Halo sahabat Kompasiana!!!
  Kalian tentunya sudah tidak asing lagi dengan peribahasa yang berbunyi 'Berat sama dipikul,ringan sama di jinjing'. Peribahasa tersebut mempunyai arti / makna bahwa beban atau pekerjaan yang di kerjakan bersama-sama akan lebih terasa ringan dan dapat terselesaikan.Hal ini biasanya disebut sebagai kerja sama tim / team work.
  Era modern ini,kerja sama dalam tim sangat di butuhkan oleh perusahaan dalam dunia bisnis.Apalagi pada kalangan para menejer yang tentunya mendapatkan tantangan dalam dunia bisnis diantaranya:
-Kompetisi antar perusahaan.
-Globalisasi.
-Era informasi (digital).
-Layanan pada konsumen / pelanggan.
    Pada dasarnya kerja sama dalam tim juga melibatkan proses kolaborasi,komunikasi,koordinasi,dan kepercayaan antara anggota untuk memaksimalkan produktivitas kerja sehingga dapat mencapai tujuan yang telah di rencanakan sebelumnya.
   Ketika suatu perusahaan bisa berjalan dengan efesien dan juga efektif tentunya akan memberikan manfaat.Manfaat tersebut tidak dinikmati oleh suatu tim sendiri,memalingkan bisa bermanfaat bagi perusahaan atau organisasi secara keseluruhan.
Beberapa manfaat dengan adanya sebuah tim kerja (time work) diantaranya sebagai berikut:
1.) Meningkatkan kualitas dalam pengambilan keputusan.
Suatu tim dalam bisnis tentunya akan melibatkan beberapa orang yang mempunyai potensi tinggi.Selain itu,tim kerja juga akan melibatkan seseorang yang memiliki sudut pandang dan latar belakang yang berbeda pula.Dengan adanya keberagaman ini,tentunya akan memunculkan ide-ide yang baru juga.Ide tersebut tentunya  bisa bermanfaat bagi perusahaan atau organisasi untuk alternatif pemecah masalah dengan berbagai variatif.
2.) Meningkatkan Komunikasi.
   Manfaat lain dari adanya kerja sama tim adalah semakin baiknya komunikasi antarkaryawan.Hal ini dikarenakan,sebuah tim akan lebih cenderung untuk mengadopsi pola komunikasi segala arah, komunikasi keatas, komunikasi kebawah maupun komunikasi diluar pihak perusahaan.Setiap tindakan dalam suatu organisasi atau perusahaan harus terlebih dahulu di komunikasikan.Dengan adanya komunikasi yang baik antarkaryawan,karyawan akan bisa berbagi informasi dan ide.Sehingga mereka bisa saling belajar.
3.)Dapat meningkatkan persaingan antar global.
4.)Dapat memperbaiki proses.
Suatu tim kerja dalam perusahaan tentunya dalam melakukan kegiatan harus berkoordinasi terlebih dahulu antara anggota tim,sehingga mereka bisa saling memberi masukkan dan juga saling belajar dari anggota yang lain.Kehadiran suatu tim bisa memberikan manfaat untuk memperbaiki proses yang lebih sistematis.
5.)Dapat meningkatkan kualitas.
6.)Dapat meningkatkan kreativitas,inovasi dan pemecahan masalah.
  Merekrut karyawan yang memiliki ide,pengetahuan , keterampilan yang bervariasi dan cara pandang tentunya bermanfaat bagi pemecah masalah yang hampir tidak bisa dilakukan secara individual atau dalam suatu kelompok yang mengerjakan pekerjaan rutin.
  Orang yang mempunyai segudang ide tentunya akan bisa menjadi pemimpin.Hal ini dikarenakan orang tersebut akan mampu menciptakan ide-ide baru untuk perusahaan.Selain itu,orang yang handal dan menyukai hal-hal detail bisa berinisiatif agar bisa melakukan penelitian dengan tujuan ide-ide tersebut bisa secara operasional.Selanjutnya, seseorang yang mempunyai mempunyai kemampuan grafis juga bisa merangkum ide tersebut agar presentasi pemasaran yang dilakukan bisa menarik perhatian.
Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat kerja sama tim (team work).Semoga bermanfaat!!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H