Oleh : Goodman Siadari, M.Pd. Guru Matematika SMAK SANTO PAULUS JEMBER
Email: goodmansiadari81@guru.sma.belajar.id
Pandemi COVID-19 di Indonesia merupakan bagian dari pandemi penyakit koronavirus 2019 (COVID-19) yang sedang berlangsung di seluruh dunia. Penyakit ini disebabkan oleh koronavirus sindrom pernapasan akut berat 2 (SARS-CoV-2). Kasus positif COVID-19 di Indonesia pertama kali dideteksi pada tanggal 2 Maret 2020, ketika dua orang terkonfirmasi tertular dari seorang warga negara Jepang. (Sumber: Pandemi COVID-19 di Indonesia - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas). Langkah bijaksana mengantisipasi merebaknya penularan virus di lingkungan Pendidikan Indonesia oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayan Nadiem Makarim pada Selasa, 24 Maret 2020, mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam masa darurat penyebaran virus Corona. Surat edaran ini antara lain berisi mengenai kebijakan Mendikbud mengenai peniadaan pelaksanaan Ujian Nasional khusus untuk tahun 2020 dan proses belajar dari rumah melalui pembelajaran daring /jarak jauh dikarenakan merebaknya virus Corona di Indonesia dan di dunia. (Sumber: SURAT EDARAN MENDIKBUD NO 4 TAHUN 2020 TENTANG PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN CORONA VIRUS DISEASE (COVID- 1 9) – Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemdikbud.go.id)).
Tentang pendidikan jarak jauh di Indonesia Yaumi (2018: 225) mengutarakan “pemerintah Indonesia telah mengatur pelakasanaanya melalui Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 31 yang menekan tiga aspek, yaitu (1) pendidikan jarak jauh dapat diselenggarakan pada semua jalur , jenjang dan jenis pendidikan, (2) pendidikan jarak jauh berfungsi memberikan layanan pendidikan kepada sekelompok masyarakat yang tidak dapat mengikuti pendidikan tatap muka atau regular, (3) pendidikan jarak jauh diselenggarakan dalam berbagai bentuk, modus, dan cakupan yang didukung oleh sarana dan layanan belajar serta sistem penilaian yang menjamin mutu lulusan sesuai standar nasional. Pelaksanaan pendidikan jarak jauh juga diatur dalam Undang-Undang RI Nomor 12 tentang Pendidikan Tinggi pasal 31 ayat 1 yang mengatakan bahwa pendidikan jarak jauh merupakan proses belajar mengajar yang dilakukan secara jarak jauh melalui penggunaan berbagai media komunikasi”.
Bagi para guru dan murid di Indonesia tentu ini adalah suatu tantangan besar, karena kegiatan belajar berubah dari tatap muka di kelas menjadi tatap muka online jika menggunakan media video confrence antara lain google meet, zoom, webex dan media lainnya atau hanya kegiatan belajar tanpa tatap muka online karena kegiatan pembelajaran di rancang jarak jauh cukup menggunakan learning management system seperti moodle, google classroom, schoology atau lainnya oleh guru pengajarnya tidak menggunakan fasilitas video confrence.
Era New Normal dalam bidang pendidikan berarti New normal terjadi terjadi setiap aspek kegiatan belajar-mengajar penyampain materi, tugas, penilaian dilaksanan secara daring, dan diminta para murid untuk bisa tetap belajar berdampingan dengan Covid-19. Tentu banyak hal yang harus dipersiapkan para guru agar new normal ini tidak menjadi bumerang bagi para murid di Indonesia dan dapat menekan peningkatan angka terjangkit wabah ini. Sehingga harapan untuk pelajar Indonesia adalah pelajar yang tangguh dengan sebutan pelajar Pancasila dapat diraih,
Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, seperti ditunjukkan oleh gambar berikut:
Tantangan bagi para guru adalah bagaimana peran spritualitas Pendidik dalam pembelajaran jarak jauh berbasis tekonologi informasi dan komunikasi agar menghasilkan pelajar berkarkater pelajar pancasila? Peran spitualitas Pendidik dapat diwujudnyatakan melalui penyampaian konsep materi yang diajarkan yang didahului telaah materi agar dapat dikaitkan dengan spritualitas normatif.
Dalam realita di era New Normal pendidikan berdasarkan pengamatan penulis ada beberapa temuan alasan yang umum dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yaitu (1) murid lupa ada kegiatan belajar tatap muka daring video conference, penulis mengetahui hal tersebut setelah mengbungi oran tua murid melalui telepon (2) murid lupa isi daftar hadir daring atau murid kurang focus apa yang harus dikerjan dalam kegiatan daring (3) murid tidak membaca semua petujuk belajar daring yang tertuang dalam managemen sistem belajar moodle atau google classroom sehingga tagihan belajar murid tidak lengkap (4) murid telat dan ada yang lupa mengirim tugas dalam daring dan (5) murid tidak dapat dihubungi ketika tidak hadir dengan alasan tidak ada sinyal.
Menurut penulis tantangan terbesar para guru/pendidik mensukseskan murid mencapai karakter Pelajar Pancasila adalah spritualitas pendidik. Spritualistas pendidik menunjukan sejauh mana pendidik tersebut memahami, mengerti dan melakaukan ajaran agama yang dianutnya, dengan asumsi semua agama mengajarkan kebaikan bukan untuk merugikan atau keburukan. Pemahaman ini yang penulis sebut sebagai spritualistas normatif dengan harapan para murid memahami spritualitas normatif dan melakukan sesuai ajaran agama para murid.
Saya mengambarkan spritualitas normatif pendidik yang hidup, ada dan berkmakna adalah seperti sebuah titik/koordinat pada bidang kartesius ada pasangan x dan y ditulis (x,y). Koordinat (x,y) itu ada dan bermakna jika ada bersama x dan y. Jika hanya ada x tidak ada y atau sebaliknya ada y tetapi tidak x maka koordinat (x,y) tidak itu tidak ada (mustahil). Ini menggambarkan kegiatan guru dalam kegiatan mengajar belajar daring adalah selalu dalam koridor kegiatan koordinat/titik (x,y) x menyatakaan hubungan komunikasi yang baik kepada murid dan y menyatakan hubungan komunikasi yang baik kepada Sang Pencipa alam semesta (Tuhan). Jadi hukumnya wajib selalu berdampingan atau berpasangan hubungan vertical (kepada Tuhan) dan horizontal (kepada manusia/murid) dalam setiap kegiatan mengajar belajar daring. Sehinga para murid tetap diingatkan/dimotiviasi hal hal baik untuk kehidupan masa depannya, bisa dibayangkan betapa ngerinya/tidak bermoral kehidupan para murid jika para murid murid tidak pernah mendengar didikan baik dari pengajarnya/pendidiknya para murid akan terlihat akan tidak tertib, tidak mandiri dan tidak peduli karena tidak dapat lagi membedakan dengan benar yang baik dan tidak baik karena didikan baik tidak pernah diterimanya selama mengenyam pendidikan daring di New Normal.
Di masa pembelajaran daring di New Normal sebaikanya pendidik melakukan kegiatan belajar membangun karakter Pelajar Pancasila dengan menerapkan memahamkan spritualistas koordinat (x,y) ke murid saat mengajar-belajar daring dan selalu menghubungkan apa yang diajarkan dengan hal-hal di masa depan dan juga nilai moral Pelajar Pancasila yatiu (1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia dalam terapannya mengacu koordinat (x,y) (2) Berkebinekaan global dalam terapannya mengacu koordinat (x,y) (3) Bergotong royong dalam terapannya mengacu koordinat (x,y) (4) Mandiri dalam terapannya mengacu koordinat (x,y) (5) Bernalar kritis dalam terapannya mengacu koordinat (x,y) (6) Kreatif dalam terapannya mengacu koordinat (x,y). Sehingga para murid akan terus dan terus termotivasi menajadi manusia modern yang berteknologi dan tetap harus bermoral mengacu koordinat (x,y).
Setelah para guru dalam mengajar belajar secara daring di New Normal kepada murid dengan telaten dan tetap memotivasi para murid mengacu koordinat (x,y) sebagai aplikasi sptriutalitas guru ke murid maka harapan keenam ciri karakter Pelajar Pancasila tercermin dan telihat dalam kehidupan sehar-hari para pelajar Indonesisa, yaitu:
1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia
Pelajar Indonesia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Ia memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari. Ada lima elemen kunci beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia: (a) akhlak beragama; (b) akhlak pribadi; (c) akhlak kepada manusia; (d) akhlak kepada alam; dan (e) akhlak bernegara.
2. Berkebinekaan global
Pelajar Indonesia mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain, sehingga menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya dengan budaya luhur yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa. Elemen dan kunci kebinekaan global meliputi mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.
3. Bergotong royong
Pelajar Indonesia memiliki kemampuan bergotong-royong, yaitu kemampuan untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan. Elemen-elemen dari bergotong royong adalah kolaborasi, kepedulian, dan berbagi.
4. Mandiri
Pelajar Indonesia merupakan pelajar mandiri, yaitu pelajar yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Elemen kunci dari mandiri terdiri dari kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi serta regulasi diri.
5. Bernalar kritis
Pelajar yang bernalar kritis mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya. Elemen-elemen dari bernalar kritis adalah memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi pemikiran dan proses berpikir, dan mengambil Keputusan.
6. Kreatif
Pelajar yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. Elemen kunci dari kreatif terdiri dari menghasilkan gagasan yang orisinal serta menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal.
(Sumber: Profil Pelajar Pancasila - Direktorat Sekolah Dasar (kemdikbud.go.id).
Daftar Pustaka:
SURAT EDARAN MENDIKBUD NO 4 TAHUN 2020 TENTANG PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN CORONA VIRUS DISEASE (COVID- 1 9) – Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemdikbud.go.id)).
Profil Pelajar Pancasila - Direktorat Sekolah Dasar (kemdikbud.go.id)
Yaumi Muhamad, 2018: MEDIA & TEKNOLOGI PEMBELAJARAN, Edisi Pertama, Prenadamedia Group. Jakarta.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI