Mohon tunggu...
Abdul Muklis
Abdul Muklis Mohon Tunggu... Guru - Guru

Bermain sepak bola, menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mulai Dari Diri - Modul 2.3 Coaching untuk Suvervisi Akademik

21 November 2023   12:25 Diperbarui: 21 November 2023   12:34 143
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Mulai Dari Diri -- Modul 2.3 Coaching untuk Supervisi Akademik

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP mampu mengidentifikasi pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan dirinya terkait pembinaan dalam konteks pendidikan 

Pertanyaan-pertanyaan reflektif mulai dari diri:

1. Selama menjadi guru, tentunya pembelajaran Anda pernah diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah Anda. Bagaimana perasaan Anda ketika diobservasi?

Saat diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah, perasaan yang timbul dalam diri saya adalah sedikit tegang namun tetap bersemangat. Tegang karena akan dilihat secara langsung oleh kepala sekolah keterampilan praktik mengajar dan kelengkapan administrasi penunjang pembelajaran.   Bersemangat karena observasi/suvervisi memberikan kesempatan untuk mendapatkan umpan balik konstruktif dan peluang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kompetensi diri

2. Ceritakan pengalaman Anda saat observasi dan pasca kegiatan observasi tersebut.

Ketika sesi observasi, Saya berupaya memberikan proses pembelajaran yang terbaik dalam setiap interaksi dengan murid. Saya fokus pada efektivitas pembelajaran dan kualitas interaksi untuk memastikan pengalaman pembelajaran yang bermakna.

Setelah selesai observasi, Saya mengamati umpan balik yang diberikan, serta merefleksi diri mencari setiap peluang untuk perbaikan, dan terus menghadirkan pembelajaran yang bermakna dalam praktik pembelajaran sehari-hari.

3. Menurut Anda, bagaimanakah proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu diri Anda berkembang menjadi seorang pendidik?

Menurut pandangan saya, proses supervisi akademik yang ideal dapat memberikan dukungan dan bimbingan yang efektif untuk pengembangan diri saya sebagai seorang pendidik. Mengedepankan umpan balik jujur dan konstruktif. Supervisi ini tidak hanya memberikan evaluasi, tetapi juga memberikan dukungan aktif dalam pengembangan keterampilan.

4. Menurut Anda, jika Anda saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi, dimana posisi Anda terkait dengan gambaran ideal di atas dari skala 1 s/d 10? Situasi belum ideal 1 dan situasi ideal 10.

Jika saya sebagai seorang kepala sekolah yang melaksanakan tugas supervisi, target saya dari skala 1 s/d 10 adalah mencapai skor 9. Saya berkomitmen untuk memberikan umpan balik yang tidak hanya evaluatif, melainkan juga membangun dan mendukung. Dukungan aktif dalam pengembangan keterampilan menjadi fokus saya, dengan memberikan sumber daya dan pelatihan yang relevan, sehingga memberikan kontribusi positif bagi pengembangan kompetensi pengajar.

5. Aspek apa saja yang Anda perlukan untuk dapat mencapai situasi ideal itu?

Untuk meraih situasi ideal dalam proses supervisi, saya menyadari kebutuhan akan keterampilan komunikasi yang terbuka dan efektif, keterlibatan aktif dari kedua belah pihak, penetapan tujuan bersama yang jelas, kemampuan memberikan umpan balik yang konstruktif, Pembuatan rencana pengembangan pribadi yang konkret, realistis, dan dapat diukur untuk mencapai tujuan pengembangan, dan kemampuan memfasilitasi kolaborasi serta pertukaran ide di antara rekan pengajar.


Setelah Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan reflektif, tuliskan harapan Anda terkait modul ini : 

1. Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?

Harapan saya setelah mempelajari modul 2.3 ini, saya mampu memahami seluruh materi dan dapat mengikuti serangkaian kegiatan dengan baik sehingga kompetensi saya semakin berkembang. Saya berharap untuk mengembangkan keterampilan dalam melakukan supervisi yang efektif bagi rekan pengajar, sekaligus memfasilitasi pertukaran ide dan praktik terbaik di antara mereka. Semua harapan ini membimbing saya menuju peningkatan kualitas pengajaran dan pengembangan profesional yang berkelanjutan. Sehingga menjadikan diri saya mempunyai nilai dan peran sebagai pemimpin pembelajaran yang dapat mewujudkan visi sekolah selaras dengan profil pelajar Pancasila dengan menciptakan lingkungan belajar yang berkualitas.

2. Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

Merujuk dari pertanyaan refleksi diatas, saya berharap kegiatan berisi pemahaman teknik coaching yang baik, melakukan diskusi kolaborasi agar menambah wawasan dari materi dalam modul ini, serta menerapkan observasi dan memberikan umpan balik. Materi yang saya harapkan adalah tentang keterampilan coaching, keterampilan mengajar, pengetahuan dan pemahaman kurikulum, serta penilaian dan evaluasi. Agar dapat meningkatkan keterampilan coaching untuk teman sejawat, meningkatkan kemampuan mengajar guru dalam mencapai tujuan pembelajaran, meningkatkan kualitas dan hasil pembelajaran murid, meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri guru dalam mengajar, meningkatkan kemampuan guru untuk melakukan penilaian dan evaluasi pembelajaran murid secara efektif, meningkatkan pengembangan dan pemahaman kurikulum.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun