Assalamu alaikum..Salam dan Bahagia Bapak Ibu Guru hebat
Ruang Kolaborasi Modul 1.4.g.2
1.Dalam kasus di atas langkah-langkah restitusi apa saja yang sudah dijalankan oleh Ibu Santi?
Jawaban:
 1. Menstabilkan Identitas Ibu Santi memanggil Fifi dan Natali untuk berbicara secara langsung. Ini bertujuan untuk menenangkan situasi dan mengklarifikasi apa yang sebenarnya terjadi tanpa memberikan hukuman langsung. Dengan mendengarkan mereka, Ibu Santi membantu menstabilkan emosi kedua murid dan memberikan kesempatan untuk menyampaikan hal apa yang mereka alami. Â
2. Validasi Tindakan yang Salah  - Ibu Santi menanyakan apakah Fifi dan Natali bersedia memperbaiki permasalahan yang ada?
 - Apa yang mereka bisa lakukan untuk menggantikan rasa tidak dihormati Ibu Santi? Â
3. Menanyakan KeyakinanÂ
Apa yang akan mereka lakukan untuk memperbaiki kesalahan?Â
2. Menurut Anda, apakah restitusi yang diusulkan Fifi dan Natali sudah sesuai dengan pelanggaran yang telah dibuat? Apakah langkah-langkah restitusi yang telah diusulkan mereka? Jawaban: Menurut kami restitusi yang diusulkan Fifi dan Natali sudah sesuai dengan pelanggaran yang telah dibuat . langkah-langkah restitusi yang telah di usulkan yaitu:Â
1. Mengadakan sebuah diskusi kelompok dengan teman-teman sekelasnya.Â
 2. Mengirim email kepada Ibu Eni untuk menyampaikan gagasan mereka. Â
3. Memberitahu Kepala Sekolah, Pak Hasan, apabila dilain waktu ada guru yang tidak hadir, maka mereka akan mengusulkan Ibu Eni sebagai guru pengganti.
3. Dalam kasus di atas, posisi apakah yang telah diambil oleh Ibu Eni dalam menangani Fifi dan Natali? Jelaskan jawaban Anda. Jawaban : Posisi yang diambil Ibu Eni adalah sebagai teman. Dengan menggunakan nada suara yang ramah, akrab, dan bercanda. Kalimatnya yaitu: "Ayolah tugasnya dikerjakan, nanti Ibu ditegur Bapak Kepala Sekolah kalau kalian tidak kerjakan tugas. Tolong bantu Ibu ya?"Â
4. Jika Anda adalah Pak Hasan, bagaimana Anda menyikapi langkah yang ditempuh Ibu Santi? Jawaban: Jika saya adalah pak Hasan, Saya akan mendukung keputusan Bu Santi karena posisi kontrolnya adalah sebagai menajer. Posisi di mana guru berbuat sesuatu bersama dengan murid, mempersilakan murid mempertanggungjawabkan perilakunya, mendukung murid agar dapat menemukan solusi atas permasalahannya sendiri. Â