Selama saya menjadi nasabah bank BRI saya diperkenalkan untuk menggunakan salah satu produk terkenal dari BRI, yaitu: layanan BRI internet banking. Ini adalah pengalaman luar biasa bersama BRI. Saat itu di tahun 2011, tidak semua nasabah BRI mengetahui BRI internet banking, apalagi nasabah BRI di kota-kota kecil dan pedesaan. Layanan internet banking telah menyebabkan saya terhubung ke sistem BRI secara online selama satu tahun penuh dengan durasi waktu 24 jam/perhari demi mempermudah saya memantau transfer dari Jakarta untuk Tunjangan Profesi Guru saya.
BRI internet banking adalah salah satu dari 10 layanan e Banking BRI saat ini. BRI internet banking memiliki teknologi kriptografi SSL yang melacak dan menyandikan data transaksi secara otomatis. Operasionalisasi BRI internet banking menggunakan MTOKEN yang dikirim via SMS ke No. Handphone. Fitur-fitur BRI Internet meliputi: Banking Informasi Rekening, Informasi Saldo, Mutasi Rekening, Transfer Dana, Transfer Antar Rek, BRI Transfer ke Bank Lain, Transaksi Terjadwal, Tambah Transfer dan Lihat Status.
Saya termasuk beruntung dapat mengetahui program ini. Kebetulan mbak pegawai BRI manis yang mendaftar BRI internet banking saya saat itu adalah salah satu mantan murid saya saat saya mengajar Sosiologi di SMA Negeri Atambua. Sebelumnya saya sudah mengenal dan memakai BRI SMS banking sejak tahun 2011. Dari antara 2 layanan ini, Internet Banking merupakan layanan yang sangat mengesankan bagi saya. Dengan demikian segala transaksi non tunai, saya lakukan dari rumah saja melalui layanan BRI internet banking di Situs: https://ib.bri.co.id.
Setelah mendaftarkan diri sebagai nasabah aktif bank BRI, kita sudah bisa mendaftar untuk memiliki alamat BRI Internet banking dari petugas bank di kantor cabang. Setelah mendapatkan Pasword, kita sudah bisa membukanya setibanya kita di rumah. Website kita terintegrasi dengan Website milik pegawai bank BRI sehingga hanya nasabah dan petugas saja yang dapat mengetahui program BRI internet banking.
Program ini mampu menghemat biaya dan mengefektifkan jarak. Rumah saya memiliki jarak sejauh 21 km dari kantor cabang BRI dan sekitar 700 m dari layanan bank BRI terdekat. Dengan jarak yang jauh demikian membutuhkan waktu dan biaya dalam perjalanan.
Di dalam BRI internet banking terdapat banyak layanan, selain layanan transfer atau pengiriman uang, layanan pembelian tiket dan hotel online, layanan pembelian pulsa token listrik, layanan pembelian pulsa Handphone, layanan pembelian pulsa data internet, dll. Layanan internet Banking digunakan untuk memeriksa keadaan uang kita di BRI dari waktu ke waktu sehinga jika ada transaksi gelap kita bisa mengetahuinya. Bahkan kita bisa mengecek seluruh transaksi kita seperti petugas bank BRI sendiri.
Layanan Internet banking yang kita oeprasionalisasikan juga mudah dipantau oleh para petugas bank BRI. Ketika ada transaksi yang mencurigakan, saya sudah bisa melacak melalui internet banking dan menemukan bahwa ada pelaku penarikan uang saya secara gelap. Namun saya anjurkan agar Anda harus hati-hati dengan mengunakan internet banking sebab biaya-biaya tak terduga bisa ditagihkan kepada kita.
Salah satu fasilitas dalam Internet banking adalah kita bisa melacak semua transaksi yang kita lakukan melalui ATM. Jika kita ingin mengetahui seluruh transaksi kita selama 1-3 bulan, kita hanya mengklik layanan itu di Website lalu terbitlah semua transaksi kita selama sebulan itu.
Kesimpulan
Internet Banking adalah pilihan tepat bagi para nasabah yang cerdas. Layanan ini membutuhkan kuota esktra. Tetapi bagi para nasabah di desa-desa yang tidak memiliki Android atau Laptop, BRI internet banking tidak terlalu penting sebab sekarang melalui layanan ATM semua kebutuhan sudah bisa dilayani. Jadi jika Anda sudah memiliki ATM, Anda boleh tidak menggunakan BRI internet banking.Â
Sebaiknya jika jumlah uang di bank Anda cukup tinggi, Anda dianjurkan untuk menggunakan BRI internet banking agar memudahkan Anda memonitor uang Anda secara online. Fungsi internet banking ialah dapat melacak semua transaksi Anda melalui ATM. Anda memprintnya sebagai bukti transaksi jika transaksi Anda bermasalah. Banyak hal yang dahulunya sulit, sekarang bisa dipermudah dengan layanan BRI internet banking.
Salam hangat,
Blasius Mengkaka
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H