Mohon tunggu...
Encang Zaenal Muarif
Encang Zaenal Muarif Mohon Tunggu... Guru - Guru, Penulis Lepas, Youtuber, Petani, Pebisnis Tanaman

Tak kenal maka tak sayang. Guru Bahasa Inggris di SMA Negeri 3 Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat. Pemilik kanal YouTube Abah Alif TV dan Barokah Unik Farm. Mantan wartawan dan Redaktur Pelaksana SK Harapan Rakyat. Ketua Yayasan Al Muarif Mintarsyah sekaligus pendiri SMP Plus Darul Ihsan Sindangkasih. Kini aktif di PGRI dan diamanahi sebagai Ketua PGRI Cabang Kec. Banjar dan sekretaris YPLP PGRI Kota Banjar. Untuk menyalurkan hobi menulis, aktif menulis di berbagai media cetak dan media online. Karena seorang anak petani tulen, sangat suka bertani dan kini menjadi owner Toko Barokah Unik Tokopedia, yang menjual berbagai jenis bibit tanaman, di antaranya bibit kopi, alpukat dan lain sebagainya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Koneksi Antarmateri Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

31 Oktober 2024   10:33 Diperbarui: 31 Oktober 2024   10:52 954
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : Dokpri. Kepala SMPN 1 Banjar, Bapak Aa Hasan Gunara  sharing pengalaman dalam hal pengelolaan sumber daya sekolah

Koneksi Antar  Modul 3.2

Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya 

Oleh : Encang Zaenal Muarif

CGP Angkatan 11 Kota Banjar

 

  • Koneksi Modul 1.1 dengan Modul 3.2 

Modul 1.1 mempelajari tentang filosofis pemikiran Ki Hajar Dewantara yang salah satunya menelaah tujuan pendidikan yaitu, "menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat".

Hal ini jelas erat sekali kaitannnya dengan modul 3.2 tentang Pemimpin dalam pengelolaan sumber daya, yang menyebutkan bahwa seluruh aset atau kekuatan yang dimiliki oleh sekolah harus benar-benar dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan belajar murid.

  • Koneksi Modul 1.2 dengan Modul 3.2  

Isi dari modul 1.2 adalah tentang nilai dan peran guru penggerak. Nilai guru penggerak yaitu mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif dan berpihak pada murid. Sedangkan peran guru penggerak adalah menjadi pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktisi, menjadi coach bagi guru lain, menjalin kolaborasi antar guru serta mewujudkan kepemimpinan murid.

Seluruh nilai dan peran guru penggerak tersebut erat sekali kaitannya dengan pengelolaan sumber daya. Terutama dalam memanfaatkan sumber daya manusia, guru penggerak memiliki peranana untuk menggerakkan komunitas praktisi, menjadi coach bagi guru lain, menjalin kolaborasi. Artinya, peranan guru penggerak sangat berkontribusi terhadap peningkatan serta optimalisasi kebermanfaatan sumber daya mansia di sekolah.

  • Koneksi Modul 1.3 dengan Modul 3.2  

Modul 1.3 tentang visi guru penggerak sangat erat kaitannya dengan modul 3.2 tentang pemimpin dalam pengelolaan sumber  daya. Dengan berpatokan pada visi guru penggerak yang telah dirancang, berdasar pada tujuan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila yang beriman bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkibhinekaan global, gotong royong, kreatif, mandiri dan bernalar kritis, seorang pemimpin akan mengelola sumber daya yang dimiliki sekolah dengan sebaik-baiknya demi pencapaian visi tersebut.  

  • Koneksi Modul 1.4 dengan Modul 3.2 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun