Mohon tunggu...
Abdul Aziz
Abdul Aziz Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

UIN SMH BANTEN

Selanjutnya

Tutup

Money

Startegi Penetrasi Pasar yang Belum Diketahui Banyak Orang

27 Desember 2021   00:41 Diperbarui: 27 Desember 2021   03:25 175
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Saya Abdul Aziz dengan Nim 191410016 Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Strategi Penetrasi Pasar

Ekonomi merupakan sektor yang paling esensial dalam sebuah negara. Semua kehidupan bangsa dan negara bermuara pada sektor ekonomi. Salah satu indikator negara maju adalah dinilai dari sektor ekonomi. untuk itu peningkatan ekonomi itu perlu dilakukan untuk pemenuhan kehidupan masyarakat disebuah negara.

Peningkatan ekonomi sulit dilakukan dalam situasi dan kondisi saat ini. Pandemi Covid-19 mengguncangkan perekonomian di seluruh dunia. Seluruh negara berusaha keluar dari lingkaran covid-19 guna memulihkan keadaan seperti semula. Kesehatan dan perekonomian adalah salah satu hal prioritas untuk dipulihkan. Seluruh negara memutar otak untuk menyelamatkan kesehatan dan meningkatan perekonomian. Tiap-tiap negara mempunyai strateginya masing-masing untuk meningkatan ekonomi.

Berbicara ekonomi tidak akan terlepas dari pasar, baik itu pasar nasional maupun pasar internasional. saat kondisi covid-19 ini sulit melakukan pemasaran. Pasar tergoyahkan dengan adanya covid-19 sehingga perekonomian menurun. Maka dari itu perlu adanya strategi penetrasi pasar unntuk meningkatkan perekonomian.

Apakah kalian tahu strategi penetrasi pasar?

Sebelum membahas lebih jauh, baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai strategi. Menurut Stephanie K. Marrus yang dikutip oleh Sukristono, strategi didefenisikan sebagai suatu proses yang nantinya sebagai penentu rencana sebelum pemimpin mempunyai tujuan jangka panjang dalam sebuah organisasi, disertai oleh cara yang diterapkan untuk menggapai suatu tujuan. Lebih lanjut menurut Hamel dan Prahalad mendefinisikan strategi sebagai suatu tindakan yang dilakuukan oleh seseorang yang bersifat meningkat dan terus menerus, serta diimplementasikan pada landasan sudut pandang yang diharapkan oleh pelanggan di masa depan nantinya. 

Selanjutnya kita akan membasah pengertian dari penetrasi pasar. Penetrasi pasar merupakan keberhasilan seberapa banyak penjualan suatu produk atau layanan yang ada di suatu pasar tertentu. Pengukuran penetrasi pasar ini diukur pada jumlah volume penjualan barang atau jasa yang ada .Strategi yang dilakukan bisa dengan melibatkan pelanggan, caranya bisa membujuk untuk membeli . Semuanya dapat diimplementasikan dengan berbagai metode yaitu peningkatan komunikasi pemasaran dan memberikan harga yang kompetitif.

Strategi dan Penetrasi Pasar sudah kita ketahui, baiklah berikutnya kita akan membahas pengertian dari Strategi Penetrasi Pasar. Menurut Igor Ansoff Strategi Penetrasi Pasar merupakan suatu cara untuk meningkatkan pendapatan perusahaan menggunakan pendekatan yang biasa digunakan untuk pemilihan strategi. Dalam pemilihan strategi perlu adanya analisis mengenai produk dan pasar yang akan dituju.

Menurut pemasaran, strategi penetrasi pasa sering sekali dikaitkan sebagai strategi yang dilakukan untuk meningkatkan atau sedalam apa penjualan dari suatu produk atau jasa. Dari sana kita mengetahui bahwasannya semakin dalam penetrasinya maka akan semakin tinggi volume penjualan dari suatu produk. Oleh karena itu apabila seseorang ingin meningkatkan atau memperluas penjualan dari produknya maka pemasar perlu melakukan strategi penetrasi pasar. 

Berikut ini macam-macam strategi penetrasi pasar yang bisa diterapkan :

Strategi Rapid Skimming

Strategi yang pertama ini dilakukan dengan cara menetapkan tingkat kegiatan promosi yang tinggi atau harga penjualan. Dalam mendapatkan laba perunit yang setinggi-tingginya perusahaan perlu juga menetapkan harga yang tinggi, sebelum para pesaing menawarkan produk yang sama

Strategi Slow Skimming 

Strategi yang berikutnya adalah Strategi Slow Skimming. Strategi ini dijalankan dengan cara menetapkan harga jual yang tinggi guna memperolrh keuntungan yang setinggi-tingginya, sebelum para pesaing lainnya memasuki pasar serta menawarkan produk yang sama. Tujuan menetapkan promosi yyang rendah itu bertujuan untuk mencapai kegiatan yang efesiensi dalam pemasaran khususnya dan perusahaan umumnya, sehingga akan mendapatkan lama bersih yang cukup tinggi.

Strategi Rapid Penetration

Strategi ini dilaksanakan denggan menetapkan harga yang rendah dan menerapkan promosi yang tinggi. Strategi ini mempunyai tujuan untuk menyusup di pasar serta dapat masuk dengan cepat di pasar, sehingga dapat di share pada pasar sebesar-besarnya.

Strategi Slow Penetration

Strategi berikut ini menetapkan harga yang rendah pada penjualan dan melakukan kegiatan promosi yang rendah juga. Tujuan dari pemberian harga jual yang rendah adalah diharapkan produk dapat terjual dengan cepat, selain itu pigak perusahan juga melakukan kegiatan yang rendah juga, sehingga lama yang didapatkan akan cukup besar.

Itulah macan-macam strategi penetrasi pasar. Semoga dengan menjalankan strategi yang baik perekonomian dapat meningkat meskipun dalam keadaan covid -19 ini. selamatkan kesehatan pulihkan perekonomian. 

#Sebagai Tugas MK Managemen Pemasaran Syariah Dengan Dosen pengampu Dr.H Syaeful Bahri S.Ag, M.M

•Quote , Satu kata yang terpenting adalah"change, dua kata terindah di hari manusia, terimakasih. Tiga kata yang menghimpit dihari, Aku suliat Berubah. Empat kata yang membunuh, Aku Tidak bisa berubah; Lima kata yang memanggil; Kalau bukan aku lalu siapa?. Enam kata yang menggugah; Binatang saja belajar apalagi kita MANUSIA!!!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun