Mohon tunggu...
Ire Rosana Ullail
Ire Rosana Ullail Mohon Tunggu... Blogger - irero

Content Writer | Sosial Budaya | Travel | Humaniora | Lifestyle | Bisnis | Sastra | Book Sniffer | Bibliophile | Bibliomania | Tsundoku | email : irerosana@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Tak Hanya Hatiku, Tanah Abang pun Berdarah-darah, Mas!

5 Mei 2020   13:22 Diperbarui: 5 Mei 2020   13:26 1040
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dokpri/Ire Rosana Ullail

Pertengahan puasa seperti ini biasanya saya sedang berdesak-desakan di Tanah Abang.  Meski pergi ke Tanah Abang ketika ramadan ibarat perang Badar tapi demi keluarga, ponakan, saudara dan demi barang-barang dagangan saya sanggup melakukannya. 

Tolong jangan tanya bagaimana nasib Tanah Abang sekarang. Di awal tahun lalu, ketika banjir besar menggenangi sejumlah titik di daerah Jakarta Jakarta saya pernah membahas betapa napas Tanah Abang terengah-engah jika 2 hari saja tutup.

 Sempat Meredup Akibat Banjir, Berapa Kerugian Pasar Tanah Abang?

Sekarang? Rasanya tak sanggup mengatakannya, hancur, babak belur, berdarah-darah pastinya. Bisa dibayangkan tingginya harga sewa kios di sana. Info dari langganan saya, harga sewa kios di PGMTA (Pusat Grosir Metro Tanah Abang) pertahun saja kurang lebih mencapai 1 Miliar, sementara kios-kios blok A blok B mencapai 300-400an juta per tahun. Itu belum termasuk kios yang letaknya strategis seperti di pintu utama atau di pinggir ekskalator yang kurang lebih bisa mencapai 500 jutaan pertahun.

Blok F sendiri yang bisa dibilang lumayan sempit, panas dan sarat berdesak-desakan harga sewanya sudah mencapai 75 -100 juta per tahun. Itu semua belum termasuk harga sewa kios-kios kecil di luar gedung utama yang juga tak kalah mahalnya. Sementara dari 100 persen pendapatan, bisa dibilang 70%nya di tutup dari penjualan menjelang lebaran.

Di tanah abang setiap toko kurang lebih memiliki karyawan harian untuk bantu-bantu, jumlahnya bervariasi antara 1 -4 orang. Jika jumlah kios diperkirakan ada sebanyak 21.000 maka bisa dihitung berapa banyak pegawai harian yang kehilangan pendapatan akibat pandemi ini.

Lagi-lagi jumlah itu semua belum mencakup keseluruhan kerugian dari para pedagang emperan serta, penjual jajanan, pedagang keliling, tukang parkir serta aneka macam kerjaan serabutan lain yang tak bisa tak bisa dihitung jumlahnya.

Kios di luar gedung utama / Ire Rosana Ullail
Kios di luar gedung utama / Ire Rosana Ullail

Tanah Abang tutup sampai dengan waktu yang ditentukan, kata beberapa langganan saya. Meski begitu mereka tetap menawari jasa kirim online dari rumah. Hal itu dinilai sebagai solusi paling memungkinkan untuk menyelamatkan produk-produk yang harusnya sudah meluncur kepasaran. Pertanyaannya sekarang akankah ada perayaan lebaran tahun ini?

Di luar ada tidaknya perayaan lebaran, saya memutuskan untuk tidak berjualan terlebih dahulu. Omzet penjualan busana muslim di kala lebaran memang menggiurkan. Tidak hanya cukup  untuk pribadi tapi juga cukup membantu para reseller-reseller di kampung halaman. Tidak hanya cukup untuk modal mudik saja tapi juga untuk modal usaha hingga beberapa waktu ke depan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun