Definisi Komunikasi
Untuk memberikan komunikasi, informasi, dan penyampaian hal -- hal yang penting lainnya yang paling efektif adalah dengan cara berkomunikasi. Sehingga komunikasi menjadi bagian penting yang perlu kita perhatikan dalam manajemen. Komunikasi itu bukanlah hal ataupun tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan tetapi dengan komunikasi bisa dijadikan sebagai alat bantu yang digunakan untuk mencapai tujuan yang ingin kita capai.Â
Dengan adanya komunikasi juga akan terjadi atau terbentuknya hubungan yang baik antara orang -- orang yang berada dalam manajemen tersebut, karena orang -- orang tersebut adalah makhluk sosial dan pasti akan saling membutuhkan sehingga akan terjadinya interaksi timbal balik. Tanpa adanya komunikasi yang baik, kemungkinan akan terjadinya konflik internal yang bisa berpengaruh pada kinerja dan pencapaian peruasahaan.
Komunikasi memiliki hubungan erat dengan kepemimpinan, bahkan bisa dikatakan bahwa tidak ada kepemimpinan tanpa komunikasi. Apalagi syarat seorang pemimpin dalam sebuah manajemen selain harus berilmu, berwawasan kedepan,tekun, berani, jujur, ikhlas, sehat jasmani dan rohani, juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi.Â
Komunikasi dalam manajemen dilakukan oleh pimpinan, baik dengan para karyawan maupun dengan khalayak yang ada kaitannya dengan manajemen tersebut, dalam rangka mencapai tujuan yang akan dicapai. Manajemen juga memerlukan komunikasi dengan bawahan tentang tugas mereka, agar tujuan yang ingin dicapai tersebut bisa terlaksana dengan baik. Sehingga seorang pimpinan tersebut akan dapat melaksanak fungsi -- fungsi manajemen melalui interaksi dan komunikasi dengan pihak yang lainnya.
Fungsi komunikasi dalam manajemen
Terdapat empat fungsi utama komunikasi dalam manajemen, yaitu
1.Kendali
Komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku anggota dalam manajemen, Mungkin bisa dengan bentuk tata tertib atau peraturan anggota. Sehingga setiap kegiatan yang dilakukan anggota harus sesuai tata tertib yang sudah ditetapkan oleh pihak perusahaan demi menghindari konflik yang mungkin saja terjadi nantinya.
2.Motivasi
Komunikasi dapat membantu perkembangan karyawan dengan memberikan motivasi agar mereka bekerja dengan baik dan dapat meningkatkan atau memperbaiki kinerja jika itu dibawah standar. Setiap angggota juga bisa memotivasi setiap anggota yang lain untuk bisa bekerja dengan baik.
3.Pengungkapan emosional
Dari banyaknya karyawan, dalam kelompok kerja mereka merupakan sumber utama dalam interaksi sosial. Komunikasi yang terjadi dengan mana anggota -- anggota karyawan akan menunjukkan kekecewaan dan rasa puas mereka atau dapat mengungkapkan emosional mereka terhadap anggota yang lain. Jika perusahaan sudah memiliki manajemen komunikasi yang baik akan melahirkan koordinasi antar tim yang juga baik. Sehingga mampu meminimalisir akan terjadinya konflik antar kelompok maupun individu.Â
4.Informasi
Komunikasi diperlukan juga untuk memberikan informasi yang diperlukan individu dan kelompok untuk mengambil keputusan guna mengenali dan menilai pilihan -- pilihan alternatif.
Tujuan komunikasi dalam manajemen
Pada umumnya, tujuan dengan adanya manajemen dalam komunikasi adalah untuk bisa berinteraksi dengan baik agar setiap orang mengerti bagaimana cara berkomunikasi dan berinteraksi yang baik dengan pihak lain. Manajemen dalam komunikasi ini juga menjadi sarana atau media informasi yang membentuk cara berinteraksi dengan orang lain. Selain itu juga agar kita dapat mengerti bagaimana seharusnya berkomunikasi dengan orang lain agar menjadi komunikasi yang efektif.
Beberapa tujuan lain dari manajemen dalam komunikasi ialah untuk mengembangkan bentuk interaksi yang professional, bisa saling bekerja sama, membentuk suatu keinginan yang baik, memiliki toleransi yang tinggi, dan mendapat sudut pandang lain yang menguntungkan.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI