Mohon tunggu...
Shalsabilla Rizka Setyowati
Shalsabilla Rizka Setyowati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Student of University Muhammadiyah Malang

i'm a dreamer, and i hope my dream is come true

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

PMM UMM Memberikan Sosialisasi Strategi Branding di SMK Muhammadiyah Singosari

2 Januari 2022   05:35 Diperbarui: 2 Januari 2022   09:33 288
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Dr. Yulist Rima Fiandari sedang menyampaikan materi tentang Strategi Branding dan Komunikasi Pemasaran Pada Media Sosial

Sekolah harus memanfaatkan teknologi media sosial sebagai sarana mempromosikan diri kepada khalayak. Di era serba internet seperti saat ini, sekolah harus bisa memanfaatkan keberadaan media sosial yang memiliki peran penting menyebarkan informasi kepada khalayak. Mahasiswa yang tergabung dalam Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Mitra Dosen mengadakan pendampingan kepada SMK Muhammadiyah 3 Singosari.

Foto Dr. Yulist Rima Fiandari sedang menyampaikan materi tentang Strategi Branding dan Komunikasi Pemasaran Pada Media Sosial
Foto Dr. Yulist Rima Fiandari sedang menyampaikan materi tentang Strategi Branding dan Komunikasi Pemasaran Pada Media Sosial

Pendampingan dilakukan dengan memberikan sosialisasi kepada tenaga pengajar di SMK Muhammadiyah 3 Singosari mengenai pentingnya branding pada sekolah. Hal tersebut disampaikan Dosen Pendamping Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Mitra Dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Dr. Yulist Rima Fiandari, MM. Saat ini, Yulist beserta anggota tim dosen yakni Dr. Aniek Rumijati, MM, Ratya Shafira Arifiani, S.AB., MM dan Mahasiswa PMM ( Shalsabilla Rizka Setyowati dan Dita Pratiwi secara bersama menelaah branding sekolah secara positif memberikan penguatan bagi nilai sekolah di masyarakat. Hal ini, pengabdian sedang mendampingi SMK Muhammadiyah 3 Singosari agar bisa mempromosikan sekolah di sosial media. "Promosi di sosial media tersebut penting agar sekolah diketahui publik sehingga orang tertarik," ujar Dr. Yulist Rima F.

Pendampingan tersebut bertujuan agar SMK Muhammadiyah 3 Singosari memiliki strategi branding dan komunikasi pemasaran di media sosial. Yulist berpendapat, branding merupakan salah satu cara promosi. "Nah, ternyata sekolah itu juga perlu ada branding agar dikenal masyarakat. Masyarakat perlu mengetahui hal -- hal baik yang telah dicapai oleh sekolah " ujar Yulist.

Foto pada saat Dr. Yulist Rima F melakukan sesi Question and Answer terkait Strategi Branding
Foto pada saat Dr. Yulist Rima F melakukan sesi Question and Answer terkait Strategi Branding

Permasalahan yang ada di SMK Muhammadiyah 3 Singosari, berdasarkan hasil observasi, promosi melalui media sosial masih belum efektif. SMK Muhammadiyah 3 Singosari memang memiliki media sosial, hanya saja penggunaannya belum efektif. Perlu ada inovasi agar akun media sosial tersebut lebih komunikatif. "Nah, akhirnya kami menyarankan agar salah satu media sosialnya bisa menginformasikan ke publik mengenai sekolah dan prestasinya. Terkait komunikasi pemasaran, penting membuat kalimat yang bisa menarik perhatian yang disampaikan dengan sederhana, santun dan komunikatif sehingga pembaca memahami pesan yang disampaikan" paparnya.

Dr. Yulist Rima F.  mengatakan, SMK Muhammadiyah 3 Singosari memiliki banyak prestasi akademik dan non akademik. Hal itu bisa menjadi bahan promosi sehingga orangtua tertarik menyekolahkan anak-anaknya di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Prestasi yang dipublikasikan juga diharapkan memberikan insiprasi bagi siswa lainnya untuk mengikuti capaian tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun