Mohon tunggu...
Taufik AAS P
Taufik AAS P Mohon Tunggu... Penulis - jurnalis dan pernah menulis

menulis dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Awet Muda dengan Mandi Air Terjun Liawan, Mamasa

6 Februari 2018   02:41 Diperbarui: 6 Februari 2018   04:08 1255
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dengan meminum vitamin E dan C, dikabarkan bisa membuat wajah berseri-seri serta awet muda. Tetapi di Dusun Liawan, Desa Tadisi, Kecamatan Sumarorong, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar), kata orang-orang setempat, hanya mandi di bawah desiran air terju Sarambu Liawan, kita akan semakin bertambah muda. Mau coba datanglah berwisata ke Bumi Kondo Sapata Wai Sapalelean ini.

Air Terjun Liawan adalah salah satu obyek wisata percontohan yang sedang digarap oleh pemerintah setempat. Memiliki fanorama alam yang indah dengan aneka flora dan fauna khas pengunungan di quarles Pulau Sulawesi.

Lokasi obyek wisatan andalan Mamasa ini dapat terjangkau dengan kendaran roda dua dan empat plus dua kaki sekitar 200 meter. Selain memiliki air terjun yang indah, bening dan selalu menaburkan percikan embun, di sini juga setiap saat terdengar simfoni alam yang indah, suara belalalang sembah dan burung bersahutan. Lewat Dinas Pariwisata, obyek plesiran ini telah dilengkapi tempat menginap, ruang pertemuan dan kantin serta sejumlah gazebo tempat bersantai dan berdiskusi.

Menurut Kepala Desa Tadisi, Rahman, Air Terjun Liawan ini dinamai demikian karena berada di Dusun Liawan. Dalam sejarahnya menurut Sang Kades, "Liawan" itu berasal dari kata "Malliawan" yang artinya, mengasinkan diri keramaian. Tempat ini diketemukan oleh orang yang mengasingkan diri dari keramain.

Meskipun masih dalam tarap pembenahan untuk mendukung potensi Kabupaten Mamasa sebagai destinasi wisata di Sulbar, menurut Bupati Mamasa, H. Ramlan Badawi, air terjun Liawan akan jadi primadona wisata alam di masa datang, sebab selain keindahannya, udara di sekitar gemuruh waterfall ini sangat sejuk sehingga cocok untuk tempat refresing.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Dalam pengembangannya, Kepala Dinas Pariwisata Mamasa, Agustina Toding, uraikan, kalau obyek wisata Liawan akan dilengkapi dengan aneka sajian khas kuliner Mamasa, rumah pohon serta aneka produk kerajinan tangan khas Mamasa pula.

Tentang cerita, bermandikan air terjun Liawan bisa membuat awet muda, karena memang kualitas air yang jernih dan alami dari mata air pegunungan. Apalagi ditambah dengan serpihan bunga-bunga air bila berada dekat air terjun yang selalu mengalir ini.

Tadisi, 5 Pebruari 2018

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun