Mohon tunggu...
Juindi
Juindi Mohon Tunggu... Atlet - juindi ganteng

Hidup bermanfaat untuk menggapai kesejahteraan

Selanjutnya

Tutup

Money

Kelapa Sawit Sebagai Pendukung Pendapatan Masyarakat Suku Dayak di Kecamatan Belitung Hulu

18 September 2018   11:07 Diperbarui: 18 September 2018   11:38 663
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Kelapa sawit (Elaeis) adalah tumbuhan industri penting penghasil minyak masak, minyak industri, maupun bahan bakar (biodiesel). Perkebunannya menghasilkan keuntungan besar sehingga banyak hutan dan perkebunan lama dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit. Indonesia adalah penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Di Indonesia penyebarannya di daerah Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Habitat aslinya adalah daerah semak belukar. Sawit dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis (15° LU - 15° LS). Tanaman ini tumbuh sempurna di ketinggian 0-500 m dari permukaan laut dengan kelembapan 80-90%. Sawit membutuhkan iklim dengan curah hujan stabil, 2000-2500 mm setahun, yaitu daerah yang tidak tergenang air saat hujan dan tidak kekeringan saat kemarau. Pola curah hujan tahunan memengaruhi perilaku pembungaan dan produksi buah sawit

Perkebunan kelapa sawit di belitang hulu berapa tahun belakang berkebang dengan pesat, terutama dilihat dari perkembangan luas lahan, peroduksi, Jumlah tenaga kerja, dan nilai ekspor kelapa sawit. Perkembangan luas lahan kebun kelapa sawit tersebut bahkan lebih cepat jikalau di bandingkan dengan perkembangan luas kebun karet di belitang hulu yang merupakan tanaman tradisional masyarakat.

Dengan masuknya perkebunan kelapa sawit di belitang hulu dirasakan  sangat  baik. Dan dengan adanya perkebuanan kelapa sawit perusahaan ikut serta dalam membangun daerah tersebut hal ini dapat dilihat dari keterlibatan perusahaan dalam membangun infrastruktur seperti jalan, sekolah, listrik serta menyediakan lowongan pekerjaan untuk masyarakat sekitar perusaaan. 

Oleh sebab itu, para petani juga berkepentingan untuk meningkatkan penghasilan pertaniannya dan penghasilan keluarganya. 

Selain jumlah produksinya yang harus ditingkatkan maka biaya produksinya juga dapat ditekan serendah-rendahnya sehingga penerimaan dari penjualan hasilnya dapat dinaikkan setinggi-tingginya. Inilah yang disebut usahatani yang efisien dan menguntungkan.  

Pendapatan masyarakat

Contoh:

Luas lahan  petani rata-rata 3 ha

Jumlah TBS(Tandan Buah Segar) Rp 4.000 kg

Harga TBS Rp 1.700/kg

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun