Mohon tunggu...
Anjasmara
Anjasmara Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya anjasmara dari universitas nusantara pgri kediri. saya gema menulis walaupun sidkit tetapi saya berusaha sebagai penulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dinamika dan Tantangan Pancasila pada Dinamika Pancasila dan Pendidikan Pancasila

27 Desember 2021   18:15 Diperbarui: 27 Desember 2021   18:19 15828
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan Pancasila telah berjalan dari awal kemerdekaan sampai sekarang dan telah mengalami pasang surut dalam penerapannya. Dinamika pendidikan Pancasila pada awal kemerdekaan dilakukan dengan cara pidato dan rapat oleh para tokoh bangsa yang disiarkan pada radio atau surat kabar. 

Selanjutnya dinamika pendidikan Pancasila mulai berkembang dengan diawali diterbitkannya buku yang berisi pidato Bung Karno yang berjudul Lahirnya Pancasila. Mulai dari situlah banyak bermunculan buku-buku pendidikan terkait patriotisme dan Pancasila seperti Manusia dan Masyarakat Baru Indonesia (Civics) dan Penetapan Tudjuh Bahan-Bahan Pokok Indoktrinasi. 

Selain dari buku yang ditujukan untuk masyarakat, pendidikan Pancasila juga berkembang dan diterapkan pada ada jenjang pendidikan formal. Pendidikan Pancasila disematkan pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan yang pertama kali muncul sebagai buku pedoman PKn (1957) yang berisi : 1. Sejarah dari perjuangan rakyat Indonesia, 2. Pancasila, 3. Undang Undang Dasar 1945, 4. Demokrasi terpimpin, 5. Konferensi Asia-Afrika, 6. Kewajiban dan hak sebagai warga negara, 7. Manifesto politik, 8. Laksana malaikat, lampiran-lampiran mengenai dekrit presiden, serta buku mengenai pendidikan pancasila lainnyaSetelah itu berkembang lagi dengan nama Civics (1962). Bahasan dari Civics (1962) berfokus pada UUD, Sejarah Kebangkitan Nasional,  dan Pidato Politik Kenegaraan

 Pada era orde baru kurikulum sekolah mengalami perubahan menjadi kurikulum tahun 1975 dari yang sebelumnya tahun 1968. Hal ini berpengaruh juga dengan pergantian nama mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang berganti menjadiPendidikan Moral Pancasila (PMP).

Hasil dari pergantian nama dari PKn menjadi PMP menghasilkan buku paket PMP untuk semua tingkatan pendidikan di sekolah, dengan begitu dinyatakan juga tidak berlakunya lagi buku pedoman Pendidikan kewarganegaraan, manusia masyarakat baru Indonesia. Sedangkan pendidikan Pancasila untuk dikonsumsi masyarakat berbentuk penataran Pedoman Pengahayatan dan Pengamalan Pancasila (P4).

Perkembangan berikutnya adalah dengan perubahan dari Pendidikan Moral Pancasila (PMP) menjadi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk mengikuti kurikulum sekolah tahun 1994 yang juga didasari oleh UU Sistem Pendidikan Nasional No. 2 tahun 1989 ayat 2 yang telah menjelaskan bahwa “Isi kurikulum setiap jenis, jalur, dan jenjang Pendidikan wajib memuat : 1. Pendidikan Pancasila, 2. Pendidikan Agama, dan 3. Pendidikan Kewarganegaraan. ”

Pada masa sekarang Pendidikan Pancasila tetap dilaksanakan pada Pendidikan formal dan di luar itu Pendidikan Pancasila masih tetap bisa diakses secara fleksibel dengan kemudahan teknologi yang membantu semua kalangan mesyarakat mengakses buku, video, maupun jurnal secara online. Sedangkan pada jenjang lanjut seperti Perkuliahan umumnya memiliki mata kuliah khusus untuk mendalami Pancasila.

Semakin berkembangnya jaman Pendidikan Pancasila juga harus terus berkembang baik dari sisi materi maupun penerapan system Pendidikan. Di masa yang akan datang tidak menutup kemungkinan untuk berubahnya rezim maupun konteks politik di Indonesia dan dengan luar negri, oleh sebab itu diharapkan di masa yang akan datang akan ada peningkatan mutu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui guru maupun teknologi. 

Pendidikan Pancasila juga harus dapat membentuk sikap mental masyarakat Indonesia sesuai sila Pancasila, serta  adapun perilaku yang menurut penulis untuk pantas dimasukkan pada Pendidikan Pancasila: 1. Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan YME, 2. Berbudi pekerti luhur serta disiplin dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, 3. Sadar akan kewajiban bernegara, 4. Aktif dalam pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan teknologi.

Tantangan Pancasila

Akibat perkembangan jaman membuat Pancasila semakin hilang nilai. Karena terjadi inovasi pada teknologi membuat kebudayaaan baru yang tadinya tidak mengenal teknologi mendi kenal dan itu tidak bisa dihindari karena sudah lumrah karena kita hidup harus selalu berkembang dan mengikuti jaman yang kian lama akan semakin moderen.

Akibatnya membuat degradasi pada moral kita sendiri, keseringan menggunakan teknologi tanpa melihat kejelasan pada berita tersebut selain itu kebebasan kita dalam menggunakan teknologi membuat kita lupa akan pentingnya menyaring sebuah informasi yang kita dapat hanya karena berita lagi panas-panasnya membuat kita langsung terpedaya dengan mudahnya. 

Kemajuan teknologi tidak bisa dihindari karena jaman akan terus berkemabang mengikuti arus waktu yang selalu menuju inovasi yang tak terbatas. Menjadikan sebuah teknologi ini susah untuk di bending karena memiliki manfaat besar sekaligus dampak negative yang tak dapat di hindarkan.

Negara kita tercinta yaitu Indonesia juga menikmati sebuah kemajuan teknologi dan digital tersebut. Teknologi juga mempunyai dampak positif dan negative tergantung personal pada diri sendiri. Peran pendidikan Pancasila inilah yang harus kita terapkan dari kecil sampai dewasa karena dari pendidikan inilah yang menjadikan tameng terhadap kehidupan kita dari serangan dunia luar yang begitu kerasnya.

Kecangihan sebuah terknologi dapat membantu aktifitas manusia juga, tetapi saking pesatnya sebuah teknologi juga membutuhkan filter yang besar pula supaya nilai Pancasila yang kita anut dari perjuangan para pendaulu kita yang berjuang mati-matian demi memerdekatan negara Indonesia sendiri tidak luntur. 

Kecangkihan teknologi membuat kehidupan yang ada di Indonesia saat ini makin membaik dikarenakan apa yang kit acari bisa di temukan lewat teknologi yang cangkih ini contohnya seperti kemudahan dalam mencari informasi yang ada di internet, melihat koran, kemudahan dalam mencari sebuah barang sehari-hari dan lain-lain.

Membuat kita sebagai insan yang bermartabat semakin bergenatung pada teknologi tersebut membuat kita lupa akan yang Namanya Pancasila, jadi haruslah kita dalam melakukan sesuatu harus di dasarkan pada nilai Pancasila.

Pancasila merupakan pedoman kita sejak kecil dan sudah diajarkan dari bangku sekolah sampai sekarang pun kita juga memperlajari Pancasila tersebut. Di lihat dari kita sebagai warga negara Indonesia sendiri kita pun melakukan sebuah kegiatan yang basisnya sesuai dengan sila-sila Pancasila salah satu contohnya pada sila pertama yang berbunyi “ketuhanan yang maha ESA” dari sila tersbut contoh yang kita lakukan dalam kehidupan kita sehari-hari ialah beribadah.

Jadi kita sebagai warga negara Indonesia juga harus senantiasa menanamkan nilai Pancasila pada diri sendiri. Supaya bisa menjadi tameng pada kehidupan kita pada masa yang mendatang dan kita harus selalu senantiasa waspada pada kemajuan teknologi walaupun memberikan dampak positif dalam kehidupan tetapi dalam kenyataannya dampak negatiflah yang paling besar pada kehidupan yang kita rasakan saat ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun