelajaran akibat dampak dari covid-19 yang semula tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh dan sekarang kembali ke pembelajaran tatap muka memberikan pengaruh terhadap ketertarikan peserta didik dalam belajar. Peserta didik cenderung kurang aktif bahkan menjadi lebih pasif, peserta didik juga terlihat malas dan tidak simpatik terhadap pemebalajaran yang dilakukan oleh pendidik. Hal ini juga didukung dengan masalah --masalah antara lain :

  • Pemahaman guru terhadap model -- model pembelajaran kurang.
  • Kurangnya kegiatan pengembangan kompetensi guru terhadap model pembelajaran.
  • Waktu untuk menyiapkan pembelajaran inovatif membutuhkan persiapan lebih banyak dan lama.
  • Guru kurang menstimulus siswa untuk menemukan masalah sendiri yang ada pada materi pembelajaran
  • Guru memerlukan pendampingan penerapan model pembelajaran inovatif.
  • Guru kurang memanfaatkan model -- model pembelajaran inovatif didalam pembelajaran
  • Pentingnya praktik pembalajaran
  • Minat belajar siswa rendah, karena mata pelajaran PPKn dianggap membosankan
  • Daya dukung peserta didik rendah dan keaktifan peserta didik masih kurang

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?

Praktik pembelajaran ini menurut saya penting untuk dibagikan karena saya kira banyak rekan guru yang mengalami permasalahan yaitu siswa yang kurang fokus belajar dan Guru belum mengoptimalkan penggunaan teknologi pembelajaran atau penerapan TPACK  yang tepat untuk pembelajaran, sehingga praktik ini diharapkan selain bisa memotivasi diri saya sendiri menjadi yang baik juga diharapkan bisa sedikit berbagi pengalaman bagi rekan guru lain

Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini ?

Peran dan Tanggung Jawab saya dalam praktik, saya yang berperan sebagai guru praktik mempunyai tanggung jawab supaya siswa fokus praktik dan dapat melakukan proses praktik ini secara efektif dan yang terpenting aman, dengan menggunakan metode, media, dan model pembelajaran yang variatif dan inovatif sehingga tujuan praktik dan hasil belajar praktik siswa bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan.

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?

 

  • Penggunaan metode dan model pembelajaran yang inovatif dan tepat bagi peserta didik sesuai dengan materi yang akan dipelajari
  • Penyesuaian jam mengajar dan jadwal PPL yang akan dilaksanakan
  • Penggunaan media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik
  • Pengambilan video pembelajaran pada aksi 1 terkendala dengan adanya kegiatan class metting.
  • Masih ada peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan diskusi karena peserta didik yang dominan lebih pandai dan pintar yang banyak menyelesaikan diskusi kelompok tersebut
  • Masih ada peserta didik yang belum percaya diri untuk mempresentasikan hasil laporannya di depan kelas

Berdasarkan tantangan tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi guru terkait dengan kompetensinya yakni kemampuan pedagogik dan profesional sedangkan dari peserta didik yakni motivasi belajar

Adapun yang terlibat dalam mencapi tujuan tersebut adalah 

  • Guru yang menjadi fasilitator.
  • Peserta didik sebagai subjek proses pembelajaran.
  • Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing pelaksanaan pembelajaran.
  • Rekan sejawat yang telah membantu dalam kelancaran proses pembelajaran.

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut

 

Strategi apa yang digunakan untuk menghadapi tantangan

  • Penggunaan metode dan model pembelajaran
  • Strategi yang dilakukan guru yaitu memilih untuk menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) sedangkan untuk metodenya dengan pembelajaran content melalui aplikasi Canva dengan penerapatan Teknological Pedagogical Content Kenowladge (TPACK)

Bagaiman Prosesenya untuk menghadapi tantangan 

  • Menyiapkan fasilitas dan media yang digunakan yaitu : Ruangan kelas, Laptop (bahan ajar, LKPD, Slide Materi), Sinyal, android,sumber arus, loudspeaker, LCD proyektor, dan perangkatlainnya yang mendukung keterlaksanaan aksi.
  • Pada saat langkah-langkah kegiatan pembelajaran:
  • Pendahuluan 
  • dimulai salam, berdoa, menyanyikan lagu kebangsaan dipimpin siswa (PPK nasionalisme), cek kehadiran secara online melalui LMS (PPK Disiplin dan TPACK), melakukan kesepakatan kelas, melakukan ice breaking, Apersepsi (mengaitkan dengan materi sebelumnya).
  • Kegiatan Inti: 
  • siswa diarahkan untuk membuka bahan ajar melalui handphone
  • Siswa mengamati video pembelajaran (literasi digital)
  • Guru mengajaksiswa berpikir kritis melalui pertanyaan pemantik.
  • Guru mengajak siswa secara berkelompok merumuskan pertanyaan yang kemudian ditulis melalui edu smart dan langsung bisaditampilkan di layar monitor.
  • Guru bersama siswa menyusun jadwal pembuatan produk dalam bentuk info grafis
  • Guru mengarahkan siswa untuk membuat infografis melalui aplikasi canva
  • Siswa melaksanakan presentasi per kelompok

penutup

  • Guru melakukan evaluasi dan refleksi melali edu smart.
  • Guru mengaitkan pembelajran berikutnya
  • Berdoa dan salam

Siapa saja yang terlibat 

  • Guru yang menjadi fasilitator.
  • Peserta didik sebagai subjek proses pembelajaran.
  • Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing Pelaksanna pembelajaran
  • Rekan sejawat yang telah membantu dalam kelancaran proses pembelajaran.

Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan stategi

  • Mellakukan koordinasi dengan kepala sekolah, guru, Wakakurikulum dan rekan sejawat
  • Buku penunjang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PPKn kelas VIII ,sumber belajar yang relevan , Internet, Proyektor

Refleksi Hasil dan dampak 

Berdasarkan hasil pembelajaran yang saya lakukan dikelas dengan mengunakan model pembelajaran PJBL metode pembelajaran content melalui aplikasi Canva dengan penerapan Teknological Pedagogical Content Kenowladge (TPACK) memudahkan peserta didik dalam mempelajari dan memahami materi, lebih bersemangat dan tidak cepat bosan karena sesuai dengan era digital. Sehingga keaktifan dan kemampuan berpikir analisis peserta didik dapat ditingkatkan.

Apakah hasilnya efektif atau tidak efektif mengapa ! 

Secara keseluruhan hasil pembelajaran yang dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran PBL sudah efektif karena mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi namunmasih perlu perbaikan lagi.

Bagimana Respon orang lain yang terkait dengan strategi yang dilakukan ! 

  • Kepala sekolah dan rekan sejawat guru memberi penguatan positif untuk selalu menerapkan model dan media pembelajaran yang bervariasi.
  • Peserta didik merasa senang dan bahagia karena proses pembelajaran menerapkan media yang bervariasi dan menarik sehingga pemahaman tentang materi mudah dipahami.

faktor keberhasilan 

  • Keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran
  • Kemampuan guru dalam mendesain pembelajan yang inovatif terkait model, media, skenario/alur, bahan ajar, LKPD, menyusun kelompok serta hal lainnya yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran

Setelah melaksanakan kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa : Penerapan model pembelajaran metode pembelajaran content melalui aplikasi Canva dengan penerapan Teknological Pedagogical Content Kenowladge (TPACK) tentang "Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908" dapat meningkatkan ketertarikan siswa dalam pembelajaran PPKN.

Link Video sebagai berikut:

Video Praktik Pembelajaran Konten 

Lampiran 

Gambar 2. Penyusunan Pertanyaan Pematik/Dokpri
Gambar 2. Penyusunan Pertanyaan Pematik/Dokpri
Gambar 3 Guru memperlihatkan contoh konten yang harus dikerjakan/Dokpri
Gambar 3 Guru memperlihatkan contoh konten yang harus dikerjakan/Dokpri
Gambar 4 Langkah-langkah penyusunan konten/Dokpri
Gambar 4 Langkah-langkah penyusunan konten/Dokpri

Gambar 5 Siswa Menyusun Konten/Dokpri
Gambar 5 Siswa Menyusun Konten/Dokpri
Gambar 6 Menyajikan Hasil/Dokpri
Gambar 6 Menyajikan Hasil/Dokpri
Gambar 7 Kesimpulan dan Penutup/Dokpri
Gambar 7 Kesimpulan dan Penutup/Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun