Mohon tunggu...
12_Muhammad Fahmi
12_Muhammad Fahmi Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa s1 biologi universitas airlangga

alam. sosial

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Permasalahan di Balik Kenyamanan Ojek Online

4 Juli 2022   08:00 Diperbarui: 4 Juli 2022   08:01 655
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Ojek online, fenomena yang booming beberapa tahun belakangan ini, membawa revolusi terhadap sistem perojekan. Mulai dari segi keamanan, kenyamanan, sampai dengan harga, menjadi lebih terjamin. Fleksibilitas pelanggan juga turut meningkat. Hal tersebut menjadi alasan-alasan mengapa banyak masyarakat Indonesia yang bergantung kepada sistem ojek online untuk keperluan sehari-hari. 

Misalnya, berpergian, memesan makanan, sampai dengan sistem kurir/pengiriman barang jarak dekat. Berdasarkan website resmi salah satu perusahaan ojek online terbesar di Indonesia, pada tahun 2019, mereka sudah memiliki 2 juta mitra driver di seluruh Indonesia. 

Hal tersebut membuktikan bahwa ojek online tidak hanya dipandang sebagai produk saja oleh rakyat Indonesia, tetapi juga sebagai lapangan kerja potensial. Namun apakah kemudahan yang didapatkan dengan adanya ojek online ini sudah cukup baik untuk kita?

Keberadaan ojek online, ketika dipandang dari segi keramahan lingkungan, terlihat mengkhawatirkan. Kendaraan bermotor menghasilkan emisi gas CO2, NOx, dan gas hidrokarbon lainnya. CO2 dan NOx menjadi fokus perhatian karena berkontribusi terhadap perubahan iklim (sebagai gas rumah kaca) dan berpotensi menyebabkan gangguan pernapasan. 

Paparan terhadap NOx dalam jangka waktu yang panjang, atau dalam konsentrasi yang tinggi dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan, dan bahkan asthma. Gas NOx di udara juga bereaksi dengan uap air dan menyebabkan terjadinya hujan asam.

Dalam sebuah skenario kasus terbaik, ketika dimisalkan kendaraan bermotor bensin mengikuti standar Euro-4 (yang belakangan ini diterapkan di Indonesia), batas ambang emisi adalah 1 gram/km CO (Karbon Monoksida) dan 0,1 gram/km NOx (NO dan NO2). 

Dalam satu hari saja, mitra ojek minimal mendapat sekitar 12 pesanan. Jika pesanan berada hanya 100m dari pengendara (dekat), maka dalam satu hari, seorang pengendara "ojol" perlu menghabiskan 1200m hanya untuk menjemput pesanan. 

Dengan 2 juta pengendara di seluruh Indonesia, maka mengikuti skenario terbaik dan kemungkinan terkecilnya, kontribusi emisi gas oleh ojek online di seluruh Indonesia mencapai 2,4ton Karbon Monoksida, dan 240kg NOx per hari, hanya untuk menjemput pesanan. Nilai tersebut bahkan belum termasuk jarak yang perlu ditempuh untuk mengantarkan pesanan ke tempat tujuan. 

Selanjutnya, nilai nyata kontribusi emisi gas oleh ojek online per hari pastinya jauh lebih besar dari simulasi di atas, dengan pertimbangan bahwa tidak semua kendaraan bermotor mengikuti standar Euro-4. Kemudian juga, jarak pengendara dari pelanggan pastinya banyak yang melebihi 100m, dan jumlah pesanan per hari juga bisa mencapai 15-18 pesanan.

Tampaknya beberapa perusahaan ojek online sudah menyadari permasalahan yang mereka timbulkan, dan mulai menanganinya dengan meluncurkan sepada motor elektronik/e-motorcycle. Program tersebut tentunya dapat, dan sudah, membantu mengurangi emisi gas mitra ojek online secara signifikan. 

Meskipun demikian, program tersebut tidak dapat dilakukan secara menyeluruh untuk mitra ojek online yang tersebar di Indonesia, dengan pertimbangan bahwa nilai beli sepeda motor elektronik jauh lebih mahal ketika dibandingkan dengan sepeda motor berbahan bakar minyak.

Langkah lain yang dapat diambil untuk membantu mengurangi emisi tersebut dapat dilakukan dengan mengadakan kerjasama, antara pihak ojek online dengan pemerintah daerah untuk membangun sebuah halte/pos khusus sebagai tempat pemberhentian sekelompok ojek online yang tersebar di berbagai lokasi umum. 

Misalnya di dekat pusat perbelanjaan, kuliner, universitas dan pusat pendidikan, seperti halnya halte bus. Calon pelanggan kemudian dapat berjalan menuju pos tersebut untuk memesan ojek secara online di tempat. Salah satu dari beberapa ojek online yang berada di halte tersebut kemudian dapat menerima pesanan pelanggan, tanpa harus menempuh jarak yang jauh. 

Dengan demikian, calon pelanggan masih dapat menikmati keamanan dan kepastian harga yang disediakan oleh sistem online, namun di saat yang bersamaan mengurangi polusi udara dengan mengorbankan sedikit aspek kenyamanan. 

Hal ini dikarenakan semakin sedikit jarak yang perlu ditempuh oleh ojek online, maka semakin sedikit pula emisi CO dan NOx. Halte ini juga kemudian dapat berfungsi sebagai tempat peristirahatan sejenak bagi mitra ojek online, baik itu makan, ataupun istirahat ke kamar mandi.

Keberadaan halte yang diusulkan tersebut dapat mengatasi berbagai permasalahan ojek online selain terkait masalah emisi gas/polusi. Dengan adanya halte tersebut, mitra ojek online dapat berhenti secara lebih teratur, dan tidak mengganggu keadaan lalu lintas jalan raya. Keberadaan halte tersebut juga kemudian berarti bahwa mitra ojek online memiliki waktu untuk beristirahat, sebuah hal yang sulit didapatkan oleh pengendara ojek online.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun