Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadi salah satu universitas yang menjadi Bisnis Digital sebagai mata kuliah di fakultas ekonomi bisnis (FEB). Melalui mata kuliah Bisnis Digital para mahasiswa diharapkan bisa menggangkat UMKM di era digital ini, selain itu UMY berusaha untuk membentuk generasi muda yang siap akan tantangan-tantangan  yang ada di era digital saat ini.
Di dalam mata kuliah Bisnis Digital ini tidak hanya berfokus pada menyiapkan para mahasiswa untuk siap akan tantangan-tantangan yang ada di era digital ini, tetapi mata kuliah ini mengajarkan aspek-aspek penting seperti menjalankan bisnis di era digitalisasi, pemasan secara digital melalui E-commerce, dan etika-etika saat mejalankan bisnis digital yang pasar nya berskala internasional.
student exchange
Mata kuliah ini juga mengadakan student exchange di mana UMY menukar mahasiswa UMY dengan mahasiswa dari universitas lainnya baik lokal maupun Internasional. Maksud dari student exchange ini tidak lain untuk mengetahui kemampuan mahasiswa di era digital yang berskala internasional.
Pengajaran dengan praktik monsoonsim
Praktik pengajaran ini membuat simulasi persaingan bisnis di era digital yang berskala Internasional. Mahasiswa diajak untuk merasakan apa yang terjadi saat melakukan bisnis digital. Praktik ini juga mengasah keterampilan bisnis, memperkuat karakter mahasiswa untuk menjalankan bisnis digital.
Workshop dan Seminar bisnis di era digital
UMY secara rutin mengadakan workshop dan seminar yang dihadiri oleh para mahasiswa dan alumni. Topik yang dibahas mencakup membangun bisnis digital, strategi pemasaran digital, dan pengembangan bisnis yang berkelanjutan di era digital. Workshop ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk belajar langsung dari para ahli dan pengusaha sukses.
Kemitraan dengan Industri
UMY juga memiliki kemitraan dengan berbagai industri digital yang memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman secara langsung dalam menjalankan bisnis di era digital. Melalui kemitraan ini, mahasiswa dapat belajar langsung dari praktisi dan mendapatkan wawasan tentang operasional bisnis di era digital yang sebenarnya.
Mata Kuliah ini telah menghasilka dampak yang signifikan dalam mengembangkan karakter seorang pengusaha di era digital dikalangan mahasiswa UMY. Banyak para mahasiswa menjadi sadar dan melek digital di era bisnis digital ini. Sehinga membuat para mahasiswa memiliki pandangan tentang bisnis saat ini. Mahasiswa semakin sadar bahwa persaingan saat ini tidak hanya para pengusaha di Indonesia saja tetapi persainagan saat ini bertaraf Internasional yang mencakup seluruh negara yang ada di dunia. Melalui progam-progam yang di buat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sangat berperan penting dalam membangun generasi muda yang siap menghadapi tantangan bisnis di era digital. Dengan pendekatan yang komprehensif, UMY berusaha mempersiapkan mahasiswanya untuk menjadi pemimpin bisnis yang inovatif dan bertanggung jawab.