JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 2.2
KOMPETENSI SOSIAL EMOSIONAL (KSE)
Â
Oleh : ABDULLAH SALAM, S.Pd.
CGP Angkatan 10 Kabupaten Jepara
Â
Jurnal Dwi Mingguan yang saya buat ini adalah tulisan dari lanjutan proses belajar yang saya lalui pada Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 10 Kabupaten Jepara. Penulisan jurnal ini menggunakan model Refleksi 4F yaitu : Fact (peristiwa), Feeling (perasaan), Findings (pembelajaran), Future (penerapan).
1. Fact (Peristiwa)
Saya mulai mempelajari materi mengenai Pembelajaran Sosial dan Emosional. Sesuai tahapan MERDEKA yang dilaksanakan, dimulai dengan mulai dari diri, kami mendapatkan materi dan video yang ada di LMS serta ada beberapa pertanyaan tentang pengalaman yang pernah kami alami yang berhubungan dengan tugas kami sebagai pendidik yang berkaitan dengan sosial dan emosional. Bagaimana kami menghadapi krisis tersebut, bagaimana kami bisa bangkit dari krisis tersebut, serta apa yang kami pelajari dari krisis tersebut. Kemudian kami medapati eksplorasi konsep yang tentang materi-materi Kompetensi Sosial Emosional, Pembelajarannya serta Implementasinya di sekolah. Selain itu juga dibarengi dengan tugas-tugas refleksi dari materi yang telah dipelajari. Tujuan dari materi Pembelajaran Sosial Emosional adalah memberikan pemahaman, penghayatan dan kemampuan untuk mengelola emosi (kesadaran diri); menetapkan dan mencapai tujuan positif (pengelolaan diri); merasakan dan menunjukan empati kepada orang lain (kesadaran sosial); dan membuat keputusan yang bertanggung jawab.
2. Feeling (Perasaan)
Perasaan rasa syukur pada Tuhan Yang maha esa dan bangga manjadi bagian dari pembelajaran modul ini karena tidak semua orang mendapat kesempatan. Modul ini memberikan banyak ilmu mengenai Pembelajaran Sosial dan Emosional. Kecerdasan sosial emosional menyumbang prosentase lebih tinggi dalam menentukan keberhasilan atau prestasi puncak. Forum diskusi selama sesi ruang kolaborasi membuat saya semakin paham mengenai penguasaan emosi dari pembelajaran sosial dan emosional ini. Saya harap dengan mempelajari ini, saya akan mampu mengontrol setiap emosi dalam diri saya yang tentunya berdampak kepada orang lain serta memberikan contoh kepada rekan sejawat lainnya.
3. Findings (Pembelajaran)
Pembelajaran bermakna yang saya peroleh setelah mempelajari modul 2.2 adalah bahwa dapat mengontrol emosi diri sehingga lebih stabil. Hal ini sangat berpengaruh dalam pelayanan pada murid untuk pendidikan yang berpihak pada murid. Selain mengontrol emosi diri, kita juga dituntut untuk mampu mengelola emosi tersebut agar kita kembali ke keadaan semula yaitu dalam keadaan yang bahagia. Selain itu, banyak lagi ilmu yang saya dapatkan di modul ini seperti kesadaran sosial, keterampilan berelasi, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab. Semua materi tersebut bertujuan untuk menciptakan hubungan yang baik dan positif dengan sesama rekan kerja, dengan murid maupun dengan masyarakat disekitar kita.
4. Future (Penerapan)
Dari pendalaman materi PSE pada modul 2.2 ini saya berencana untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari mulai dari lingkungan sekolah, rumah, dan lingkungan warga RT. Mellaui teknik STOP, kemudian juga mengintegrasikan kompetensi tersebut dalam pembelajaran saya seperti menerapkan kompetensi kesadaran sosial dalam perencanaan pembelajaran yang akan dilaksanakan, kemudian menerapkan keterampilan berelasi pada saat melakukan refleksi ataupun memberikan umpan balik terhadap hasil kerja teman maupun penjelasan guru dengan menggunakan kata-kata yang positif dan mudah dimengerti.
Salam Guru Penggerak !!!
Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H