Mohon tunggu...
Abdul Muklis
Abdul Muklis Mohon Tunggu... Guru - Guru

Bermain sepak bola, menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

5 Oktober 2023   21:45 Diperbarui: 5 Oktober 2023   22:03 305
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan

Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam kenal saya Abdul Muklis, Calon Guru Penggerak Angkatan 9 dari SDN Sindangsari 04 Kabupaten Bekasi.

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi pengalaman selama proses mempelajari Modul 1.3 CGP, yaitu tentang Visi Guru Penggerak. Tulisan/jurnal refleksi ini ditulis secara rutin setiap dua mingguan pada setiap modul yang berlangsung.

Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yaitu model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) dapat diterjemahkan menjadi 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan).

Berikut jurnal refleksi dwimingguan modul 1.3. Visi Guru Penggerak.

 

1. Facts (Peristiwa)

Pada tanggal 15 September 2023 saya mulai mempelajari modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak. Saya mempelajari modul 1.3 dengan alur MERDEKA, yakni:

a. Mulai dari Diri

Saya mulai mempelajari modul 1.3. dengan membuka tautan mulai dari diri. Di sini saya mendapat tugas untuk membuat gambar "Imajiku tentang murid di masa depan", membuat gambar mengenai murid yang di dambakan 5-10 tahun mendatang. Dengan menyertakan juga dalam gambar itu, lingkungan pembelajaran yang sesuai untuk murid sebagaimana yang di cita-citakan.

b. Eksplorasi Konsep

Pada kegiatan eksplorasi konsep saya belajar memahami pentingnya visi yang berpihak pada murid dan saya diberi pengantar tentang paradigma inkuiri apresiatif. saya juga belajar memahami mengapa dan bagaimana manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif dilakukan. disini saya juga belajar tentang tahapan BAGJA yaitu B-uat pertanyaan, A-mbil pelajaran, G-ali mimpi, J-abarkan rencana dan A-tur eksekusi. Setelah itu saya, melakukan diskusi asinkron. Terdapat dua topik dalam diskusi asinkron yaitu berbagi Visi Murid Impian dan berbagi tugas kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif.

c. Ruang Kolaborasi

Ruang kolaborasi dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah diskusi dengan anggota kelompok dan yang kedua adalah bagian presentasi hasil diskusi kelompok. Ruang Kolaborasi dipandu dan difasilitasi oleh bapak Dida Firgiawan selaku Fasilitator. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring memalui Google meet. Diskusi kelompok di ruang kolaborasi pertama dilakukan pada hari Rabu, 20 September 2023 pukul 13.00 - 15.15 WIB. Sementara itu, presentasi hasil diskusi dilaksanakan pada hari Kamis, 21 September 2023 pukul 13.00- 15.15 WIB.

d. Demonstrasi Kontekstual

Pada kegiatan ini, saya mendapatkan tugas tentang penerapan inkuiri apresiatif dengan membuat Prakarsa Perubahan dengan tahapan BAGJA. Tugas yang ada di LMS segera diunggah demi untuk meningkatkan pemahaman CGP tentang materi yang telah dipelajari. Tugas yang dibuat bisa dalam bentuk artikel, PPT maupun Vidio, tergantung kreativitas dan minat CGP. Adapun kegiatan ini terdokumentasikan pada kanal youtube  

e. Elaborasi Pemahaman

 

Saya melakukan elaborasi pemahaman dengan instruktur melalui Google meet pada hari Rabu, 27 September 2023 pukul 13.00 - 14.30 WIB. Instruktur yang memandu kegiatan elaborasi pemahaman kali ini adalah bapak Surya Herdiansyah, SH., MH.

f. Koneksi Antar Materi

Pada kegiatan ini adalah pengaitan antarmateri yang sudah saya pelajari mulai dari modul 1.1. modul 1.2. dan modul 1.3 Tugas di bagian ini adalah membuat refleksi dengan model 4C. Adapun kegiatan ini terdokumentasikan pada pada link berikut. https://anyflip.com/ielnh/qohg/

g. Aksi Nyata

Aksi nyata berisi pemahaman saya tentang modul 1.3 yang sudah di pelajari dan saya terapkan secara nyata di sekolah, kegiatannya terdokumentasikan pada kanal youtube.  

