Penting ngga sih Kemasan itu ?
Jika kamu sudah punya sebuah produk , tetapi belum punya desain untuk kemasan produk kamu ? nah saat ini kamu harus membuatnya !
Kemasan sebuah produk itu sangat berpengaruh untuk penjualan kamu lho ..
Oke kalau kamu sudah punya desain produk kamu , tapi apakah desain kemasan kamu sudah menarik dipasaran ?
Mungkin beberapa orang berfikir kualitas sebuah produk jauh akan lebih penting daripada kemasan sebuah produk , padahal kualitas produk , pemasaran , pelayanan bahkan kemasan itu akan mendukung satu sama lain lho ..
kemasan juga sangat berperan dalam keputusan konsumen untuk melihat bahkan membelinya .
Riset dibeberapa Negara membuktikan bahwa sebuah kemasan bisa mendongkrak penjualan sebuah produk.
Berikut kami berikan fungsi penting dari sebuah kemasan :
Pertama Menambah daya tarik . Kemasan bisa menambah daya tarik konsumen untuk membelinya. Bahkan kalau desain kamu menarik atau unik mereka akan menyimpan kemasanmu dengan baik ( mgkn juga dibuat hiasan dimeja ) dan tidak akan membuangnya . Maka dari itu tugas kamu harus mencari seseorang yang bisa membuat desain kamu agar lebih menarik dari yang lainnya .Â
Kedua Fungsi kemasan itu akan menjadi pembeda maksudnya Kemasan akan jadi identitas bisnis kamu . Kamu bisa membuat produk kamu lebih special dari yang lainnya. Jika kemasan produk kamu lebih menarik itu akan lebih mudah diingat kok oleh para penggemarmu .
 Ketiga kamu bisa memberikan logo , tagline , website , media social dan lain-lain di kemasan produk kamu yang gunanya untuk mempromosikan produkmu , namun harus diingat juga jangan sampai informasi tersebut memenuhi desain kemasanmu lo ya , karena akan membuat tidak menarik atau tidak enak dipandang jadinya .Â
Keempat Nah kemasan pastinya akan berfungsi sebagai pelindung produk kamu agar tidak mudah rusak. Maka dari itu konsumen harus menerima produk kamu dengan keadaan yang sehat walafiat lho ya guys .. Jika konsumenmu senang maka kepercayaan konsumen akan terus bertambah.Â
Dan yang terakhir ini yang paling penting Saat pengiriman kemasan akan mejadi pahlawan sepenuhnya untuk memberika pelindungan produkmu jika tertimpa produk lain atau terjauh . untuk itu kemasan juga melindungi produkmu agar isi nya tidak mudah tergores atau basah yang akan menjadi cacat yang membuat konsumenmu akan kecewa berat sama kamu .
Selain itu ada survey yang menyatakan jika seorang konsumen hanya memerlukan beberapa detik saja untuk mengenali sebuah produk. Nah coba deh pikirkan kalau kemasan produk kamu berbentuk unik atau desain labelnya menarik perhatian .. meraka pasti akan langsung ambil tuh produk kamu . engga usah butuh waktu lama untuk mereka memilih . nah dari sini kita tau juga kalau sebuah kemasan menjadi senjata untuk menarik perhatian konsumen.
Jangan takut untuk mengekpresikan kemasan produk kamu, berani tampil beda itu lebih baik kok. Karena para konsumen itu langsung akan melihat, menimbang dan membelinya.
Kebanyakan para konsumen juga tidak akan membaca detail tentang suatu produk tersebut kok. Yang memegang peranan penting dalam proses pembelian saat itu adalah warna dan bentuk kemasan lho…
Gini deh saya kasih contoh aja kali ya ..
diluar sana kan banyak pengusaha makanan ringan yang hanya melakukan repackaging
atau mengemas ulang saja dari produk. Contohnya Keripik Buah. Hampir Para pengusaha pada makanan tersebut hanya mengemas keripik yang dibuat oleh home industry. Kemudian dengan kepiawaiannya di bidang pemasaran, keripik buah yang berasal dari home industry tadi mampu menembus pasar di supermarket. Bahkan, dijadikan persediaan oleh-oleh khas daerah
tertentu. Gmn bias kyk gitu ya ? mereka mungkin memberikan kemasan yang mampu melindungi produk tadi , membuat produk itu menjadi mudah untuk disimpan dan dipindahkan, memberikan beberapa informasi tentang produk, menciptakan daya tarik saat didisplay, ramah lingkungan, memberikan kenyamanan, serta harga yang ekonomis.
Zaman dulu (tradisionalnya) mungkin beberapa orang memilih produk dengan harga rendah dan kualitas produk juga yang pas-pasan. Namun beda dengan yg sekarang Para konsumen akan memilih sebuah produk dengan penampilan yang menarik dengan harga yang sangat terjangkau
Nah Sekarang kita tahu bahwa kemasan sebuah produk juga memiliki peran yang cukup penting dalam sebuah pemasaran. Maka sebaiknya kita dapat menentukan kemasan yang tepat . Kita tidak boleh sembarangan dalam menentukan kemasan barang karena kemasan yang buruk juga akan menjauhkan pembeli. Itulah sedikit pembahasan singkat kita tentang pentingnya kemasan untuk produk usaha.
Info lebih lanjut kunjungi www.kemasan.net
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H