Mohon tunggu...
Joelyna Rumlus
Joelyna Rumlus Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Menggambar

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Inovasi Cokelat dengan Sentuhan Budaya Lokal; UMKM Cokelat nDalem

12 Desember 2024   17:57 Diperbarui: 12 Desember 2024   20:02 288
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Latar Belakang Cokelat nDalem; memberdayakan petani kakao

Melihat potensi kota Yogyakarta yang kaya   akan turis lokal maupun asing ini, muncullah sebuah ide dari ibu Asri Meikawati guna memberikan warna baru dalam khazanah buah tangan kota Yogyakarta. Ibu yang kerap kali disapa ibu Meika ini mulai mendirikan bisnis cokelat. Dalam perjalanan bisnis tersebut ada begitu banyak tantangan yang dihadapi. Berbagai tantangan yang dihadapi membuat bisnis cokelat ini mengalami keterpurukan dan akhirnya karena beberapa faktor ibu Meika memutuskan untuk menutup bisnis ini.

Ternyata semua ini belum berakhir, takdir mempertemukan ibu Meika dengan bapak Wednes Aria Yuda. Pertemuan ini mengawali karir baru dari mereka yang menjadi buah tangan kota Yogyakarta hingga saat ini. Pada tahun 2013, pasangan suami-istri ini membangun sebuah bisnis cokelat dengan nama “Cokelat nDalem”. Dengan latar belakang ilmu teknologi pangan, tentunya kehadiran bapak Yuda amat sangat membantu dalam bisnis ini. Ditambah lagi pengalaman dari ibu Meika yang pernah berkarir dalam bisnis cokelat sebelumnya tentunya akan menjadi suatu keuntungan bagi Cokelat nDalem. Tidak heran jika bisnis ini terus berkembang hingga sekarang.

Memanfaatkan sumber daya cokelat yang banyak di nusantara, Cokelat nDalem mulai mengembangkan usahanya. Prosesnya dimulai dari pembuatan olahan cokelat hingga ke tahap penjualan yang menjadikan produk ini sebagai buah tangan kota Yogyakarta. Bisnis ini semata-mata bukan hanya untuk mencari keuntungan, lebih dari itu pasangan suami-istri ini ingin mengangkat nama cokelat Indonesia ke ranah yang lebih tinggi, yaitu nasional dan internasional. Bukan hanya sekedar cokelat yang ingin diangkat oleh Cokelat nDalem melainkan juga tentang budaya lokal dan kesejahteraan para petani cokelat. Hal ini terlihat jelas dalam visi dan misi dari Cokelat nDalem.

Visi:

·      Menjadi produsen cokelat “tanda mata” terbaik di Indonesia.


.      Mengangkat cokelat di Jogja agar lebih dikenal lagi khususnya di ranah Nasional baru Internasional dan mengangkat petani - petani yang memiliki perkebunan kakao yang khususnya berada di Jogja.

Misi:

·   Mengangkat cokelat Indonesia menuju cokelat kualitas terbaik dunia.


·   Memberikan dukungan kepada petani kakao Indonesia menuju kakao berkualitas dunia.


·   Memberikan dukungan terbaik bagi seluruh karyawan untuk berkembang dan mencapai potensi  maksimal.


·   Menjadikan budaya Indonesia sebagai budaya perusahaan yang dimanifestasikan dalam produk Cokelat nDalem


.  Melakukan inovasi terus menerus agar visi tersebut bisa tercapai.

Dari visi dan misi ini terlihat jelas apa yang ingin dituju dari pasangan suami-istri ini dalam membangun Cokelat nDalem. Agar tercapainya semua itu, Cokelat nDalem melakukan berbagai inovasi baru. Mulai dari cokelat dengan aneka rasa, online shop, ekspor produk hingga pada brand baru seperti Boenbeans dan Chobio. Keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras dari semua anggota keluarga Cokelat nDalem. Semua karyawan menganggap Cokelat nDalem sebagai sebuah rumah tempat tinggal mereka yang menjadikan mereka sebagai sebuah keluarga. Dengan keberhasilan ini menunjukkan Cokelat nDalem sebagai keluarga yang sukses dengan segala kolaborasi dari anggota yang solid. Tentunya tantangan tidak pernah berhenti datang dalam hidup ini. Untuk itu Cokelat nDalem membangun kolaborasi tidak hanya dengan sesama anggota keluarga tetapi juga dengan sesama UMKM. Kolaborasi ini bertujuan agar sesama UMKM saling bersinergi guna keuntungan semua pihak.

Untuk lebih mengenal Cokelat nDalem, kami akan membahas secara rinci mengenai UMKM ini, yaitu dari segi:

Sumber Daya Manusia 

  • Cokelat nDalem memiliki struktur sumber daya manusia yang unik dan komprehensif. Mayoritas karyawan merupakan tenaga kerja lama yang bergabung berdasarkan kecocokan visi dan misi perusahaan. Organisasi perusahaan dibangun dengan pembagian divisi yang sistematis, dengan setiap tim terdiri dari satu orang per divisi. Pimpinan tertinggi (CEO) membawahi berbagai departemen kunci seperti akuntansi, keuangan, penjualan, sekretaris perusahaan, pemasaran media sosial, serta administrasi produksi yang mencakup admin bahan baku dan bahan jadi, termasuk tim gerai.

  • Proses perekrutan karyawan dilakukan secara terbuka tanpa mensyaratkan kualifikasi khusus. Meskipun demikian, perusahaan secara berkelanjutan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia melalui partisipasi dalam berbagai seminar yang diselenggarakan oleh badan produktivitas. Total staf yang dimiliki berjumlah 12 orang dengan struktur operasional yang jelas dan terorganisir.

  • Pengelolaan keuangan dilakukan oleh tim khusus finance yang bertugas menghitung harga pokok produksi (HPP) secara cermat. Mereka bertanggung jawab menjaga keseimbangan pembiayaan untuk setiap produk cokelat yang dihasilkan. Standar layanan pelanggan ditetapkan dengan menekankan keramahan dan responsivitas, baik pada layanan offline maupun online.

Pemasaran (Marketing) :


1.Product

beberapa macam cokelat yang diproduksi. sumber;website cokelat ndalem
beberapa macam cokelat yang diproduksi. sumber;website cokelat ndalem
  • Mengangkat budaya lokal Indonesia dalam setiap produk, baik dari cita rasa dan cerita. 
  • Menggunakan bahan lokal yang ramah lingkungan dan mendukung praktik produksi yang berkelanjutan. 
  • Terus berinovasi dalam memproduksi cokelat yang berkualitas, berstandar baik, konsisten, dan relevan dengan tren serta selera konsumen. 
  • Membuat varian cokelat yang unik (yang membedakan Cokelat nDalem dengan cokelat lainnya) , seperti cokelat es cincau jeruk nipis, cokelat es rujak, cokelat pedas, cokelat rempah, dan sebagainya. 
  • Apabila ada produk yang diterima dengan kondisi yang tidak memungkinkan dan parah ketika konsumen menerimanya, silakan menghubungi Customer Service Cokelat nDalem di +62 274 586858 atau email di info@cokelatndalem.co.id untuk bantuan lebih lanjut.

2. Price

  • Memiliki rentang harga (di website resmi Cokelat nDalem) antara 18.000 - 80.000.
  • Memiliki harga yang berbeda-beda, disesuaikan dengan varian dan paket cokelat yang dipilih.
  • Apabila ada kondisi, dimana ada perbedaan harga atau perbedaan informasi mengenai produk tertentu yang diakibatkan karena salah ketik atau kesalahan harga dan informasi dari vendor pihak Cokelat nDalem, pihak Cokelat nDalem berhak untuk menolak atau membatalkan pesanan akibat kesalahan harga tersebut termasuk pesanan yang sudah terbayarkan. Pada situasi dimana pesanan sudah dibayar menggunakan kartu kredit, dan kartu kredit sudah dikenal tagihan, maka pihak Cokelat nDalem akan melakukan refund sesuai dengan jumlah tertagih. 
  • Harga yang tertera di website resmi Cokelat nDalem tidak termasuk biaya pengiriman, biaya logistik, kecuali disebutkan oleh pihak Cokelat nDalem sebagai ongkos kirim gratis.

3. Place

  • Memiliki 1 outlet saja yang terletak di Jl. Bhayangkara No. 23, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. 
  • Tersedia di beberapa marketplace. 
  • Menjalin kerja sama dengan toko oleh-oleh di Jogja untuk bisa menjualkan produk Cokelat nDalem di toko oleh-oleh Jogja.
  • Konsumen dapat membeli produk cokelatnya dengan datang langsung ke outlet Cokelat nDalem dan toko oleh-oleh di Jogja serta secara online melalui website resmi tokonya maupun di beberapa marketplace.

4. Promotion

  • Terus memperluas jangkauan pasar sambil mempertahankan identitas lokal. 
  • Mempromosikan kegiatan dan produknya di media sosial, seperti Instagram dan TikTok. 
  • Mengikuti kegiatan Expo untuk mempromosikan produk dalam skala yang besar. 
  • Menerima dan menyambut dengan hangat kunjungan belajar ke Cokelat nDalem. 
  • Membuka workshop dan stand di pameran produk UMKM festival, sehingga semakin banyak orang yang mengetahui Cokelat nDalem.

      5. People

  • Perusahaan ini didirikan oleh sepasang suami istri yang berkomitmen untuk menciptakan produk berkualitas. Mereka memiliki 12 karyawan yang solid, masing-masing bekerja secara profesional untuk memastikan semua proses berjalan lancar. Pelanggannya sangat beragam, mulai dari turis lokal di Jogja hingga wisatawan dari luar daerah, menunjukkan daya tarik produk yang universal.
  • Standar layanan yang diikuti untuk melayani pelanggan, selalu ramah dan friendly ke pelanggan. Dalam layanan online selalu fast response dan menggunakan dua bahasa seperti Bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia, penggunaan Bahasa Jawa bermaksud untuk merepresentasikan oleh-oleh dari Jogja apalagi nama produknya Cokelat nDalem. 
  • Pelayanan dilakukan secara ramah, profesional, dan informatif. Staf siap membantu pelanggan menemukan produk sesuai preferensi, baik langsung maupun online, dengan layanan pelanggan yang responsif.

6. Process

  • Dalam proses produksinya, Cokelat nDalem memanfaatkan bahan baku lokal berkualitas tinggi, seperti kakao asli Indonesia, untuk menciptakan cokelat premium. Proses produksi dilakukan dengan standar higienis yang modern, didukung oleh teknologi terkini, sehingga rasa dan kualitas cokelat tetap terjaga. Setiap langkah dalam pembuatan cokelat diawasi secara ketat guna memastikan hasil yang konsisten dan memuaskan.

7. Physical Evidence

  • Pengemasan produk tidak hanya menarik secara visual tetapi juga dirancang untuk melindungi produk dari kerusakan. Selain itu, desain kemasan dibuat ramah lingkungan untuk mendukung keberlanjutan. 
  • Ilustrasi pada kemasan mencerminkan rasa atau tema dari produk, sehingga mempermudah konsumen dalam mengenali dan memilih varian yang mereka inginkan.
  • Desain kemasannya mengangkat dari budaya lokal Indonesia.


Operational

Setiap tim Cokelat Ndalem memegang setiap divisi satu orang. Susunan divisinya adalah sebagai berikut :

  • Tim marketing yang terdiri dari CEO yang membawahi Akuntansi, Finance, Sales, Corporate sekretaris, dan marketing sosial media. 
  • Tim produksi yang terdiri dari admin bahan baku dan admin bahan jadi. 
  • Tim gerai.

 

Tantangan operasional terbesar Cokelat nDalem meliputi:                

  • Ketersediaan Bahan Baku: Menjaga pasokan kakao lokal yang konsisten dan berkualitas.
  • Peningkatan Kapasitas Produksi: Memenuhi permintaan tanpa mengorbankan kualitas dan keberlanjutan.
  • Pengendalian Kualitas: Memastikan konsistensi kualitas produk pada setiap tahap produksi.
  • Manajemen Permintaan dan Persediaan: Mengelola stok agar tidak terjadi kekurangan atau kelebihan.
  • Distribusi dan Pemasaran: Memperluas jangkauan pasar sambil mempertahankan identitas lokal.

Dari segi operasional amat penting ketersediaan bahan baku, petani kakao perlu dibekali dengan pelatihan dan ilmu pengetahuan agar kualitas kakao tetap terjaga dan mensosialisasikan kepada masyarakat agar bertambah yang menanam kakao.

Keuangan

Pengelolaan diurus oleh Tim Finance. Tim tersebut harus benar-benar menghitung HPP yang diterapkan, sehingga satu cokelat memang harus menjaga pembiayaan- pembiayaan yang ada didalamnya. 

Sistem Komunikasi

Komunikasi Dalam Perusahaan

•> Cokelat nDalem memiliki 12 Karyawan dengan pembagian tugas yang jelas. Sehingga memudahkan dalam komunikasi


•> Cokelat nDalem menciptakan lingkungan yang mendorong pertumbuhan bersama dalam menjalankan bisnis


•> Strategi komunikasi Cokelat nDalem  untuk mengembangkan keterampilan karyawannya dengan diterapkan melalui pelatihan dan seminar

Komunikasi Luar Perusahaan

•> Pelayanan Cokelat nDalem terhadap konsumennya itu dengan cara ramah, merespon dengan cepat baik dalam store langsung maupun secara online. Menggunakan dua bahasa (lokal& Indonesia), hal ini agar dapat lebih mempresentasikan bahwa produknya berasal dari Jogja


•> Menanyakan kebutuhan konsumen sebelum terjadinya transaksi jual-beli


•> Kolaborasi dengan berbagai pihak, komunikasi yang baik dengan mitra dilakukan untuk memperluas distribusi

Komunikasi Pemasaran atau penjualan produk

•> Cokelat nDalem menggunakan media sosial sebagai sarana utama dalam mempromosikan produknya. 


•> Strategi komunikasi berfokus pada pembentukan identitas merek melalui desain kemasan, tagline unik, dan cerita budaya lokal yang terdapat dalam kemasan produknya. 


Rekomendasi 

  • Meminta para pelanggan untuk menilai tentang produk dan layanan yang diberikan oleh karyawan Cokelat nDalem, misalnya mengisi Google Forms. Kemudian, dari seluruh pelanggan yang sudah mengisi Google Forms tersebut, akan diundi 3 nama yang beruntung untuk mendapatkan hadiah.
  • Memberikan bonus kepada karyawan   yang aktif, terbaik, dan memenuhi target penjualan, agar para karyawan semakin semangat dan terus meningkatkan pelayanannya. 
  • Mengadakan promo atau diskon yang menarik, seperti buy 3 get 1, paket hemat, pembelian cokelat 150.000 akan mendapat voucher belanja 20.000, dan sebagainya. 
  • Meluncurkan berbagai produk inovatif seperti cokelat panas instan, kue cokelat, dan merchandise seperti mug atau tas bertema cokelat.
  • Bekerjasama dengan masyarakat petani kakao seperti penyuluhan atau pelatihan perawatan tanaman kakao agar terjadi kestabilan bahan baku cokelat dan mendapatkan kakao yang berkualitas.
  • Membuat paket bundel cokelat dengan tema khusus, seperti "Sweet Memories Set" untuk pernikahan atau "Holiday Bliss Box" untuk akhir tahun.
  • Meluncurkan aplikasi khusus untuk program loyalitas, seperti "Chocolate Club," dimana pembelian berulang mendapatkan poin yang bisa ditukar dengan produk gratis atau diskon.
  • Untuk menguatkan keberlanjutan bisa menerapkan konsep "chocolate refill station" di outlet tertentu, di mana pelanggan bisa membeli cokelat dengan membawa wadah sendiri.



Kesimpulan

Cokelat nDalem merupakan UMKM yang menjual cokelat, namun bukan cokelat biasa yang sering kita temui. Cokelat nDalem selalu berinovasi dalam menciptakan rasa yang baru, rasa yang unik. Cokelat nDalem bukan hanya sekedar menjual sebuah produk namun mereka juga memiliki pemikiran yang dapat mengenalkan produk lokal kepada para turis, memberikan sentuhan budaya lokal pada setiap produknya, seperti menggunakan bahasa Jawa-Indonesia, ada gambar batik pada kemasannya. Cokelat nDalem walaupun hanya memiliki sedikit karyawan namun struktur organisasi mereka sudah jelas dan layak, memenuhi syarat dalam berbisnis. 

       

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun