HAPPINES KARYAWAN DI SAMASTA CAFE
Pendahuluan
SAMASTA Coffee and Eatery merupakan salah satu objek wisata kuliner di Jogja yang baru hits dan viral diberbagai media sosial. Tempat nongkrong di Jogja ini memang terbilang masih sangat baru, karena baru mulai beroperasi pada bulan September 2021 kemarin.Samasta Coffee Jogja ini hadir menawarkan konsep unik yang didesain dengan nuansa tradisional jawa dengan spot-spot menarik dan ditambah dengan pesona alam sekitar yang begitu indah tentu akan menjadi tempat favorit.
Tempat nongkrong terbaru di Jogja ini memang sangat rekomended untuk Anda yang ingin sekedar nongkrong atau berburu spot foto instagramable. Tempatnya cukup luas, nyaman dan fasilitasnya juga sudah terbilang memadai.
Daya tarik utama dari SAMASTA Coffee and Eatery Jogja yakni tempatnya yang menyuguhkan pesona alam sekitar yang menawan. Tempat ini dibangun di kawasan persawahan daerah Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.
Disana pengunjung akan disuguhi pemandangan alam berupa hamparan persawahan hijau yang mengelilingi lokasi Samasta Coffee Jogja. Ditambah lagi lokasinya yang terdapat pepohonan tentu memiliki suasana yang begitu menyejukan nan asri.
Bagi kalian yang ingin melepas penat akan hiruk pikuk perkotaan, Samasta Coffee & Eatery Jogja akan sangat rekomended untuk kalian kunjungi. Selain pemandangan alam yang indah, tempat nongkrong hits di Sleman terbaru ini memiliki desain yang menarik.
SAMASTA Coffee Sleman Yogyakarta dibangun dengan desain yang tak meninggalkan khas kota Yogyakarta. Yakni memiliki desain bangunan tradisional berupa rumah joglo untuk area indoor yang dipadukan dengan unsur kekinian sehingga kesannya terlihat elegan.
ISI I
Definisi Happinest At Work
Happiness at work dapat diidentifikasikan sebagai suatu pola pikir yang memungkinkan karyawan untuk memaksimalkan performa dan meraih potensi mereka, yang dilakukan dengan menyadari tinggi rendahnya perasaan bahagia tersebut ketika bekerja sendiri atau dengan karyawan lain (Jones, 2010).
(Diener,2008) menjabarkan bahwa happiness at work dapat diartikan sebagai perasaan antusias terhadap pekerjaan, bersemangat untuk datang bekerja, memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerja, menunjukkan saling ketergantungan dengan orang lain atau bidang lain di tempat kerja, memiliki performa kerja yang baik, dapat bergaul dengan karyawan lain, bersedia meng- cover atau mau menggantikan jadwal kerja temannya ketika dibutuhkan, bekerja pada beberapa proyek sampingan yang bertujuan untuk meningkatkan tempat kerja, produk, dan pelayanannya terhadap pekerjaan. Sejalan dengan beberapa definisi happiness at work yang diungkapkan oleh beberapa tokoh di atas, maka dapat disimpulkan bahwa happiness at work merupakan suatu perasaan antusias yang dirasakan karyawan terhadap pekerjaan mereka sehingga memungkinkan karyawan untuk memaksimalkan performa mereka dalam bekerja.
Indikator Happines At Work
(Diener,2008) menyatakan bahwa terdapat tiga tipe pekerja yaitu job worker, career worker, dan calling worker. Dan pekerja yang merasa bahagia saat bekerja akan masuk kedalam tipe pekerja yang menganggap pekerjaannya sebagai suatu panggilan calling dalam dirinya. Karyawan dengan calling orientation biasanya mencintai pekerjaan mereka , menganggap bahwa pekerjaan mereka adalah hal yang penting, dan memberikan kontribusi terhadap perusahaan. Karyawan tersebut merasa tertarik dan tertantang oleh pekerjaan sehari-hari yang dilakukan oleh mereka. Pekerja dengan calling orientation bukanlah seorang pekerja yang “gila kerja” akan tetapi mereka mencintai pekerjaan mereka dan percaya pada apa yang mereka kerjakan serta mereka juga senang berlibur tetapi senantiasa akan menikmati ketika kembali bekerja. Karyawan dengan calling orientation dicirikan sebagai berikut: - Menikmati pekerjaan mereka. - Termotivasi oleh rasa ingin berkontribusi terhadap organisasi. - Merekomendasikan pekerjaan mereka. - Berpikir tentang pekerjaan bahkan saat bukan pada jam kerja. - Melakukan pekerjaan karena mendapat reward dari dalam dirinya sendiri
Arti Penting Kebahagiaan di Tempat Kerja
Kebahagiaan di tempat kerja memiliki arti penting bagi individu karena individu yang bahagia di tempat kerja memiliki perasan positif yang membuat individu puas, produktif, dan turnover rendah sehingga menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Intinya individu yang bahagia di tempat kerja akan berdampak positif dan negatif bagi instansi. Dengan melihat adanya dampak positif dan negatif yang didapatkan dari individu yang bahagia dan tidak bahagia, instansi dapat meningkatkan kebahagiaan individu dalam bekerja
Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kebahagian Kerja
(Huppert,2009) menjabarkan beberapa faktor yang mempengaruhi happiness, yaitu:
Dukungan sosial Merupakan gambaran perilaku mendukung kepada individu yang dilandasi emosi positif dari orang-orang yang bermakna dalam hidupnya, terutama keluarga.
Kepribadian Individu dengan kepribadian extrovert senang bergaul, energik, ambisius dan mampu mengontrol hubungannya dengan orang lain akan memunculkan emosi yang positif sehingga cenderung terhindar dari stress.
Usia Happiness dipandang sebagai aspek yang berkembang seiring meningkatnya usia. Menurut Ryff dan Singer 1996, dimensi penguasaan lingkungan dan otonomi terlihat cenderung meningkat dari usia dewasa muda menuju usia paruh baya, dimensi perkembangan pribadi dan tujuan hidup terlihat meningkat dari usia paruh baya menuju masa tua, sementara dimensi penerimaan diri dan hubungan positif dengan orang lain tidak menunjukkan perbedaan usia yang signifikan.
Jenis kelamin Ryff 1989 menjelaskan bahwa ada peran jenis kelamin berkaitan erat dengan happiness seseorang. Hasil penelitian menyebutkan bahwa wanita memiliki skor tinggi pada skala yang menilai fungsi sosial.
Status sosial ekonomi Perbedaan status sosial ekonomi berkaitan erat dengan happiness individu. Dolan, Peasgood White 2008 menyebutkan bahwa individu dengan tingkat sosial dan pendapatan yang tinggi akan memperoleh happiness at work yang lebih tinggi dan cenderung terhindar dari stress.
ISI 2
Penerapan Happines At Work Pada Samasta Coffe
Berdasarkan pada nilai interval diatas yaitu 0,80, maka jawaban responden terhadap masing-masing variabel dikategorikan sebagai berikut:
Skor kategori Sangat Tidak Setuju / Sangat Rendah : 1,00 – 1,80
Skor kategori Tidak Setuju / Rendah : 1,81 – 2,61
Skor kategori Netral / Sedang : 2,62 – 3,42
Skor kategori Setuju / Tinggi : 3,43 – 4,23
Skor kategori Sangat Setuju / Sangat Tinggi : 4,24 – 5,00
Tabel 2a Data Kebahagiaan Kerja
No
Pernyataan
Min
Max
Mean
Ketegori (Tinggi atau rendah)
1.
Saya merekomendasikan instansi tempat kerja saya kepada orang lain
2
5
3,45
TINGGI
2.
Saya mempunyai keinginan bertahan di tempat kerja saya
2
5
3,45
TINGGI
3.
Saya merasa melakukan hal berguna di tempat kerja saya
3
5
4,18
TINGGI
4.
Saya mempercayai visi instansi tempat saya bekerja
2
5
3,73
TINGGI
5.
Saya merasa termotivasi dalam instansi tempat saya bTekerja
2
5
3,73
TINGGI
6.
Saya menyukai pekerjaan saya
2
5
4,00
TINGGI
7.
Saya memperoleh info penting berkaitan dengan pekerjaan saya
2
5
3,73
TINGGI
8.
Saya telah melakukan sesuatu sesuai dengan harapan saya
2
5
3,73
TINGGI
9.
Saya tidak menyukai pekerjaan saya
2
5
4,00
TINGGI
10.
Saya merasa norma dan budaya yang ada di tempat kerja saya sangat cocok dengan diri saya
3
5
4,09
TINGGI
11.
Saya merasakan emosi positif saat saya bekerja (merasa senang, bangga, dll)
3
5
3,80
TINGGI
12.
Saya memiliki dampak positif di tempat saya bekerja
2
5
3,73
TINGGI
13.
Saya menghargai nilai-nilai yang ada dan dianut oleh perusahaan ini
2
5
3,73
TINGGI
14.
Saya memiliki tujuan yang akan saya capai di perusahaan ini dan salah satunya adalah mengembangkan potensi diri saya
3
5
4,36
SANGAT TINGGI
15.
Saya selalu mendapatkan feedback yang positif
2
5
3,36
SEDANG
16.
Saya merasa dihargai di tempat saya bekerja
2
5
3,64
TINGGI
17.
Saya selalu menerima saran dan kritik orang lain
2
5
4,18
TINGGI
18.
Saya tidak melakukan sesuatu yang sesuai dengan harapan saya di tempat saya bekerja
2
5
3,64
TINGGI
19.
Saya selalu mengontrol aktivitas kerja saya setiap harinya
2
5
3,91
TINGGI
20.
Saya begitu menyukai bekerja dengan rekan-rekan kerja saya
4
5
4,45
SANGAT TINGGI
21.
Saya menikmati pekerjaan saya
3
5
4,00
TINGGI
22.
Saya merasa efektif dalam bekerja
3
5
3,82
TINGGI
23.
Saya mampu bertahan ketika menghadapi masalah yang sulit dalam bekerja
2
5
3,64
TINGGI
Mean total
88,35
Total karywan
10
ANALISIS
ANALISIS HAPPINES AD WORK
Tingkat
TINGGI
Alasan
1 karyawan banyak yang merasa senasng bekerja di tempat bekerja nya saat ini
2 karyawan banyak yang memiliki kesamaan visi daan misi tempat bekerja mereka tsb
3 banyak karyawan yg merasa di hargain dalam bkerja dann mrk menikmati pekerjaan mereka
Aspek paling rendah
1. Saya selalu mendapatkan feedback yang positif
Solusi
1 Lebih banyak lagi mengapresiasi kinerjakaryawan dengan cara memberikan feedback yang sesuai
2
Kesimpulan :
Pada item pertanyaan tinggi terdapat kesimpulan yaitu karyawan merasa senang ditempat bkerja sedangkan yang rendah saya selalu mendapatkan feedback positif.
Saran :
tingkatkan lagi kebahagiaan kerja karena akan sangat berpengaruh ke kinerja karyawan dalam kondisi apapun, pasti kebahagiaan kerja untuk meningkatkan kualitas suatu organisasi tidak hanya di samasta coffe tapi untuk seluruh organisasi.
harapan saya pada artikel ini saya mendapatkan banyak manfaat dari mata kuliah ini khususnya di happines at work.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H