Mohon tunggu...
ANDRIANI
ANDRIANI Mohon Tunggu... Guru - GURU SENI BUDAYA

SAYA ANDRIANI SEORANG GURU SENI BUDAYA YANG MEMILIKI HOBI DAN KETERTARIKAN PADA BIDANG MENARI, MUSIK DAN MENYANYI.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Rendahnya Minat Siswa Dalam Mempelajari Teori Musik Kelas 8 SMPN 5 Palembang, Oleh Andriani, S.Pd

13 Januari 2024   23:34 Diperbarui: 14 Januari 2024   11:40 241
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

          Rendahnya minat siswa dalam mempelajari seni musik secara teoritis disebabkan siswa malas kalau sudah berhubungan dengan numerasi (angka dalam musik ) seperti perhitungan nilai not yang harus digunakan dalam aransemen lagu agar selaras dan harmoni dan ini tidak bisa terjadi secara instan seperti yang ingin di lakukan siswa maunya bisa main musik secara instan tidak mau mempelajari teori musik . sebenarnya tidak ada masalah selagi siswa itu memang punya bakat tersendiri . Tetapi untuk ke estetikanya seni musik harus di pelajari terlebih dahulu tidak bisa secara instan.Para siswa ingin bernyanyi dan main alat musik seperti itu langsung tanpa ada teori-teori.

           Minat siswa tergolong rendah karena sarana prasarana tidak cukup di sekokah sehingga untuk mempraktekannya harus bergantian,sedangkan siswa yang punya bakat tapi pemalu dia tidak mau menunjukkannya karena sendirian mempraktekannya sedangkan siswa yang berani tampil dan memiliki bakat hanya saja tidak punya alat musik juga tidak bisa langsung mempraktekan karena alat music yang minim, karena itu jika prasarana lengkap maka siswa dapat memainkan alat musiknya secara bersama sama.Faktor lain yang bisa terjadi karena rendahnya motivasi siswa dalam pembelajaran seni musik adalah faktor orang tua ,lingkunga. Dan ekonomi.

          Orang tua beranggapan anak band itu urakan, anggapan seperti itu adalah anggapan yang tidak benar apalagi kalau kita belajarnya di sekolah orang tua juga bisa tau bahwa anaknya punya kemampuan bermusik dan juga pempelajari seni musik ini adalah ilmu yang mahal, di mana semua alat musik itu mahal dan kalau mau belajar bermusik di luar (informal) biaya yang dikeluarkan lumayan mahal, Di zaman modern ini belajar alat musik itu bisa di mana saja bukan hanya di sekolah tetapi kita bisa memanfaatkan IT dalam pembelajaran bermusik apalagi untuk merangsang siawa untuk berkreatif dalam pembelajaran di kurikulim merdeka . Sehingga dapat menciptakan generasi yang mampu beradaptasi dan berkembang di era globalisasi yaitu pembelajaran kreatif dan inovatif

            Berdasarkan pengamatan selama proses pembelajaran di kelas di dapat belum terbiasaanya peserta didik dalam  membudayakan literasi di lingkungan sekolah dan keluarga terutama  lietrasi mengenai not,tangga nada yang memerlukan perhitungan. Kurangnya minat  dan apresiasi terhadap musik. Kurang tertariknya peserta didik terhadap seni musik juga karena guru belum mengembangkan model pembelajaran yang interaktif. Dimana suasana kelas itu termasuk hal yang menurunkan minat peserta didik terhadap musik karena suasana kelas tidak mendukung kemudian kurang mampunya guru merangsang siswa dalam berpatisipasi dalam pembelajaran seni musik sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam pembelajaran seni musik belum lagi guru yang belum memahami kebutuhan belajar siswa sehingga siswa kurang tertarik pada pembelajaran seni musik Dimana guru belum pahamdalam merancang dan membuat media yang sesuai dengan gaya belajar siswa sehingga ini sangat mempengaruhi motivasi belajar siswa.

         Hal ini juga terkait dengan guru belum terbiasa dengan tekonologi, guru belum berperan aktif dalam perkembangan teknologi dalam pembelajaran  sehingga pembelajaran seni musik itu menjadi monoton sehingga peseta didik kurang termotivasi .Dengan metode pembelajaran yang berbasis teknologi karena guru merupakan garda terdepan dalam Pendidikan sebagai garda terdepan guru dituntut menjadi guru professional dalam hal apapun. Tetapi karena berbagai hal kebanyakan guru tidak mampu tidak mau untuk mengikuti kemajuan di era globalisasi sehingga menyebabkan keterbelakangan pembelajaran di sekolah itu. Dimana sarana media TIK yang terbatas pengadaanya di sekolah , penyebab lainnya guru yang kurang kreatif dalam membuat bahan ajar di zaman yang modern ini seharusnya guru dapat memanfaatkan dan menggunakan teknologi yang ada untuk merancang pembuatan bahan ajar khusus nya seni musik  agar tujuanpembelajaaran tercapai .

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun