Assalamu alakum.. Salam dan Bahagia Bapak Ibu Guru Hebat
1.4.g. Ruang Kolaborasi Modul 1.4 - Kerja Kelompok
Â
KASUS 1Â
Pertanyaan 1
- Menstabilkan idntitas
Jawaban Bu Shanti memanggil Fitri dan Nataliesecara personal. Bu Shanti tidak menegurmereka di depan kelas atau di depanteman-teman mereka. Bu Shantimenstabilkan identitas dengan caramengajak Fi dan Shanti tenang dankembali ke suasana hati dimana prosesbelajar dan penyelesaian masalah bisadilakukan dengan langkah-langkahsegitiga restitusi.
- Validasi tindakan
Jawaban yang salah Bu Shanti mengkonrmasi kepada Fitridan Natalie tekait laporan bu Enitentang perilaku mereka selamapelajaran berlangsungBu Shanti mampu memahami maksudperbuatan Fitri dan Natalie
- Menanyakan Keyakinan
Jawaban Bu Shanti menanyakan keyakinan Fitri danNatalie tentang nilai-nilai kelas yang merekapercayai dan inginkan
Pertanyaan 2
Restitusi dan Solusi yang diusulkan Fi dan Natalie
- Fi dan Natalie mengakui bahwa perilaku mereka tidak sesuaidengan nilai-nilai keyakinan kelas
- Meminta maaf kepada bu Eni
- Berdiskusi dengan teman satu kelas tentang penerapankeyakinan kelas, yaitu saling menghormati
- Mengirim email kepada Bu Eni tentang gagasan bahwa merekatelah bersepakat tentang penerapan keyakinan kelas
- Memberitahu Bu Eni bahwa bahwa mereka telah memberi tahupak Hasan untuk meminta bu Eni sebagai guru pengganti jika guru lain berhalangan hadir
Pertanyaan 3
Jawaban Posisi yang di ambil oleh ibu eni dalam kasus tersebut adalah posisi teman, dimana ada kalimat "Ayolah tugasnya dikerjakan, nanti bu ditegur Bapak kepala sekolah kalau kalian tidak kerjakan tugas. Tolong bantu ibu!
Pertanyaan 4
Jawaban Saya setuju dan menghormati langkah bu Shanti. Bu Shanti telah melakukan budaya positif dengan menerapkan segitiga restitusidan memposisikan dirinya sebagai "Manager"
Jawaban Dalam memutuskan masalah. Dengan begitu budaya positif di lingkungan sekolah tercipta sehingga guru dapat menumbuhkan motivasi intrinsik siswa.