Kesuksesan dari Toyota juga terasa di pasar Indonesia. Data GAIKINDO (Industri Otomotif Indonesia Data) (2022) mengungkapkan bahwa Toyota mengamankan 29,8 persen pasar dari Januari hingga Juni 2022.(New et al., 2022) Toyota Motor Corporation (TMC) adalah perusahaan multinasional yang memproduksi mobil, truk, bus, dan robot, dengan kantor pusat di Toyota City, Jepang.Â
Toyota adalah produsen mobil terbesar di Asia dan produsen terbesar kedua. Toyota adalah salah satu dari tiga produsen mobil besar Asia yang bersaing dengan produsen AS di pasar dunia, dua lainnya adalah Nissan Motors dan Honda Motor.Â
Menurut hasil penelitian Ivan dan Viriena (2021), sebagai pemimpin pasar dalam otomotif industri di Indonesia, Toyota terus mengembangkan strategi komunikasi pemasaran sesuai dengan yang ada kondisi di Indonesia untuk mencapai brand sustainability.Â
Hal ini dilakukan dengan teknik pemasaran termasuk memiliki promosi menarik, menyediakan berbagai macam produk mulai dari kendaraan serbaguna, sport utility vehicle, hatchback, sedan hingga coupe dan mempertahankan ekuitas terhadap pelanggan, yang semuanya dimaksudkan untuk meningkatkan volume penjualan Toyota dari waktu ke waktu. (Belgrade, 2021)
Orang Jepang percaya bahwa tidak ada yang begitu baik sehingga tidak dapat diperbaiki, sehingga mereka terus-menerus berjuang untuk meningkatkan kualitas dari semua yang mereka lakukan. Itu berarti perbaikan terus-menerus dan merupakan kata kunci yang membimbing mereka menuju kesempurnaan kesuksesan dari Toyota juga terasa di pasar Indonesia.Â
Toyota Motor Corporation sama seperti kebanyakan pabrikan otomotif yang tidak jauh dari aktifitas go green karena perusahaan-perusahaan ini memiliki banyak hal untuk dipertimbangkan sehubungan dengan berbagai elemen keberlanjutan.Â
Hal tersebut yang kemudian menciptakan strategi pemasaran yang berkelanjutan. Namun, jika sebuah perusahaan ingin sukses dalam transformasi, maka perlu membuat komitmen terhadap keberlanjutan dan menjadikannya bagian dari nilai dan visi perusahaan.Â
Tidak pernah sesederhana hanya menambahkan kata "Hijau" atau "Eco" di depan nama merek atau menunjukkan bahwa perusahaan akan menyumbang untuk tujuan sosial atau lingkungan tertentu.
Prinsip Kaizen sebagai pondasi dari Toyota untuk meningkatkan Sustainability Marketing yang ada di Indonesia Untuk mempertahankan pertumbuhan yang berkelanjutan dengan memberikan pengalaman pelanggan terbaik dan dukungan dealer.Â
Kepuasan pelanggan adalah kekuatan pendorong bagi Toyota, yang menginspirasinya untuk menyediakan produk dan layanan dengan kualitas terbaik. "Kaizen" adalah kata yang dipegang oleh Toyota, yang berarti "peningkatan berkelanjutan" dari teknologi, produk, dan layanannya. Singkatnya, Kaizen untuk pelanggan kepuasan adalah misi Toyota.Â
Lebih lanjut Toyota menjelaskan misinya sebagai berikut : "Di sekitar sini nilai-nilai kami sama seperti milikmu. Kami bekerja keras. Kami aktif Di masyarakat. Kami menciptakan lapangan kerja. Kami merayakan keragaman kami. Kami sedang membangun mobil lebih bersih lebih hijau. Dan ini baru permulaan."(Motor & Indonesia, n.d.)Â