Selain melakukan kegiatan sesuai alur M-E-R-D-E-K-A, pada hari Sabtu, 16 September 2023 saya juga mengikuti Lokakarya I yang diadakan di SDN Lambangsari 05. Kegiatan yang saya ikuti dalam lokakarya tersebut diantaranya; Pembukaan dan persiapan lokakarya yang diisi dengan sambutan dari Kepala Dinas Kab. Bekasi dan perwakilan BBGP Jawa Barat selanjutnya di krlompokan berdasarkan kelas setelah itu melakukan perkenalan, ice breaking, dan pembuatan kesepakatan kelas bersama pengajar praktik, diskusi dengan materi tentang nilai, peran, dan kompetensi guru penggerak, diskusi tentang komunitas praktisi dan menganalisis pemetaan komunitas praktisi, dan materi pemahaman peran guru penggerak dalam menggerakkan komunitas praktisi dan melihat potensi komunitas praktisi.

2. Feelings (Perasaan)

 Setelah mempelajari modul 1.3 dan mengikuti serangkaian kegiatan baik belajar secara mandiri maupun diskusi secara virtual, saya memahami bagaimana visi guru penggerak. Selama mempelajari modul tersebut, saya merasakan perasaan yang tertantang, senang, dan semangat. Saya merasa sangat tertantang dengan melihat waktu pengerjaan dan pengiriman tugas-tugas yang diberikan di sela kesibukan saya sebagai guru di sekolah. 

Saya merasa senang karena dapat berkolaborasi dengan rekan CGP lain untuk berdiskusi membuat presentasi yang memberikan dampak positif dan mempermudah saya dalam memahami Modul 1.3. Saya semangat karena dapat mempelajari tentang visi guru penggerak yang mencerahkan dan menginspirasi saya dalam mempraktikannya pada kegiatan pembelajaran di sekolah.

3. Findings (Pembelajaran)

 Selama dua minggu mempelajari Modul 1.3, banyak pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Pada Modul 1.3 ini saya dapat mempelajari dan memahami bahwa dalam memimpin perubahan positif harus berpikir strategi dan memahami inquiri apresiatif sebagai paradigma. Tahapan BAGJA merupakan model manajemen perubahan yang merupakan akronim dari Buat pertanyaan utama, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi sebagai terjemahan bebas yang diadopsi dari model 5D sebagai bagian dari inkuiri apresiati (Define, Discover, Dream, Design, Deliver). 

Dalam menyusun BAGJA dapat melalui Amati, tiru, dan modifikasi. Untuk melakukan perubahan yang positif tidak harus bermula dengan mengidentifikasi permasalahan yang ada, namun kita fokuskan pada kekuatan apa yang telah kita miliki sehingga sehingga pemikiran kita diarahkan arah yang positif. Selain itu saya juga dapat merumuskan visi sebagai Guru penggerak, merumuskan prakarsa perubahan dan membuat tahapan BAGJA. 

4. Future (Penerapan)

Setelah mempelajari serta memahami materi dalam modul 1.3. tentang visi guru penggerak maka saya akan berusaha menerapkan inkuiri apresiatif untuk melaksanakan manajemen perubahan di sekolah dengan mewujudkan visi saya yaitu "Terbentuknya insan yang religius, berkarakter, mandiri, berwawasan global dengan mengedepankan IPTEK" dan menerapkan Prakarsa Perubahan yang sudah saya rumuskan yaitu "Mengembangkan kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi murid" dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran sehingga dapat terwujudnya karakter profil pelajar Pancasila.

Demikian refleksi dwi mingguan modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak.

 

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

 

Salam Guru Penggerak!

 

Tergerak, Bergerak, Menggerakkan

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun