Mohon tunggu...
sofiana saidah
sofiana saidah Mohon Tunggu... Freelancer - mahasiswa | Public Relation

easy going and interesting in writing

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Meninggal Mendadak Setelah Olahraga? Simak Sekarang

4 Januari 2024   21:59 Diperbarui: 4 Januari 2024   22:11 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Pinterest/yogaquasar

udah pasti diantara kalian memiliki ketertarikan pada bidang olahraga dan ingin tau apa sih komunikasi olahraga? 

Pedersen dkk (2007) mendefinisikan komunikasi olahraga merupakan aspek studi komunikasi yang mengkhususkan diri pada studi komunikasi dalam sebuah setting olahraga. Biro Statistik Tenaga Kerja menganggap Komunikasi Olahraga menjadi sub jenis media dan komunikasi kerja dan itu terjadi di ranah olahraga atau melibatkan topik olahraga.

Pentingnya komunikasi dalam olahraga tidak bisa diremehkan, karena ini sebagai kunci sukses, baik dalam dunia olahraga maupun bisnis. Contohnya dalam sepak bola, kunci sukses sebagai tim adalah berfungsi sebagai satu kesatuan dan komunikasi adalah kuncinya. Tim yang berkomunikasi dengan baik bisa meminimalisir kesalahan, membuat umpan yang lebih baik dan siap menghadapi tantangan permainan. 

Lalu, bagaimana jenis-jenis komunikasi olahraga? Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui lebih jelasnya dan bisa menambah wawasanmu.

 1. Komunikasi Interpersonal Antara Pemain dan Pelatih 

Olahraga Aspek besar dalam komunikasi olahraga adalah pesan antar pribadi yang dikirim antara atlet dan rekan kerja. Hal ini mencakup pesan antara pemain atau pelatih dan wasit, badan pengatur, tim medis, dan manajer tim. Pesan tersebut mungkin terdiri dari pertanyaan, arahan dan informasi. 

2. Komunikasi Antara Atlet atau Tim dan Penggemar 

Komunikasi olahraga memuat komunikasi yang dikirim antara atlet atau tim dan penggemarnya. Beberapa jurnalis olahraga dapat melakukan wawancara dengan tim atau atlet dan menerbitkannya di situs web berita, media sosial, siaran berita dan media cetak. Melalui media tersebut penggemar akan mengetahui informasi mengenai atlet atau tim kebanggaanya.

3. Komunikasi Antara Tim atau Atlet dan Media

Aspek selanjutnya, yaitu komunikasi olahraga adalah pesan yang dikirim dari atlet atau tim ke pelatihnya, begitupun sebaliknya. Misalnya, setelah pertandingan sepak bola perguruan tinggi,seorang jurnalis olahraga mungkin berada di ruang pers untuk bertanya kepada pelatih atau tim mengenai permainan yang baru saja berlangsung. Ini memungkinkan media mendapat kesempatan untuk mendapatkan informasi langsung dan jawaban atas pertanyaan mereka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun