Mohon tunggu...
Abdullah Sofi
Abdullah Sofi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi Otomotif

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Peran dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pendidikan

9 Desember 2023   22:44 Diperbarui: 9 Desember 2023   23:21 306
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Peran dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pendidikan

Pendahuluan

Pendidikan adalah fondasi utama dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah membawa dampak besar dalam dunia pendidikan, mengubah paradigma pembelajaran tradisional menjadi lebih modern dan efektif. Dua konsep yang semakin mendapat perhatian dalam pemanfaatan TIK dalam pendidikan adalah e-learning dan blended learning.

A.Pembelajaran Berbasis E-learning

E-learning atau pembelajaran daring telah menjadi fenomena yang signifikan dalam dunia pendidikan. Hal ini memanfaatkan teknologi digital untuk menyediakan akses pembelajaran tanpa harus secara fisik berada di lokasi tertentu. Berikut adalah beberapa peran dan manfaat TIK dalam pembelajaran berbasis e-learning:

  1. Aksesibilitas Global: E-learning memungkinkan siswa untuk mengakses materi pembelajaran dari mana saja di dunia, asalkan terhubung dengan internet. Hal ini memperluas aksesibilitas pendidikan dan memungkinkan orang dari berbagai latar belakang untuk mendapatkan pengetahuan.

  2. Fleksibilitas Waktu: Siswa memiliki fleksibilitas untuk mengatur jadwal pembelajaran mereka sendiri sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan masing-masing. Ini memungkinkan adaptasi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari, pekerjaan, atau tanggung jawab lainnya.

  3. Diversifikasi Materi: Melalui e-learning, pembelajaran dapat diberikan dalam berbagai format, seperti video, audio, teks, dan interaktif. Hal ini membantu siswa dengan gaya pembelajaran yang berbeda untuk lebih mudah memahami materi.

  4. Evaluasi dan Pemantauan Secara Real-time: Platform e-learning biasanya menyediakan alat evaluasi otomatis dan pemantauan progres siswa secara real-time. Guru dapat dengan cepat mengetahui kemajuan siswa dan memberikan umpan balik lebih efisien.

B.Blended Learning

Blended learning merupakan gabungan antara pembelajaran secara daring (online) dan pembelajaran tatap muka (offline) dalam satu kurikulum. Berikut adalah peran dan manfaat TIK dalam blended learning:

  1. Integrasi Pengalaman Pembelajaran: Blended learning memungkinkan guru untuk mengintegrasikan pengalaman pembelajaran yang beragam, baik melalui interaksi langsung maupun platform online. Ini menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih holistik.

  2. Kesempatan Kolaborasi: Dengan memanfaatkan platform online, siswa dapat berkolaborasi secara virtual, berbagi ide, dan bekerja sama pada proyek bersama. Hal ini mengembangkan keterampilan sosial dan kolaboratif mereka.

  3. Personalisasi Pembelajaran: TIK memungkinkan personalisasi pembelajaran, di mana siswa dapat mengakses materi sesuai dengan kecepatan dan gaya pembelajaran masing-masing. Guru dapat memberikan bimbingan tambahan atau tugas khusus berdasarkan kebutuhan individu.

  4. Fleksibilitas Pembelajaran: Blended learning memberikan fleksibilitas kepada siswa untuk memilih cara pembelajaran yang sesuai dengan preferensi mereka. Ini membantu meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.

Sumber Daya dan Referensi:

  1. Siemens, G. (2005). Connectivism: A learning theory for the digital age. International Journal of Instructional Technology and Distance Learning, 2(1), 3-10.

  2. Garrison, D. R., & Kanuka, H. (2004). Blended learning: Uncovering its transformative potential in higher education. The Internet and Higher Education, 7(2), 95-105.

  3. Anderson, T. (2008). Theory and practice of online learning. Athabasca University Press.

  4. Bates, A. W., & Poole, G. (2003). Effective teaching with technology in higher education: Foundations for success. Wiley.

  5. Graham, C. R. (2006). Blended learning systems: Definition, current trends, and future directions. In C. J. Bonk & C. R. Graham (Eds.), Handbook of blended learning: Global perspectives, local designs (pp. 3-21). Pfeiffer.

Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran memiliki dampak positif yang signifikan dan terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Pembelajaran berbasis e-learning dan blended learning menjadi inovasi yang membantu menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih efisien dan relevan untuk kebutuhan masyarakat modern.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun