Mohon tunggu...
Theo rapi ridwan
Theo rapi ridwan Mohon Tunggu... Administrasi - Desain Grafis dan Penulis

I love what I do, and I do what I love

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Pernah Dengar Konten atau Artikel Evergreen? Ternyata Ini Lho Artinya!

2 Mei 2023   22:53 Diperbarui: 2 Mei 2023   23:00 765
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Konten Evergreen, sumber gambar Accurate online

Apa itu Konten Evergreen?

Konten Evergreen adalah jenis konten web yang terus memberikan nilai bagi pembaca. Ini tidak sensitif terhadap waktu, sehingga dapat diakses kapan saja di masa mendatang dan tetap relevan. Konten Evergreen mencakup artikel, blog, dan panduan yang tidak memiliki tanggal kedaluwarsa atau periode kedaluwarsa.
Contoh konten evergreen meliputi:

* Panduan (mis., panduan "Cara")
* Infografik

Manfaat Konten Evergreen

* Peringkat Pencarian yang Lebih Tinggi
Konten Evergreen diharapkan berkinerja lebih baik dalam hasil mesin pencari, karena relevan dan bermanfaat untuk waktu yang lama. Anda dapat mengharapkan konten evergreen Anda berperingkat lebih tinggi daripada jenis konten lain yang lebih sensitif terhadap waktu.


* Peningkatan Visibilitas
Konten Evergreen juga akan membantu Anda mendapatkan visibilitas di web karena akan lebih mudah bagi orang untuk menemukan situs Anda melalui mesin pencari seperti Google atau Bing. Hasil jangka panjangartikel hijau cenderung tetap relevan selama bertahun - tahun setelah diterbitkan, yang berarti Anda akan mendapat manfaat dari paparannya bahkan setelah tren baru muncul.

Cara Membuat Konten yangEvergreen

* Teliti pemirsa Anda.
* Pilih topik yang tepat.
* Gunakan praktik terbaik SEO

Manfaat Mengoptimalkan Konten Evergreen

Manfaat mengoptimalkan konten evergreen sangat banyak, tetapi ada tiga alasan utama mengapa Anda harus menjadikannya prioritas:

Peningkatan peringkat pencarian. Dengan membuat konten berkualitas tinggi dan evergreen yang relevan dengan audiens target dan industri Anda, Anda dapat meningkatkan peluang muncul di hasil penelusuran untuk kata kunci yang relevan. Ini akan membantu mengarahkan lalu lintas ke situs Anda dan meningkatkan konversi dengan meningkatkan lalu lintas organik dari Google atau mesin telusur lain seperti Bing atau Yahoo.

Kiat untuk Mengoptimalkan Konten Evergreen

1. Analisis Kinerja Konten Anda
2. Terus Perbarui Konten
3. Pantau Kinerja Konten Anda

Manfaat Mempromosikan Konten yang Evergreen

Konten yang selalu hijau adalah cara yang bagus untuk membangun merek Anda, meningkatkan keterlibatan, dan mengarahkan lalu lintas. Konten Evergreen adalah semua jenis konten yang tidak lekang oleh waktu dan dapat digunakan berulang kali tanpa kehilangan keefektifannya. Ini tidak sensitif terhadap waktu dan tidak memerlukan pembaruan atau perubahan apa pun saat informasi baru tersedia.

Misalnya: jika Anda menerbitkan artikel tentang cara memasak steak yang sempurna dalam satu minggu, tetapi kemudian mengetahui bahwa waktu memasak bervariasi tergantung pada apakah Anda menggunakan daging sapi yang diberi makan rumput atau daging sapi yang diberi makan biji-bijian (atau faktor lainnya), maka tidak masuk akal bagi Anda untuk memperbarui konten evergreen khusus ini dengan informasi baru ini karena tidak lagi dianggap evergreen sekarang akan masuk dalam kategori "selalu berubah" atau "terus berkembang". 

Selama ada orang yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang topik apa pun yang dicakup situs web Anda (dan akan selalu ada), akan selalu ada permintaan akan materi pendidikan berkualitas baik seperti ini.

Tips untuk Mempromosikan Konten Evergreen

Mempromosikan konten yang evergreen adalah cara yang bagus untuk membuat merek Anda diperhatikan. Berikut adalah beberapa tip untuk mempromosikan konten evergreen Anda:

Gunakan Media Sosial

Posting di media sosial, terutama jika relevan dengan waktu dalam setahun atau musim liburan. Misalnya, jika Anda memiliki artikel tentang cara mendekorasi rumah Anda untuk Natal, posting pada bulan November dan Desember agar orang-orang melihatnya saat mereka mencari ide tentang cara mendekorasi rumah mereka sendiri. Anda juga dapat menjadwalkan posting sebelumnya sehingga ditayangkan pada waktu yang berbeda sepanjang hari atau minggu juga.

Pengaruh Leverage

Jika ada seseorang yang memiliki banyak pengikut (seperti selebritas) yang akan mendapat manfaat dari membaca apa yang telah Anda tulis, jangkau! Tanyakan kepada mereka apakah mereka bersedia membagikan pemikiran mereka tentang apa yang membuat mereka unik dibandingkan dengan produk/layanan serupa lainnya di luar sana saat ini? 

Sekali lagi, strategi ini hanya berfungsi dengan baik jika benar-benar ada sesuatu yang unik tentang diri Anda dibandingkan dengan hanya menjadi orang lain yang menjual barang secara online.

Manfaat Menggunakan Kembali Konten Evergreen

Jika Anda memiliki konten yang evergreen, inilah saatnya untuk mulai memikirkan bagaimana Anda dapat menggunakannya kembali. Menggunakan kembali konten evergreen Anda adalah cara yang bagus untuk meningkatkan jangkauan situs Anda dan menciptakan lebih banyak keterlibatan dengan pembaca. Berikut beberapa manfaatnya:

Lebih Banyak Konten 

Anda dapat membuat lebih banyak artikel dengan mengambil artikel lama dan memperbaruinya dengan informasi atau statistik baru. Ini berarti bahwa pembaca akan melihat konten segar tentang subjek favorit mereka tanpa harus menunggu artikel (atau buku) yang sama sekali baru.


Lebih Banyak Keterlibatan

Pembaca senang ketika mereka melihat sesuatu yang familiar di situs web; mereka merasa mendapatkan nilai dari apa yang telah mereka baca sebelumnya serta dari apa yang baru di setiap tulisan. Ini juga membantu membuat orang kembali lagi dan lagi karena selalu ada sesuatu yang baru menunggu mereka.

Kiat untuk Menggunakan Kembali Konten yang evergreen

Untuk menggunakan kembali konten evergreen Anda, Anda harus membuat versi yang berbeda. Anda dapat melakukannya dengan membuat episode video atau podcast berdasarkan artikel tertulis dan kemudian menggunakan video atau podcast tersebut sebagai dasar untuk bagian tambahan seperti infografis dan tayangan slide.


Anda juga dapat menggunakan platform yang berbeda untuk menjangkau audiens yang berbeda dengan konten evergreen Anda. Jika Anda memiliki artikel yang berhasil di LinkedIn, coba posting juga di Facebook atau Twitter! Atau mungkin bahkan ngeblog tentangnya di Medium jika Anda punya waktu (dan pengikut).


Konten visual adalah cara hebat lainnya untuk menggunakan kembali artikel evergreen karena memungkinkan pembaca yang tidak tertarik membaca teks bentuk panjang mendapatkan informasi mereka dari sesuatu yang lebih menarik secara visual daripada hanya kata-kata di halaman seperti foto dari acara di mana Anda berbicara di konferensi tahun lalu.

Kesimpulan

Konten yang Evergreen adalah cara yang bagus untuk menjaga situs web Anda tetap segar dan relevan. Ini juga membantu Anda mendapat peringkat lebih tinggi di mesin pencari, yang berarti lebih banyak lalu lintas untuk situs Anda. Jika Anda ingin lebih banyak orang membaca konten Anda, coba gunakan strategi evergreen di posting blog Anda berikutnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun