1. Mengingat-ingat ekosistem, bayangkan sekolah atau salah satu sekolah tempat Bapak dan Ibu bertugas.
Apa bagian-bagian yang ada dari sekolah tersebut sebagai sebuah ekosistem?
jawab :Â
bagian yang ada  di sekolah : guru, murid, staff usaha, gedung, peralatan di bengkel, sarana prasarana praktek, sarana prasarana olahragaÂ
2. Apa saja yang bisa Anda sebut sebagai sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah?
Perhatikan untuk tidak terpaku pada hal-hal yang kelihatan ?
jawab :Â
SDM yang melimpah, karena di sekolahkami ada kurang lebih 102 guru, 35 staff karyawan, 2100 siswa
budaya sekolah yang dijalankan : mulai budaya industri, budaya masuk sekolah pukul  06.30 wib
sarana dan prasarana yang memadai dari peralatan yanga da dibnegkel (tempat praktik), maupun sarana prasarana yang ada di kelas
teknologi  IT (sistem LMS yang saat ini sedang dikembangkan)Â
3. Refleksikan sosok pemimpin atau kepala sekolah yang memimpin sekolah tersebut.
Apa hal-hal yang paling diingat dari sosok pemimpin tersebut, terkait dengan perannya di ekosistem sekolah serta pelibatan/pemanfaatan sumber daya yang ada?Â
jawab :Â
bapak kepala sekolah kami adalah orang disiplin, orang yang memiliki visioner ke depan, selalu menekankan pemberian pelayanan yang maksimal kepada siswa (student center), memaksimalkan sumberdaya dan potensi yang ada, mengembangkan LMS (learning management sistem) dan selalu berusaha memberikan kesejahteraan kepada semua warga sekolahÂ
4. Jadi, seperti apa peran pemimpin yang ideal itu, khususnya dalam hal memanfaatkan semua bagian dari ekosistem dan mengelola sumberdaya yang ada di dalam dan sekitar sekolah?Â
jawab :
pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang bisa  memanagemen sekolah dengan baik, bisa menjadi contoh bagi karyawannnya, mempunyai rasa empati yang tinggi, mempunyai visi dan misi yang jelas dengan mengedepankan kebersamaan. memiliki jiwa bertanggungjawab dan sifat mengayomi kepada anggotannyaÂ
5. Silakan refleksikan, posisi diri Bapak dan Ibu dalam ekosistem sekolah.
Sejauh mana Bapak Ibu sebagai guru atau peran lainnya telah memanfaatkan sumber daya sekolah?Â
jawab :
saat ini saya mempunyai peran sebagai wali kelas, dimana saya mempunyai tanggungjawab untuk mendampingi dan juga mengarahkan siswa-siswi saya selama 3 tahun kedepan, sesuai dengan arahann dari bapak kepala sekolah, untuk memaksimalkan pelayanan kami, maka disini saya juga mengadakan home visit, untuk mengetahui kondisi keadaan orang tua siswa, baik secara ekonomi maupun secara keseharian siswa kami. dalam kapasitas sebagai wali kelas, kami juga berperan aktif untuk menyampaikan program-program ungulan bapak  kepala sekolah, dimana selain untuk menyampaikan progres perkembangan sekolah, sebagai juga sarana dan prasarana kami untuk mempromosikan  sekolah.Â
6.Â
Apa saja harapan pada diri Bapak dan Ibu sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?
- Diri sendiri
- Murid
- Sekolah
jawab :Â
sebagai guru : dengan sumber daya yang saya miliki saya berusaha untuk selalu memberikan pelayanan  yang terbaik buat siswa-siswi kami, juga dapat menularkan ilmu yang saya punyai kepada mereka.
murid :  merasa nyaman, aman dan  bahagia, dalam artian selama mereka menuntut ilmu di sekolah kita, segala potensi yang dimiliki oleh siswa-siswi kami dapat  kita maksimalkan, dapat kita tumuh kembangkan sehingga kedepannya memudahkan mereka dalam mengarungi kehidupan dengan cara mudah mencari pekerjaan
sekolah : bisa menjadi sekolah yang benar-benar dicintai dan diminati oleh warga masyarakat, sesuai dengan visi sekolah kami yaitu : Terwujudnya sumber daya manusia (lulusan) bertaraf dunia yang dilandasi iman dan taqwa serta keunggulan lokal, visi sekolah kami :Â
- Memberdayakan potensi yang ada
- Meningkatkan menejemen pelayanan dan kepuasan kerja
- Menciptakan iklim organisasi yang sehat
- Meningkatkan sumber daya manusia secara terus menerus
7. Apa saja kegiatan, materi, manfaat, yang Bapak dan Ibu harapkan ada dalam modul ini?Â
jawab :
Dengan menyadari betapa banyak sumber daya yang dimiliki sekolah, tentu  banyak harapan yang ingin kami  capai setelah mempelajari modul ini. antara lain :Â
- kami berusaha mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki sebagai suatu kekuatan dan aset.
- kami dapat merencanakan, menginisiasi dan mengorganisasi kerangka program pengembangan sekolah yang mendorong kepemimpinan murid berbasis data dan bukti.
- kami dapat memfasilitasi pelibatan orang tua/wali murid dan masyarakat dalam pengembangan sekolah untuk peningkatan kualitas belajar murid.
- dan kami dapat menggunakan sumber daya sekolah secara efektif untuk meningkatkan kualitas belajar
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H