Banyak perusahaan mengabaikan komitmen tertulis dengan karyawan mereka, yang mengarah pada kinerja karyawan yang lebih rendah atau loyalitas karyawan yang berkurang. Selain komitmen kerja, kepuasan kerja sangat penting dalam sebuah perusahaan. Atau jika kepuasan karyawan meningkat maka akan berdampak positif bagi bisnis. Sebelum lanjut ke pembahasan.
Pengertian Komitmen
Komitmen merupakan tanggung jawab seseorang terhadap pasangannya dan harus dijaga bersama. Keterlibatan di tempat kerja, istilah lain untuk keterlibatan organisasi, adalah dimensi perilaku yang dapat digunakan untuk mengukur tren karyawan. Komitmen kerja adalah suatu kondisi motivasi seorang karyawan untuk suatu organisasi tertentu, serta tujuan dan keinginan mereka untuk tetap menjadi anggota organisasi itu (Robbins & Judge, 2008). Mowday (dalam Sopiah, 2008) mengungkapkan bahwa komitmen kerja adalah identifikasi dan keterlibatan seseorang yang relatif kuat dalam organisasi. Komitmen kerja memiliki dua faktor penting yaitu sikap dan kemauan bertindak dalam suatu kasus. Sikap berkaitan dengan identitas, partisipasi dan loyalitas, sedangkan kesediaan untuk berperilaku tergantung pada konteks kesediaan untuk mencoba (Yusof, 2007). Komitmen untuk bekerja adalah tanda kepercayaan dan ketergantungan (Byron, 2010).
Faktor yang mempengaruhi partisipasi
- Â Faktor individu, seperti usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pengalaman kerja dan kepribadian.
- Â Karakteristik pekerjaan, hal. Misalnya. pekerjaan, tantangan karir, konflik peran, tingkat kesulitan pekerjaan
Dampak komitmen bisnisÂ
Berikut adalah beberapa dampak komitmen bisnis:Â
- Meningkatkan produktivitas karyawan
- Â Karyawan tidak hanya menunjukkan tingkat produktivitas yang tinggi, tetapi juga penting untuk dicatat bahwa mitra industri mitra dan anggota tim melakukan hal yang sama.
- Â Mengurangi ketidakhadiran
- Â Jika karyawan berkomitmen pada bisnis, mereka umumnya diharapkan untuk melakukan pekerjaan dengan baik membantu proyek dan berkontribusi pada tujuan bisnis.
 Pengertian kepuasan kerjaÂ
Kepuasan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen organisasi. Hal ini menunjukkan bahwa semakin puas karyawan dalam bekerja maka semakin tinggi komitmennya terhadap organisasi dan sebaliknya jika karyawan tidak puas maka komitmennya terhadap perusahaan akan menurun. Â membuat pekerjaan lebih lengkap, memberikan fleksibilitas, mengurangi stres saat bepergian, membuat pekerjaan lebih produktif, memfasilitasi komunikasi, Â mempromosikan gaya hidup sehat , menciptakan lingkungan yang positif untuk berkembang , menciptakan kebiasaan bahagia
Berdampak pada kepuasan kerjaÂ
berdampak pada gaji perusahaan Menjaga kepuasan kerja karyawan akan meningkatkan Meningkatkan kinerja di tingkat departemen dan organisasi. Harapan dari kesimpulan ini adalah investasi yang telah dilakukan pada karyawan dapat memberikan hasil bagi perusahaan.
faktor kepuasan kerjaÂ
- Â jenis pekerjaan
- Â rekan kerja
- manfaat tambahan
- Â perlakuan adil
- Â keamanan kerja
- Â kesempatan untuk berbagi pendapat
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H