Mohon tunggu...
131 doni setiawan
131 doni setiawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Bermain Sepak Bola

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

PMM Memberdayakan Sekolah dan Komunitas dalam Pendidikan Digital

19 Februari 2024   02:01 Diperbarui: 23 Maret 2024   01:31 168
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kegiatan pembelajaran pengaruh Game online di masa kini (Dokpri)

Memberdayakan sekolah dan komunitas dalam pendidikan digital adalah langkah penting untuk memastikan bahwa individu memiliki pemahaman yang baik tentang penggunaan teknologi secara bijak dan bertanggung jawab.

PMM Kelompok 02.Gelombang 09.Dosen pembimbing : Denar Regata Akbi, ST.,M.T.

Anggota:

1. Erlangga Agung P-202010130311027-Teknik Elektro

2. Doni Setiawan-202010130311131-Teknik Elektro

3. Dzaky Darrell Bayanaka-202010130311028-Teknik Elektro

4. Dicky Prasetyo Nugroho-202010130311112-Teknik Elektro

5. Muhammad Fathur Rahman -202110130311027-Teknik Elektro

Kegiatan dilakukan di SDN Bunulrejo 2 Malang, pelaksanaan 19 Januari s/d 19 Februari 2024.

Program pengabdian masyarakat yang kami lakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yaitu mengadakan bimbingan belajar sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya menggunakan gadget secara bijak dan pengaruh game online pada siswa-siswi sekolah dasar di era digital ini.

Kegiatan pembelajaran pengaruh Game online di masa kini (Dokpri)
Kegiatan pembelajaran pengaruh Game online di masa kini (Dokpri)

Pengaruh game online dapat membantu mengembangkan keterampilan kritis dan kreatif siswa. Dalam beberapa game, siswa harus menggunakan pemikiran kritis, pemecahan masalah, dan kreativitas untuk mencapai tujuan tertentu. Namun, penting bagi mereka untuk memahami perbedaan antara dunia virtual dan dunia nyata, serta membatasi waktu yang dihabiskan dalam bermain game online.

Kegiatan pembelajaran penggunaan Gadget secara bijak dan benar (Dokpri)
Kegiatan pembelajaran penggunaan Gadget secara bijak dan benar (Dokpri)

Penggunaan gadget secara bijak membantu siswa mengembangkan literasi digital, yaitu kemampuan untuk menggunakan, mengevaluasi, dan berpartisipasi dalam budaya digital dengan cara yang positif dan produktif. Literasi digital adalah keterampilan penting di era digital ini karena teknologi informasi dan komunikasi menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari.

Penggunaan gadget yang tidak bijak, termasuk kecanduan game online, dapat berdampak negatif pada kesehatan mental siswa. Hal ini dapat menyebabkan masalah seperti stres, kecemasan, depresi, dan isolasi sosial. Oleh karena itu, penting bagi siswa untuk memahami pentingnya mengatur waktu mereka secara seimbang dan menggunakan teknologi dengan bijak.

Menggunakan gadget secara bijak membantu siswa memahami etika online dan tanggung jawab digital. Mereka akan belajar tentang pentingnya menghormati hak privasi orang lain, berkomunikasi dengan sopan, dan berperilaku secara bertanggung jawab dalam lingkungan online.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun