Mohon tunggu...
A. Latif
A. Latif Mohon Tunggu... Karyawan Swasta -

Belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Listrik Prabayar & Aplikasi Listrik Online, Inovasi PLN Memanjakan Pelanggan

10 April 2016   17:41 Diperbarui: 4 April 2017   18:23 3153
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

[caption caption="Kartu Listrik Prabayar. Foto Pribadi"][/caption]Pengalaman ketika membangun rumah pribadi pada tahun 2012 lalu, hal yang menjadi pertimbangan utama bagi saya adalah lokasi, ketersediaan air bersih, akses jalan dan listrik. Lokasi sudah didapatkan sesuai kebutuhan yaitu dekat dengan kantor dan fasilitas umum lainnya seperti sekolah, pasar dan rumah sakit, akses jalan baik dan cukup lancar, aliran air bersih cukup dan jaringan listrik tersedia maka akhirnya jadilah saya membangun rumah pribadi di kota Palembang. Ketika pembangunan rumah sudah berjalan sekitar 50% maka kemudian saya mencari informasi untuk mendaftar pemasangan air bersih dan listrik.

Khusus untuk pemasangan lisrik, berawal dari browsing di internet guna mencari alamat kantor PLN terdekat di mana sebelumnya saya berniat untuk datang dan mendaftar secara langsung (offline), Dari hasil browsing tersebut  akhirnya didapat info bahwa untuk pasang baru listrik bisa dilakukan secara online dengan jenis listrik prabayar. Saat itu listrik prabayar atau sering disebut juga listrik pulsa masih asing bagi saya. Setelah membaca-baca, masih dari website PLN tersebut, akhirnya saya mengetahui bahwa  listrik prabayar ini merupakan inovasi terbaru dari PLN dengan berbagai kelebihannya guna memberikan kenyamanan bagi pelanggan. Selanjutnya dengan mengikuti tools-tools online yang tersedia di website tersebut, saya  bisa memenuhi  berbagai kebutuhan saya terkait listrik tanpa harus datang langsung ke kantor PLN. Semua saya lakukan di rumah dengan penuh kenyamanan. Sebuah kemajuan dan inovasi yang patut dibanggakan dari PLN dalam mengikuti kemajuan teknologi guna memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat modern yang menginginkan berbagai proses yang ingin semua cepat, praktis, aman, applicable dan bisa dimonitor prosesnya.

Beberapa aplikasi online yang saya lakukan di website PLN antara lain pasang baru, migrasi meteran, pembelian token dan beberapa kendala yang akhirnya bisa saya selesaikan melalui layanan call centre PLN di nomor telepon (kode area) - 123.

Pasang Baru Listrik Prabayar                                                                                                                                                            

Pendaftaran pasang baru saya lakukan dengan mengikuti tahapan aplikasi pasang baru di website PLN.  Dimulai dari tahapan pendaftaran  yang meliputi tahapan permohonan (meliputi tahapan penerbitan registrasi dan pembayaran) yang kemudian dilanjutkan pada tahap penyambungan  (meliputi tahapan cetak perintah kerja, dinyatakan siap sambung, penyalaan dan terakhir pencatatan administrasi).  Seluruh proses saya ikuti sekitar 4 (empat) bulan. Pada tahapan permohonan dilanjut secara otomatis mendapat nomor registrasi yang diterima melalui email, sekitar 1 minggu kemudian kembali menerima email untuk dilakukan pembayaran ke loket PLN. Setelah dilakukan pembayaran ada proses penangguhan yang cukup lama, di mana setelah saya follow up melalu call centre PLN 123 diketahui bahwa penangguhan tersebut karena proses pengadaan meteran secara bertahap tetapi kemudian proses berjalan lancar di mana setelah itu saya menerima telepon langsung oleh petugas PLN untuk melakukan pemeriksaan lokasi. Setelah petugas melakukan pemeriksaan langsung dan dinyatakan layak beberapa hari kemudian dilakukan pemasangan meteran dan listrik di rumah baru saya pun menyala. Semua berjalan dengan sendirinya sesuai tahapan-tahapan yang bisa saya monitor terus perkembangannya secara online dan tanpa tambahan biaya apapun kecuali biaya pasang baru yang secara resmi saya setorkan melalui loket di kantor PLN.

[caption caption="Pasang Baru Online PLN. Foto Pribadi"]

[/caption]Migrasi meteran

Selain pengalaman pasang baru listrik di atas, aplikasi online PLN lainnya yang sudah saya lakukan yaitu migrasi meteran dari sebelumnya memakai listrik pascabayar beralih ke listrik prabayar. Migrasi meteran ini saya lakukan untuk rumah saya di kota Indralaya (Sekitar 30 km dari Palembang) yang saya fungsikan sebagai kos-kosan untuk beberapa orang mahasiswa.  Sama seperti pasang baru di atas, proses migrasi inipun saya jalani secara online melalui website PLN.  Tahapan-tahapan migrasi ini pun sama seperti tahapan pasang baru yang sudah pernah saya ikuti prosesnya, dimulai  dari pendaftaran  : permohonan, penerbitan registrasi, pembayaran kemudian dilanjutkan pada tahap penyambungan : cetak perintah kerja, dinyatakan siap sambung, penyalaan dan pencatatan administrasi.  Seluruh proses migrasi ini saya ikuti sekitar 6 (enam) bulan. Setelah pembayaran biaya sempat terjadi penangguhan beberapa waktu, saya pun kembali memfollow up hal tersebut melalui call centre PLN 123. Setelah membuat laporan sayapun diinfo bahwa penangguhan terjadi karena antri meteran prabayar yang turun secara bertahap yaitu 100 unit sekali dikeluarkan, tetapi pengajuan migrasi saya sudah masuk dalam daftar antri. Tidak lama menunggu akhirnya saya pun dihubungi melalui telepon oleh petugas PLN bahwa meteran sudah tersedia dan migrasi /penggantian meteran akan dilakukan besok harinya, saya diminta menyiapkan materai Rp 6000 sebanyak 2 lembar. Tanpa kendala dan tambahan biaya apapun, akhirnya meteran listrik prabayar untuk rumah kos saya pun akhirnya terpasang.

[caption caption="Pasang Baru Online PLN. Foto Pribadi"]

[/caption]Beli Token Online

Untuk transaksi pembelian token listrik prabayar, selain bisa membeli langsung ke beberapa merchant yang sudah kerjasama dengan PLN misalnya Alfamart dan Indomaret, pembelian token bisa dilakukan secara online melalui fasilitas internet banking. Dan fasilitas ini yang selalu saya pakai selama ini. Tahapannya yaitu dimulai dengan masuk ke website bank penyedia layanan internet banking, masuk ke fasilitas pembayaran, pilih pembayaran listrik prabayar dan ikuti langkah-langah selanjutnya dengan memasukkan nomor ID Pelanggan atau nomor meteran kita. Prosesnya sangat mudah, kita bisa membeli kebutuhan token listrik prabayar kita di manapun berada selama ada sinyal internet.

 [caption caption="Pembelian Token Listrik Prabayar Online. Foto Pribadi"]

[/caption]Call Centre PLN : (Kode area) – 123

Guna memudahkan dan memenuhi kebutuhan pelanggannya, PLN pun menyediakan layanan call centre melalui nomor (kode area) – 123. Saya yang berada di kota Palembang menghubungi nomor 0711 – 123 untuk berbagai layanan PLN saya. Melalui layanan call centre ini kita bisa meminta informasi dan bantuan terkait layanan tagihan pelanggan, keluhan pelanggan, pasang baru dan lain-lain. Beberapa kali saya menghubungi call centre ini antara lain saat memfollow up status permohonan pasang baru, migrasi meteran serta pernah sekali saya menghubungi call centre ini karena kehilangan nomor token yang saya beli, dengan menyebutkan ID PEL atau ID meter nomor token bisa kembali saya dapatkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun