1.Konsep Penelitian Kualitatif
a.Lexi Meleong:
Penelitian kualitatif bersumber pada pengamatan yang dipertentangkan dengan pengamatan kualitatif yang melibatkan pengukuran, tingkatan suatu ciri tertentu. Kualitatif menunjukkan segi alamiah yang dipertentangkan dengan kuantum atau jumlah tersebut. Penelitian kualitatif diartikan sebagai penelitian yang tidak mengadakan perhitungan. Menurut Bougman, penelitian kualitatif terdiri dari penelitian inkuiri, simbolik, dan etnometodologi.
b.Mathew & Michael Huberman:
Penelitian kualitatif merupakan sumber dari deskripsi yang luas dan berlandasan kokoh, serta memuat penjelasan tentang proses-proses yang terjadi dalam lingkungan setempat. Kualitatif merupakan wujud kata-kata dari deretan angka serta dapat membimbing kita untuk memperoleh penemuan-penemuan yang tidak diduga sebelumnya dan untuk membentuk kerangka teoretis baru.
c.Anselm Strauss & Juliet Corbin:
Penelitian kualitatif dimaksudkan sebagai jenis penelitian yang penemuannya tidak diperoleh dari prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya. Dalam hal ini dapat berupa riwayat serta perilaku seseorang. Sebagian datanya dapat dihitung sebagaimana seperti data sensus. Namun, analisisnya bersifat kualitatif.
d.Sugiyono:
Metode penelitian kualitatif dinamakan sebagai metode interpretetif karena data hasil penelitian lebih berkenaan dengan interpretasi terhadap data yang ditemukan di lapangan. Metode penelitian kualitatif sering disebut sebagai metode penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang natural setting. Penelitian kualitatif disebutjuga metode etnografi karena digunakan untuk penelitian antropologi budaya. Disebut sebagai metode penelitian kualitatif karena data yang terkumpul dan analisisnya lebih bersifat kualitatif. Metode penelitian ini didasarkan pada landasan pospositifisme, digunakan untuk meneliti objek yang alamiah dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari generalisasinya
Kesimpulan:
Berdasarkan beberapa pendapat tersebut di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa penelitian kualitatif merupakan penelitian yang belum ada teorinya sehingga peneliti harus berusaha untuk menemukan teori tersebut. Hasilnya bukan berupa angka, melainkan kata-kata atau kalimat yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Objek penelitiannya berupa kehidupan lingkungan sosial.
2.Perbedaan Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan PTK
Metode Kuantitatif
Metode Kualitatif
PTK
Desainnya:
1. Spesifik, jelas, rinci
2. Ditentukan secara mantap sejak awal
3. Menjadi pegangan langkah demi langkah
Desainnya:
1. Umum
2. Fleksibel
3. Berkembang dan muncul dalam proses penelitian
Desainya:
1. Jelas
2. Muncul sesudah diadakannya penelitian
Tujuannya:
1. Menunjukkan hubungan antar variabel
2. Menguji teori
3. Mencari generalisasi yang mempunyai nilai prediktif
Tujuannya:
1. Menentukan pola hubungan yang bersifat interaktif
2. Menemukan teori
3. Mengembangkan realitas yang kompleks
4. Memperoleh pemahaman makna
Tujuannya:
1. Menentukan pola hubungan antar variabel
2. Membuktikan suatu teori
Data:
1. Kuantitatif
2. Hasil pengukuran variabel yang dioperasionalkan dengan menggunakan instrumen
Data:
1. Deskriptif kualitatif
2. Dokumen pribadi, catatan lapangan, ucapan dan tindakan responden, dokumen dan lain-lain
Data:
1. Data bisa berupa deskriptif kualitatif ataupun kuantitatif
Metode Kuantitatif
Metode Kualitatif
PTK
Teknik Pengumpulan Data:
1. Kuesioner
2. Observasi dan wawancara
Teknik Pengumpulan Data:
1. Participant observation
2. Indepth interview
3. Dokumentasi
4. Triangulasi
Motivasi :
tindakan
Instrumen Penelitian:
1. Test, angket, wawancara terstruktur
2. Instrumen yang telah terstandar
Instrumen Penelitian:
1. Peneliti sebagai instrumen
2. Buku catatan, tape recorder, camera, handycam, dll
Tujuan: mengembangkan praksis pembelajaran
Sampel:
1. Besar
2. Representatif
3. Sedapat mungkin random
4. Ditentukan sejak awal
Sampel:
1. Kecil
2. Tidak representatif
3. Purposive, snowball
4. Berkembang dalam proses penelitian
Sampel:
Kasus khusus
Analisis:
1. Setelah selesai pengumpulan data
2. Deduktif
3. Menggunakan statistik untuk menguji hipotesis
Analisis:
1. Terus menerus sejak awal sampai akhir penelitian
2. Induktif
3. Mencari pola, model, tema, teori
Metodologi:
Longgar tetapi berusaha obyektif
Hubungan dengan responden:
1. Dibuat berjarak, bahkan sering tanpa kontak supaya obyektif
2. Kedudukan peneliti lebih tinggi dari responden
3. Jangka pendek sampai hipotesis dapat dibuktikan
Hubungan dengan responden
1. Empati, akrab, supaya memperoleh pemahaman yang mendalam
2. Kedudukan sama bahkan sebagai guru, konsultan
3. Janka lama, sampai datanya jenuh, dapat ditemukan hipotesis atau teori
Keterlibatan peneliti:
Oleh pelaku dari dalam
Usulan Desain:
1. Luas dan rinci
2. Literatur yang berhubungan dengan masalah, dan variabel yang diteliti
3. Prosedur yang spesifik dan rinci langkah-
Usulan dan Desain:
1. Singkat, umum bersifat sementara
2. Literatur yang digunakan bersifat sementara, tidak menjadi pegangan utama
3. Prosedur bersifat umum,
Tafsiran temuan:
Memahami praksis melalui refleksi dan penteorian oleh praktisi
langkah
4. Masalah dirumuskan dengan spesifik dan jelas
5. Hipotesis dirumuskan dengan benar
6. Ditulis secara rinci dan jelas sebelum terjun ke lapangan
seperti akan merencanakan tour/piknik
4. Masalah bersifat sementara dan akan ditemukan setelah studi pendahuluan
5. Tidak dirumuskan hipotesis, karena justru akan menemukan hipotesis
6. Fokus penelitian ditetapkan setelah diperoleh data awal dari lapangan.
Penelitian dianggap selesai setelah semua kegiatan yang direncanakan dapat diselesaikan
Penelitian dianggap selesai setelah tidak ada data yang dianggap baru/jenuh
Hasil Akhir:
Pembelajaran yang lebih baik bagi siswa (proses produk)
Kepercayaan terhadap hasil penelitian berdasarkan pengujian validitas dan reabilitas instrumen
Kepercayaan terhadap hasil penelitian berdasarkan pengujian kredibilitas, depenabilitas, proses dan hasil penelitian
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H