(november, 2024) Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) Melakukan kegiatan Pengabdian Di SDN 4 Lowokwaru, Guna untuk memenuhi Nilai Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dalam bentuk sosialisasi, yang diampu oleh dosen Bapak Dr. Novika Adi Wibowo, S.Pd, M.pd. Di acara ini di hadiri oleh 2 kelas yaitu kelas 4 dan 5. Kegiatan sosialisasi dengan memberikan informasi mengenai "Bijak Menggunakan Gadget Sejak Dini" kepada siswa dan siswi SDN 4 Lowokwaru . Kami harap dalam pengabdian sosial kali ini di harapkan dapat memberitahukan dan menyadarkan siswa-siswi SDN 4 Lowokwaru terkait beberapa dampak positif dan negatif saat menggunakan gadget. Kegiatan Sosialisasi ini Diadakan pada Jumat (15 november, 2024) pada pukul 07:30 hingga pukul 08:15 Di SDN 4 Lowokwaru.
Teknologi di era sekarang menjadi kebutuhan bagi individu dalam kehidupannya. Perkembangan yang semakin pesat dan cepat berubah membuat teknologi semakin canggih dan praktis. Teknologi berupa gadget bisa dimiliki oleh siapapun termasuk anak usia dini sehingga dalam menggunakan gadget tidak kalah cerdasnya dengan para remaja dan orang dewasa. Gadget merupakan sebuah perangkat atau instrumen elektronik yang memiliki tujuan dan fungsi praktis terutama untuk membantu manusia.
Fungsi yang praktis dari gadget sebagai bantuan teknologi yang mempermudah kegiatan manusia agar tidak memakan waktu yang lama. Gagdet merupakan salah satu bentuk nyata dari berkembangnya iptek pada zaman sekarang, hal ini sangat mempengaruhi pola kehidupan manusia baik dari segi pola pikir maupun perilaku. Pengaruh pada pola pikir manusia karena melalui gadget bisa menemukan informasi yang sangat cepat bagi anak. Sekarang ini pengguna gadget tidak hanya berasal dari kalangan pekerja. Tetapi hampir semua kalangan termasuk anak dan balita sudah memanfaatkan gadget dalam aktifitas yang mereka lakukan setiap hari. Hampir setiap orang yang memanfaatkan gadget menghabiskan banyak waktu mereka dalam sehari untuk menggunakan gadget. Oleh karenanya gadget juga memiliki nilai dan manfaat tersendiri bagi kalangan orang tertentu. Akan tetapi banyak dampak negatif yang muncul dalam pemanfaatan gadget bagi kalangan remaja, anak, bahkan balita.
Gadget memiliki dampak positif dan negatif bagi penggunanya, khususnya bagi anak-anak usia sekolah dasar. Dampak positif menggunakan gadget bagi anak-anak yaitu dapat menambah wawasan dari segi informasi, terdapat permainan edukatif yang merangsang daya otak, sebagai media pembelajaran, juga dapat menambah pengetahuan bagi anak. Sedangkan dampak negatifnya adalah mengganggu perkembangan anak, mengganggu psikologis anak, mengganggu prestasi anak di sekolahnya, dan menjadikan anak tidak bisa berperilaku sosial yang baik kepada orang- orang atau lingkungan sekitarnya banyaknya konten negatif yang tidak sesuai dengan umur anak akan mengakibatkan gangguan emosi mental dan kepribadian.
Oleh karena itu, Perkembangan teknologi di era digital membawa dampak signifikan terhadap pola kehidupan masyarakat, terutama dalam penggunaan gadget. Di satu sisi, gadget memberikan kemudahan komunikasi dan akses informasi. Namun, di sisi lain, penggunaan yang berlebihan dapat menimbulkan dampak negatif, seperti kecanduan, penurunan produktivitas, dan gangguan kesehatan. Oleh karena itu, sosialisasi mengenai pentingnya bijak dalam menggunakan gadget menjadi sangat penting.
Â
Anggota kelompok 3 offering I3:
CHRISTOPHER
MUH FARHAN
NOVITA
RAKHA
TALITHA
YAFI
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H