Mohon tunggu...
Abdullah Abid
Abdullah Abid Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kunjungan Pendidikan ke Taman Kanak-kanak

30 Oktober 2023   16:44 Diperbarui: 30 Oktober 2023   16:47 64
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pada tanggal 24 Oktober 2023 kami mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Fakultas Psikologi , MataKuliah Psikologi Perkembangan melakukan kunjungan ke TK Dharma Wanita yang beralamatkan di jalan Rungkut Asri Barat No 21-23 Surabaya.

Kami disana melakukan serangkaian kegiatan bermain dan mengedukasi guru TK.Kami disana juga mengadakan game pada anak yang ada di TK tersebut.

Yang pertama kelompok kami melakukan serangkaian doa dan perkenalan anggota , selanjutnya ydilanjut dengan perkenalan anak Tk satu persatu.

Yang kedua kami melakukan presentasi kepada guru TK tentang perkembangan anak pada usia 0-5 tahun.

Yang ketiga kami memberi pertanyaan kepada anak anak tentang mengingat kembali salah satu nama anggota kelompok kami dan yang berhasil menebak nama anggota kelompok kami dengan benar maka akan diberikan hadiah. Ternyata anak pada usia 4-5 tahun tersebut mampu mengingat kembali nama walau hanya berkenalan dalam waktu singkat.

Yang keempat kemudian kami bertanya kepada anak TK tentang siapakah yang hafal pancasila dan setelah itu kami mencoba kepada anak TK tersebut untuk membaca pancasila didepan. Pada anak usia tersebut ternyata anak TK juga telah mendapatkan pendidikan patriotisme sejak dini.

Yang kelima yaitu kami bertanya kepada seluruh anak Tk siapa yang ingin maju kedepan dan bernyanyi kemudian ada anak TK yang mengangkat tangan dan ingin maju kedepan menyanyikan sebuah lagu.

Yang keenam yaitu kami melakukan beberapa pertanyaan kepada seluruh anak TK tentang seputar hewan dan ternyata seluruh anak TK bisa menjawab semua pertanyaan yang telah kami berikan kepada seluruh anak TK tersebut.

Yang ketujuh yaitu kami melakuan pembelajaran menggambar dan mewarnai pada anak Tk kemudian kami membagikan sebuah kertas hvs kepada seluruh anak TK tersebut dan setelah itu semua anak TK melakukan menggambar sambil kami lihat beberapa anak TK yang sedang melakukan menggambar dan setelah semua anak anak TK selesai menggambar dan mewarnai kemudian semua gambar dikumpulkan dan kami coba pilih beberapa gambar pada anak TK yang terbaik.

Yang kedelapan yaitu kami melakukan penutupan dan berpamitan kepada seluruh anak TK dan guru guru di TK tersebut sebelum kami meninggalkan TK tersebut kami melakukan pembagian hadiah kepada seluruh anak TK yang bisa menjawab pertanyaan yang telah kami beri tadi. Dan setelah kami membagi semua hadiah kepada seluruh anak TK kemudian kami berpamitan dan meninggalkan TK tersebut.

Kesan kesan kelompok kami, kami merasa bahwa pendidikan pada usia dini sangat menyenangkan dan juga menambah pengetahuan kami bahwa pendidikan anak usia dini sangat berpengaruh pada pertumbuhan anak hingga ia dewasa. Oleh karena itu pendidikan bagi guru tentang perkembangan anak juga tidak kalah dan berikut beberapa manfaat mempelajari psikologi perkembangan anak :

a.Pengetahuan tentang perkembangan dapat membantu kita dalam memberikan respons yang tepat terhadap perilaku tertentu seorang anak.

b.Dengan pengetahuan perkembangan peserta didik, seorang guru akan dapat memberikan harapan yang realistis terhadap anak dan remaja.

c.Pengetahuan tentang perkembangan memungkinkan para guru memberikan bimbingan belajar yang tepat kepada anak.

d.Studi perkembangan dapat membantu kita memahami diri sendiri.Melalui psikologi perkembangan kita akan mendapatkan wawasan dan pemahaman perjalanan hidup kita sendiri seperti pada masa bayi,anak,remaja atau dewasa.

e.Pengetahuan perkembangan peserta didik dapat membantu guru mengenali kapan perkembangan normal yang sesungguhnya dimulai. Dengan pengetahuan tentang perkembangan normal ini, guru bisa menyusun pedoman dalam bentuk skala tinggi-berat, skala usia-berat, skala usia-mental, dan skala perkembangan sosial atau emosional.

f.Dengan mengetahui pola normal perkembangan, memungkinkan para guru untuk sebelumnya mempersiapkan anak menghadapi perubahan yang akan terjadi pada tubuh, perhatian dan perilakunya.

g.Pengetahuan tentang perkembangan memungkinkan para guru memberikan bimbingan belajar yang tepat pada anak.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun