Buku yang berjudul Buku Guru Bahasa dan Sastra Inggris untuk SMA/MA Kelas XI oleh Otong Setiawan Dj. Buku ini merupakan panduan untuk guru dalam mengajar Bahasa Inggris, dengan fokus pada kurikulum 2013. Berikut adalah Resensi dari buku tersebut:
Identitas bukuÂ
Judul: Buku Guru Bahasa dan Sastra Inggris untuk SMA/MA Kelas XI
Penulis: Otong Setiawan Dj.
Penerbit: Yrama Widya
ISBN: 978-602-277-649-9
Tahun Terbit: 2014
Jumlah Halaman: vi + 128 halaman
Ukuran Buku: 17,6 25 cm
Ilustrasi Cover: W. Abdul Aziz
Lay Out: Junenti
Montase: Erna Rosmayanti
Cetakan Pertama: Agustus 2014.
Tujuan BukuÂ
Buku ini dirancang untuk membantu guru dalam mengimplementasikan pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat SMA Kelas XI, dengan penekanan pada keseimbangan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Materi pembelajaran yang disajikan mengikuti Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang telah ditetapkan dalam kurikulum 2013.
Struktur dan Konten
Buku ini disusun dalam beberapa unit yang fokus pada keterampilan bahasa seperti mendengar, berbicara, membaca, dan menulis, serta elemen kebahasaan seperti tata bahasa dan kosakata. Struktur penyajian buku sangat sistematis, dan tiap unit mencakup beberapa bagian inti, yaitu:
1. Petunjuk Penggunaan Buku Guru: Memberikan panduan untuk memaksimalkan penggunaan buku ini dalam proses pembelajaran. Guru diinstruksikan untuk memahami dengan baik Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang ingin dicapai pada setiap unit.
2. Panduan Penilaian: Buku ini juga menyediakan rubrik penilaian yang rinci untuk menilai performa siswa dalam hal unjuk kerja, tata bahasa, pelafalan, serta kelancaran berbicara.
3. Rencana Pembelajaran: Setiap unit memiliki lesson plan yang meliputi alokasi waktu, tujuan pembelajaran, serta media dan sumber yang dapat digunakan. Buku juga memberikan panduan lengkap mulai dari kegiatan pembuka (Getting Started), kegiatan inti seperti mendengarkan (Listening), berbicara (Speaking), dan latihan tata bahasa (Grammar Review), hingga kegiatan penutup seperti evaluasi.
4. Uraian Kegiatan Pembelajaran: Dalam setiap unit, kegiatan pembelajaran diuraikan dengan detail, mencakup aktivitas mendengarkan dialog, memahami teks, hingga mempraktikkanÂ
percakapan melalui role play. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa, baik dalam konteks formal maupun informal.
5. Kosakata dan Tata Bahasa: Setiap unit menyertakan latihan kosakata dan tata bahasa yang relevan dengan tema yang sedang dipelajari. Misalnya, pada Unit 1, siswa belajar tentang ungkapan meminta dan memberikan pendapat serta mengidentifikasi struktur bahasa dalam dialog yang relevan. Kosakata yang disajikan berfokus pada konteks komunikasi sehari-hari, seperti menyatakan pendapat, saran, reservasi, dan lainnya.
Keunggulan Buku
1. Pendekatan Berbasis Kompetensi: Buku ini sangat fokus pada pengembangan kompetensi siswa, baik dari segi kognitif maupun afektif. Dengan adanya panduan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang jelas, guru dapat merancang pembelajaran yang lebih terarah dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
2. Pengembangan Karakter Siswa: Salah satu aspek penting dalam buku ini adalah integrasi pengembangan karakter, seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kerja sama, yang dimasukkan dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini bertujuan membentuk siswa yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga berkarakter baik.
3. Pembelajaran Aktif: Buku ini mendorong metode pembelajaran aktif melalui kegiatan kelompok, diskusi, dan role play. Hal ini memberikan ruang bagi siswa untuk berinteraksi dan mengaplikasikan materi yang telah dipelajari dalam situasi nyata.
4. Evaluasi Berkelanjutan: Sistem penilaian yang diuraikan dalam buku ini sangat mendukung evaluasi berkelanjutan. Guru dapat menggunakan berbagai rubrik untuk menilai berbagai aspek kemampuan siswa, mulai dari pelafalan hingga tata bahasa.
5. Penyesuaian Kreativitas Guru: Buku ini juga memberikan kebebasan bagi guru untuk menyesuaikan metode dan strategi pembelajaran sesuai dengan kondisi kelas. Guru diharapkan bisa berinovasi dengan menggunakan sumber dan media lain di luar buku teks.
Kekurangan Buku
1. Keterbatasan Media: Meskipun buku ini menyediakan panduan yang lengkap, guru masih harus menyediakan media tambahan, seperti audio dan visual, untuk kegiatan mendengarkan (listening) dan kegiatan lain yang melibatkan teknologi. Buku ini lebih cocok untuk sekolah dengan fasilitas yang memadai.
2. Materi yang Padat: Setiap unit memiliki cakupan materi yang cukup padat, yang bisa menjadi tantangan bagi siswa dengan kemampuan bahasa yang masih berkembang. Guru mungkin perlu memberikan waktu ekstra atau kegiatan remedial untuk memastikan semua siswa memahami materi.
Kesimpulan
Buku ini dirancang dengan pendekatan berbasis kompetensi yang seimbang antara aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dengan berbagai kegiatan interaktif seperti diskusi, role play, serta latihan tata bahasa dan kosakata, siswa dapat mengembangkan keterampilan berbahasa Inggris secara komprehensif.
Keunggulan buku ini terletak pada panduannya yang jelas dan rinci, sistem penilaian yang terstruktur, serta fleksibilitas yang diberikan kepada guru untuk menyesuaikan metode pembelajaran. Namun, tantangan yang dihadapi adalah kebutuhan akan media tambahan dan potensi beban materi yang cukup padat bagi siswa.
Buku ini sangat cocok digunakan di sekolah-sekolah yang ingin menerapkan kurikulum 2013 dengan pendekatan yang lebih aktif dan kontekstual. Guru diharapkan dapat berinovasi dengan sumber daya yang tersedia, serta memberikan pengayaan dan remedial jika diperlukan, agar semua siswa dapat mencapai kompetensi yang diharapkan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H