Hal yang saya lakukan untuk mengenalkan keragaman pada peserta didik adalah:
Langkah yang pertama : Memahami Kebutuhan Spesifik (motorik)
Identifikasi kebutuhan pendidikan dan sosial khusus untuk peserta didik disabilitas sensorik netra dan rungu
Langkah yang kedua adalah melakukan Konsultasi dengan Ahli
Konsultasikan dengan tenaga ahli, seperti guru khusus atau psikolog pendidikan, untuk memahami strategi pengajaran yang efektif.
Langkah yang ketiga adalah guru harus menyesuaikan Materi dan Metode Mengajar
Menyesuaikan dengan materi pembelajaran dan metode mengajar untuk mengakomodasi kebutuhan peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus, misalnya dengan menggunakan metode komunikasi alternatif.
Langkah yang keempat adalah menjadi pembelajaran terhadap untuk peserta didik yang lain
Memberikan motivasi terhadap peserta didik yang lain agar memiliki rasa empati.
Langkah yang kelima adalah jangan lupa keterlibatan dengan Orang Tua
Berkolaborasi dengan orang tua peserta didik tentang penyesuaian yang dilakukan dan manfaatnya bagi semua anak didik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H