Pesatnya perkembangan teknologi berdampak pada dunia penyiaran. Arti teknologi dalam dunia penyiaran adalah mengubah model penyiaran tradisional menjadi penyiaran digital dengan melibatkan peran pribadi penyiar. Dengan munculnya teknologi digital, jumlah penyiar meningkat
Ini juga memungkinkan individu untuk menyiarkan berbagai jenis konten. Melalui YouTube dan media sosial lainnya, orang dapat dengan mudah menyiarkan dan membuat berbagai jenis konten digital. Namun belakangan ini, podcast tidak hanya dikemas dalam bentuk audio, tetapi juga dalam bentuk video. Sama seperti di YouTube, beberapa pembuat konten membuat konten YouTube mereka sendiri berdasarkan konsep podcast siaran. Jadi definisi podcast bisa merujuk pada podcast audio atau podcast video.
Istilah podcast dapat diartikan sebagai materi audio atau video yang tersedia di Internet, yang dapat secara otomatis ditransfer ke komputer atau pemutar media portabel secara gratis atau dengan berlangganan (Fadilah, 2017).
Sejak tahun 2018, podcasting di Indonesia berkembang sangat pesat, dan jumlah penggemarnya meningkat secara signifikan. Maklum, hingga Mei 2020, jumlah pendengar podcast di Indonesia terus bertambah, dan kini telah mencapai kawasan dengan jumlah pendengar terbanyak di Asia Tenggara, yakni sebanyak 20% pengguna mendengarkan podcast setiap hari. bulan. Peningkatan jumlah penonton menyebabkan munculnya beberapa aplikasi media streaming seperti PodMe, Noice, dan Spotify pada tahun 2019.
Sebagai media penerbitan, perkembangan podcast juga didukung oleh berbagai platform. Beberapa platform ini termasuk Apple Podcast, Anchor, Google Podcast, SoundCloud, Spotify, dll. Yang lebih menarik adalah platform seperti Anchor.
Anchor merupakan salah satu platform dengan pertumbuhan tercepat. Kemudahannya untuk mendistribusikan podcast secara gratis menjadikan Anchor sebagai platform podcast yang paling banyak digunakan di Indonesia. Anchor dapat secara otomatis mendistribusikan konten ke berbagai layanan distribusi lainnya, yaitu Spotify, Castbox, dan Google Podcast. Hal ini menunjukkan bahwa publikasi podcast tidak terbatas hanya pada satu aplikasi atau platform saja, podcast juga memungkinkan pembuat konten untuk dengan mudah mempublikasikan kontennya ke berbagai platform.
Alasan mengapa saya tertarik memilih podcast sebagai media penyampaian informasi adalah karena mudah dalam pembuatannya. Tidak membutuhkan banyak biaya untuk menggunakan alat perekam atau microphone saja. Konten podcast bisa dibuat, tidak seperti video blog yang harus diinvestasikan.
Kamera canggih untuk mendapatkan foto yang bagus. Selain itu, kita bisa bebas menentukan formatnya, tidak harus mirip siaran radio.
Alasan kenapa saya tertarik dan memilih podcast untuk media menyampaikan informasi yaitu karena kemudahannya untuk di produksi, tidak mengeluarkan banyak modal bermodal alat rekaman atau microphone saja sudah bisa membuat konten podcast, tidak seperti vlog yang harus bermodal kamera yang canggih supaya mendapat gambar yang bagus. Selain itu saya juga bisa bebas menentukan format, tidak harus mirip dengan siaran radio.
saya ada sedikit ada pengalaman saat pertama kali membuat podcast,persiapan yang awal saya harus siapkan yaitu sebuah naskah dan setiap naskahnya itu harus diketik, sampai pada akhirnya ia cukup percaya diri untuk bercerita sejalannya sendiri tanpa ada naskah seperti bercerita tentang keresahan hidup saya dan kegiatannya sehari hari. Ketika ia mendengarkan berita, menemukan film, bacaan buku dan musik yang menarik, saya berusaha mengekstrak inti sarinya dan kemudian saya membuat konten dan mulai menceritakan kepada pendengar.saya  paling sering membicarakan topik tentang aktualisasi diri dan paradoks hidup dalam podcast, seperti bercerita tentang perbedaan zaman dahulu dan sekarang, tetapi tetap isi konten yang saya bawakan salahsatunya mengenai keresahan yang saya alami. Menurut saya, sistem seperti itu harus dilakukan dengan jujur.
Podcast Awal Minggu merupakan podcast yang tidak membawakan materi atau topik secara spesifik. Topik yang dibahas di podcast Awal Minggu ini beragam dari mulai menceritakan keseharian saya yang Menurut saya lucu dan ingin saya bahas di podcast saya.
tentunya saja ada sebuah strategi yang dimiliki untuk menarik banyak pendengar. Salah satu strategi nya yaitu strategi komunikasi yang digunakan podcaster dalam membuat konten podcast. Strategi komunikasi sangat penting dilakukan, karena berhasil tidaknya kegiatan komunikasi secara efektif paling banyak ditentukan oleh strategi komunikasi nya sendiri. Strategi pada hakikatnya yaitu perencanaan dan manajemen dalam mencapai sebuah tujuan. Akan tetapi, untuk mencapai sebuah tujuan ,strategi tidak berfungsi sebagai peta jalan melainkan harus mampu menunjukkan bagaimana taktik operasionalnya.
Strategi komunikasi yang digunakan oleh podcaste yang pertama yaitu konsisten, konsisten dalam mengunggah konten podcast di platform digital seperti Spotify setiap hari Senin. Alasan saya pada saat itu memilih untuk mempublikasikan podcast saya di platform digital Spotify karena Spotify lebih banyak menjangkau audiens dibanding platform digital lainnya. Menurut saya, Spotify  menarik banyak sekali pendengar-pendengar baru, yang pada awalnya hanya kisaran 5.000 pendengar sekarang dapat mencapai kisaran 8.000 pendengar.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H