Mohon tunggu...
Abdi Khalik
Abdi Khalik Mohon Tunggu... Auditor - --Pengamat--

Meninggalkan jejak melalui tulisan. Cek tulisan lainnya -Http://artikelbermanfaat100.blogspot.co.id-

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Kenali Penyebab "Badmood" di Pagi Hari

8 Maret 2018   05:50 Diperbarui: 8 Maret 2018   06:01 716
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto: naturalhypnosis.com

Kenali penyebab badmood mu hari ini guys...

Entah ini sudah dibuktikan melalui penelitian atau belum, namun saya hanya mengkajinya berdasarkan pandangan  dan pengalaman pribadi terkait penyebab bad mood atau kondisi yang mana kita berada dalam keadaan diri yang sulit dimengerti, merasa tidak bergairah melakukan sesuatu, sedih, kecewa, namun sulit untuk mendeskripsikannya.  Jujur, saya sering mengalami hal tersebut.

Tidak mau berlarut-larut dalam kondisi yang membuat saya tidak produktif saya lalu berpikir panjang. Terkait hal ini, saya pernah mendengar bahwa mengawali awal di pagi hari dalam kondisi produktif sebaiknya kondisi kita dalam keadaan "positif". Positif yang dimaksud yaitu fisik dan mental. OK. dari sini saya mulai menyadari beberapa hal yang terkadang membuat saya bad mood sehingga keadaan fisik dan mental saya menjadi "tidak positif". Saya kemuadian membaginya menjadi 2 jenis, fisik dan mental.

Fisik

1. Tidak sarapan pagi dan melewatkan jam makan

Dulu saya sering melewatkan waktu sarapan pagi. Alasanya, saya sering mengalami sakit perut setelah sarapan. Tidak hanya saya, banyak orang pun begitu. Iya sih, kalaupun sarapan lalu sakit perut ujung-ujungnya juga pasti bad mood. Hmmh. Tapi, kita tentu mengenal energi yang dibutuhkan dalam menjalani hari, nah energi tersebut dapat diperoleh saat sarapan pagi. 

Sebenarnya ini hanya masalah kurang pembiasaan atau makanan yang dimakan saat sarapan tidak cocok untuk kita. Cobalah makan dengan makanan yang simple namun tetap sehat dan menyenangkan, misalnya bubur ayam, roti selai, atau jajanan kue tradisonal yang bisa ditemukan dikompleks rumah kita. Ingat jangan berlebih-lebihan. O  iya mungkin kalian pernah dengar kalimat ini "kamu rese kalau lagi lapar" ya seperti itulah..hehehe.

2. Istirahat tidak cukup

Istirahat yang tidak cukup bisa membuat bad mood. Saya tidak dapat mematok jam istirahat yang cukup itu seperti apa (walau sebenarnya sudah  ada kajian ilmiahnya), namun istirahat yang cukup disini adalah menurut kondisi kamu ya. Ada orang memiliki lama tidur dibawah 6 jam atau bisa lebih dan itu membuat mereka merasa nyaman dan fresh saat bangun. 

Dikatakan tidak cukup yaitu saat kamu tidur kurang atau bisa lebih dari jam tidur sebenarnya. Kenapa? mungkin saja tubuh kamu syok dengan kondisi yang berubah. Saya pun sering mengalamai hal ini, jadi sebaiknya kalian harus perkirakan berapa jam sebenarnya jam tidur yang "cukup untuk kamu".  

Mental

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun