Mohon tunggu...
DAISY PUTRIASIHHARTONO
DAISY PUTRIASIHHARTONO Mohon Tunggu... Guru - GURU

SELALU BERMANFAAT BAGI SESAMA

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice

7 Desember 2022   13:21 Diperbarui: 7 Desember 2022   13:23 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

BEST PRACTICE

Menggunakan Metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran.

Lokasi                                     : SD N 02 Puntukrejo

Lingkup Pendidikan            : Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai : Masalah : Hasil belajar siswa rendah pada muatan pelajaran IPA materi simbiosis

                                                   Tujuan    : Meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA materi simbiosis

Penulis                                   : Daisy Putriasih Hartono

Tanggal                                   : 6 Desember 2022

SITUASI 

Latar belakang Masalah dari praktik pembelajaran yang telah dilakukan di SD N 02 Puntukrejo adalah :

1. Hasil belajar siswa rendah pada muatan pelajaran IPA materi simbiosis

2. Motivasi belajar siswa rendah

Pembelajaran terpusat pada guru

Praktik ini penting untuk dibagikan karena jika banyak Bapak Ibu guru yang mengalami permasalahan serupa sehingga praktik ini  dapat menjadi referensi untuk rekan-rekan guru lain.

Peran dan Tanggung jawab : Peran saya sebagai seorang guru, yang saat ini menjadi mahasiswa PPG DALJAB Kategori 2 Tahun 2022 di LPTK Universitas Mataram. Mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran secara efektif dengan menggunakan media, metode dan  model pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaan dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan dan memperoleh hasil yang maksimal.

Beberapa Tantangan yang dihadapi diantaranya :

1. Motivasi siswa dalam pembelajaran rendah

2. Hasil belajar rendah

3. Belum menggunakan media dan model pembelajaran yang tepat

4. Persiapan lama

5. Jaringan wifi terputus dan listrik mati

Yang terlibat dalam pembelajaran ini diantaranya : Kepala Sekolah : Ibu Kristati Handayani, S.Pd

                                                                                               Siswa                  : Semua siswa kelas 5 SD N 02 Puntukrejo

                                                                                               Perekam Video : Bapak Angga Restu Kurniawan

                                                                                               Petugas Indihome

                                                                                               Petugas PLN

Langkah-langkah yang harus dilakukan guru untuk menghadapi tantangan tersebut diantaranya :

1. Pemilihan media pembelajaran yang tepat

2. Pemilihan model pembelajaran yang tepat

3. Merancang perangkat pembelajaran yang berpusat pada siswa

4. Berkomunikasi dengan kepala sekolah dan teman sejawat

5. Memanggil petugas PLN dan petugas Indihome

Sumber daya atau materi yang diperlukan : 1. Media Power Point yang terdapat video pembelajaran dan mater-materi tambahan

                                                                                2. Penggunaan model pembelajaran PjBL agar pembelajaran berpusat pada siswa

                                                                                3. WIFI mati membutuhkan petugas Indihome untuk membenahi jaringan

                                                                                4. Listrik mati membutuhkan petugas PLN untuk membenahi listrik

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan sangat efektif karena dapat dilihat dari :

1. Penggunaan media video pembelajaran dapat meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran

2. Penggunaan model pembelajaran PjBL dapat menjawab tantangan tersebut karena membuat pembelajaran berpusat pada siswa. Dengan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut : Pertanyaan mendasar, Mendesain perencanaan produk, Menyusun jadwal pembuatan, Memonitoring keaktifan dan perkembangan proyek, Menguji hasil, Mengevaluasi pengalaman

3. Memanggil petugas PLN dan petugas Indihome dapat membuat kegiatan pembelajaran berjalan dengan lancar karena tidak ada kendala jaringan dan listrik.

4. Pencapaian hasil belajar siswa meningkat, 93% siswa mendapatkan nilai diatas KKM .

Respon terhadap proses pembelajaran yang sudah dilaksanakan :

1. Respon dari siswa : Siswa sangat senang pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PjBL karena siswa membuat proyek dan dapat menghasilkan sebuah produk.

2. Respon dari tema sejawat : Teman sejawat sangat mendukung pembelajaran aktif berpusat pada siswa dan termotivasi menggunakan model pembelajaran PjBL.

3. Respon dari kepala sekolah : Kepala Sekolah mendukung dengan penggunaan media dan model pembelajaran yang tepat sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan tujuan dapat tercapai serta memperoleh hasil yang maksimal.

Faktor keberhasilan sangat dipengaruhi dari penguasaan media, model dan langkah-langkah pembelajaran.

Pembelajaran yang bisa diambil yaitu guru mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan baru. Guru menjadi lebih terampil dalam menyusun RPP dengan menggunakan model PjBL, guru juga mendapatkan ilmu dalam pembuatan LKPD yang sesuai dengan materi dan kebutuhan siswa.

Hal-hal baik ini kedepannya dapat diimplementasikan dalam setiap pembelajaran di sekolah. Sehingga proses pembelajaransemakin baik, serta tujuan dan hasil dapat dicapai dengan maksimal.

Berikut link video pembelajaran saya https://youtu.be/UgEgcnsJprE


Teriamakasih

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun