Mohon tunggu...
Abdullah
Abdullah Mohon Tunggu... Guru - Guru di UPTD SDI BATUTUA KEC. ROTE BARAT DAYA Kab Kote Ndao

Membaca, main Bola. konten ini bertujuan untuk menyebarkan dan membagi praktik baik sesama rekan sejawat baik guru dalam sekolah maupun diluar sekolah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Modul 1.4.f.2 Teori Mtivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi, Terlengkap dari 1 sampai 16 Halaman

1 Agustus 2024   18:21 Diperbarui: 1 Agustus 2024   18:23 120
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamu alaikum. Salam dan Bahagia Bapak Ibu Guru Hebat

artikel ini membahas terkait dengan Modul 1.4.f.2. Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi

Nomor 2

Alasan utama saya melakukannya adalah karena menyakini bahwa tindakan ersebut sesuai dengan prinsip- prinsip yang saya perjuangkannya. Ada tiga motivasi perilaku manusia yang memengaruhi pilihan saya dalam situasi tersebut.

Pertama, ada dorongan untuk menghindari ketidaknyamanan.

Saya berpikir bahwa tindakan tersebut memang akan menyakitkan, saya juga menyadari bahwa jika saya tidak bertindak sesuai dengan prinsip-prinsip saya, saya akan merasa tidak nyaman dengan diri sendiri.

kedua, ada keinginan untuk mendapatkan penghargaan atau imbalan.

Dari tindakan saya tersebut mungkin tidak mendapatkan penghargaan dari orang lain. Tapi saya merasa puas terhadap apa yang saya lakukan karena saya sudah melakukan sesuatu yang menjadi keinginan diri saya sendiri

Ketiga, ada dorongan atau motivasi untuk menjadi orang yang saya inginkan dan menghargai diri sendiri dengan nilai-nilai yang saya yakini. Artinya adalah saya merasa bahwa saya sedang menjadi orang yang teguh pada prinsip-prinsip yang saya pegang. Saya percaya bahwa tindakan tersebut merupakan langkah yang benar sesuai dengan prinsip tadi, jika itu adalah tidak benar maka saya harus menghadapi konsekuensinya.

Nomor 3

Tujuan dari menciptakan nilai-nilai disiplin positif adalah menanamkan motivasi yang ketiga pada murid-murid kita yaitu untuk menjadi orang yang mereka inginkan dan menghargai diri sendiri dengan nilai-nilai yang mereka percaya, tentunya harus ada tuntunan dari seorang pendidik. Ketika murid-murid kita memiliki motivasi tersebut, mereka telah memiliki motivasi intrinsik yang berdampak jangka panjang, motivasi yang tidak akan terpengaruh pada adanya hukuman atau hadiah. Mereka akan tetap berperilaku baik dan berlandaskan nilai-nilai kebajikan karena mereka ingin menjadi orang yang menjunjung tinggi nilai-nilai yang mereka hargai. Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara kita sebagai guru untuk menanamkan disiplin positif yang positif ini kepada murid-murid kita?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun