Mohon tunggu...
Salwa KH
Salwa KH Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

saya sedang menempuh pendidikan di bidang bimbingan konseling

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa BK Unnes Lakukan Observasi untuk Mengidentifikasi Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah

3 Desember 2024   06:12 Diperbarui: 3 Desember 2024   11:43 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Tim Mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling UNNES dengan siswa salah satu SMP di Semarang/dokpri

Tim mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling (BK) Universitas Negeri Semarang (UNNES)  dengan anggota: Salwa khaerunnisa, shafa azzahrah waluyo, dinda riestia, dan maria evangelique widiawan dan dengan dosen pengampu Dr. Muslikah, S.Pd., M.Pd.
Adinuringtyas Herfi Rahmawati, M.Pd.  Baru-baru ini melaksanakan kegiatan observasi terkait kesulitan belajar yang dialami oleh siswa di salah satu SMP di kota Semarang.

 Kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai faktor yang mempengaruhi  perkembangan akademik siswa, serta untuk memberikan layanan yang tepat pada siswa agar mereka  lebih merasa termotivasi untuk belajar dengan giat.  

Selama observasi, mahasiswa BK memfokuskan perhatian pada beberapa aspek, seperti dinamika di dalam kelas, interaksi antara siswa dengan guru, serta pendekatan pengajaran yang diterapkan oleh tenaga pendidik.

 Selain itu, faktor lingkungan dan dukungan sosial yang diterima siswa juga menjadi bagian penting dalam analisis. Banyak siswa yang menghadapi kendala dalam memahami materi pelajaran yang diajarkan, sementara sebagian lainnya terhambat oleh rendahnya rasa percaya diri atau motivasi dalam belajar. 

Melalui observasi ini, mahasiswa BK berusaha untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang kebutuhan setiap siswa, baik dalam hal akademik maupun emosional. Dengan pendekatan yang bersifat individu dan kolaboratif, tim kami berupaya merancang layanan  yang dapat membantu siswa mengatasi hambatan belajar yang ada. 

Diharapkan, dengan pemberian  layanan yang tepat oleh tim , siswa dapat merasa lebih percaya diri dan termotivasi untuk menghadapi tantangan belajar yang mereka hadapi, serta mencapai hasil akademik yang lebih baik. 

Kegiatan observasi ini menjadi bagian dari pembelajaran praktik yang mengedepankan keterampilan analisis dan intervensi yang akan membantu mahasiswa BK dalam mengembangkan kompetensi mereka di bidang konseling dan bimbingan. 

Melalui kegiatan ini juga, tim mahasiswa mendapatkan wawasan teoretis tentang dinamika kesulitan belajar yang dialami siswa, tetapi juga pengalaman langsung dalam mengidentifikasi permasalahan dan merancang solusi yang relevan.

Tim mahasiswa BK memberikan perhatian khusus dan memotivasi  siswa yang memiliki masalah belajar, kecemasan saat menghadapi ujian, atau tekanan dari lingkungan keluarga. Pendekatan  secara individu ini dilakukan secara personal untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi siswa dalam mengungkapkan permasalahan mereka.

 Selain itu, kegiatan bimbingan klasikal diselenggarakan di kelas untuk membahas topik-topik yang relevan dengan kebutuhan siswa secara umum, seperti manajemen waktu, strategi belajar efektif, dan pengembangan keterampilan sosial. 

Semua kegiatan termasuk pemberian layanan ini ini dirancang dengan harapan siswa tidak hanya dapat mengatasi kesulitannya, tetapi juga memperoleh dorongan untuk terus meningkatkan kemampuan mereka dalam belajar dan berprestasi.

         

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun